in , ,

Bertualang di Kawah Wurung Bondowoso, Mirip Savana New Zealand

Nggak Perlu Jauh-jauh ke New Zealand, Bisa Ketemu Kembarannya di Kawah Wurung

Kabupaten Bondowoso punya potensi wisata alam yang patut dijelajahi, salah satunya adalah Kawah Wurung. Teman Traveler yang pengin menyaksikan keindahan savana, tidak perlu jauh-jauh ke New Zealand. Sebab bisa singgah ke kawah ini yang punya suasana serupa dengan padang rumput di New Zealand. Ikuti perjalanan saya saat bertualang di Kawah Wurung.

Baca juga : Menteri Kesehatan Sarankan Pemakaian Face Shield di Beberapa Lokasi Ini

Menikmati suasana tenang dan sejuk di Kawah Wurung (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Asal Usul

Kawah Wurung (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Kawah Wurung terletak di Desa Jampit, Kecamatan Sempol, memiliki ketinggian 1500 mdpl. Wurung sendiri dalam Bahasa Jawa berarti tidak jadi.

Sebagaimana layaknya sebuah kawah, area ini juga memiliki kaldera. Akan tetapi karena bukan merupakan kawah aktif, maka kaldera ditutupi oleh hamparan rumput hijau. Sehingga banyak traveler yang menyebut kawasan ini punya lanskap serupa dengan padang rumput di New Zealand.

Kawah Wurung Bondowoso
Tanjakan Cinta (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Luas keseluruhan area Kawah Wurung kurang lebih 1000 hektare. Tetapi luas lokasi intinya sendiri hanya 161 hektare, memiliki area datar di sekeliling bibir kawah yang terkenal dengan sebutan Bukit Cincin.

Ada yang unik selain keindahan hamparan rumputnya, yaitu sebuah tanjakan di kaki bukit sejauh 100 meter. Dikenal dengan nama Tanjakan Cinta yang dapat ditempuh dengan mendaki selama 15 menit. 

Waktu yang Pas untuk Berkunjung

Kawah Wurung Bondowoso
Menikmati hamparan sawah di sepanjang jalan (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Kawah Wurung adalah saat musim kering. Sebab pada saat musim penghujan, akses menuju kawah becek, licin, dan berlumpur. Bagi Teman Traveler yang menggunakan sepeda motor harus lebih berhati-hati dan berkonsentrasi penuh dalam berkendara.

Bisa juga mengunjungi Kawah Wurung pada pagi hari, sekalian menikmati suasana tenang pagi hari. Sehingga tidak perlu khawatir saat melintasi medan perbukitan karena hari masih terang pada saat kembali dari kawah.

Akses ke Kawah Wurung

Kawah Wurung Bondowoso
Hamparan hutan pinus (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Untuk menuju ke Kawah Wurung sebenarnya sangat mudah, karena lokasinya searah dengan Kawah Ijen. Jaraknya juga tidak terlalu jauh, hanya sekitar kurang lebih 10 kilometer dari Kawah Ijen.

Jika Teman Traveler berangkat dari Kota Bondowoso, diperlukan waktu 2 jam untuk sampai ke lokasi. Teman Traveler juga tidak perlu khawatir, akses untuk menuju Kawah Wurung ini bisa dilalui oleh sepeda motor atau kendaraan beroda empat.

Hanya perlu mengikuti jalan utama yang menghubungkan Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Bondowoso, sampai dengan pertigaan Kecamatan Wonosari, dan memilih jalan yang menuju ke Kawah Ijen. Pemandangan hutan pinus hingga taman bunga di Perkebunan Jampit menemani perjalanan.

Tiket masuk menuju Kawah Wurung ini sangat terjangkau, hanya Rp. 5.000-an per orang pada saat weekday dan Rp. 10.000-an ketika weekend. Buka pukul 08.00-16.00.

Teman Traveler yang eksplorasi wisata Bondowoso, bisa nih bertualang ke Kawah Wurung. Segera siapkan rencana perjalanannya, ya. Next

ramadan

Serunya Mendaki Gunung Lembu di Purwakarta, Ketahui Hal Penting Ini

4 Spot Surga Diving di Indonesia Primadona Penyelam Dunia