in , , ,

4 Wisata Alam di Kebumen, Menikmati Surga Tersembunyi Saat Libur Lebaran

alam Kebumen yang indah untuk wisata

fi wisata alam kebumen

Salah satu Kabupaten di Jawa Tengah ini, memiliki keindahan alam yang patut dibanggakan, cocok untuk destinasi saat libur lebaran nanti. Berikut 4 wisata alam di kebumen, menikmati surga tersembunyi pada bagian tengah pulau Jawa. Yuk simak ulasannya.

Baca juga : Mendaki Gunung Kerinci, Melihat Keindahan Atap Sumatra

1. Pantai Menganti

pantai menganti
Ilustrasi via instagram diansafff_

Pertama ada Pantai Menganti yang memiliki keindahan pasir putih dan gugusan perbukitan karst. Ombak di sini cukup tenang diantara jajaran pantai selatan lain, jadi aman untuk berenang pada pinggiran pantainya. Teman Traveler juga bisa melihat keindahan pesisir dari Bukit Bidadari.

Kemudian untuk fasilitas wisatanya cukup lengkap seperti area parkir, musala, kamar mandi umum, warung, gazebo, wahana, spot foto dan penginapan sekitar. Untuk biaya masuk yaitu Rp 10.000 per orang, biaya parkir roda dua Rp 3.000 dan roda empat Rp 5.000.

Pantai Menganti berada di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Dari pusat kota berjarak sekitar 46km dengan jarak tempuh sekitar 1 jam perjalanan. Jam operasional wisata 24 jam buka setiap hari.

2. Air Terjun Sudimoro

air terjun sudimoro
Ilustrasi via instagram ac_khoerudin 

Selanjutnya ada Air Terjun Sudimoro memiliki pesona aliran air terjun berundak dengan ketinggian 35 meter, debit air deras dan stabil. Di sini Teman Traveler bisa bermain air pada kolam alaminya atau menikmati pemandangan alam. Jalur menuju air terjun cukup sulit tetapi akan terbayar dengan panorama sekitar yang asri serta alami.

Fasilitas wisata ada area parkir, toilet umum, musala, penginapan dan lainnya. Tiket masuk Rp 5.000 untuk dewasa, dan anak-anak Rp 3.000. Air Terjun Sudimoro berlokasi di Igir Kemiriamba, Donorejo, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Jam operasional pukul 08.00-17.00 WIB, buka setiap hari.

3. Bukit Pentulu Indah

bukit pentulu Indah
Ilustrasi via instagram arman_z.o_o

Kemudian untuk Teman Traveler yang mempunyai hobi berburu sunrise bisa mencoba wisata bukit Pentulu Indah. Lokasi bukit di area kebun dan hutan dengan pohon pinus tinggi menghiasi.

Saat matahari terbit akan disuguhkan pemandangan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing beserta kabut pagi yang membuat suasana menjadi syahdu. Di sini Teman Traveler juga bisa berkemah pada area yang sudah disediakan, akses menuju bukit sangat mudah. Tiket masuk Rp 5.000 per orang dan Rp 2.000 untuk biaya parkir.

Bukit Pentulu Indah berlokasi di Jalan Karangsambung, Area Kebun dan Hutan, Kaligending, Karangsambung, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Jam operasional pukul 06.00-18.00 WIB, buka setiap hari.

4. Waduk Sempor

waduk sempor
Ilustrasi via instagram jagatlelembut

Berikutnya ada Waduk Sempor yang dikelilingi perbukitan hijau dan hutan pinus, pemandangannya sangat menenangkan ditambah hawa sejuk akan terasa di sini. Teman Traveler bisa menyusuri danau dengan perahu, perahu karet atau banana boat. Selain itu menikmati kuliner lezat ikan tawar juga sangat direkomendasikan di sini.

Untuk fasilitas ada area parkir, warung makanan dan minuman, toilet, penyewaan perahu juga wahana air lainnya, jalur jogging serta sepeda dan lain sebagainya. Biaya masuk sangat terjangkau Rp 5.000 per orang. Waduk Sempor berlokasi di Gombong, Waduk Sempor, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Jam operasional 24 jam buka setiap hari.

Demikian ulasan daftar 4 wisata alam di Kebumen Jawa Tengah, bisa dijadikan alternatif lokasi Teman Traveler untuk libur lebaran. Next

ramadan

Kuliner Khas Lebaran di Indonesia, Mulai Dari Opor Ayam Sampai Uvempoi

Telogo MUncar

Surga di Balik Taman Nasional Gunung Merapi