in , ,

Kuliner Khas Lebaran di Indonesia, Mulai Dari Opor Ayam Sampai Uvempoi

Menu wajib saat Lebaran

Berkumpul bersama keluarga setelah sholat Idul Fitri sudah menjadi tradisi masyarakat kita, berbagai macam makanan khas menjadi sajian yang selalu ditunggu-tunggu. Seperti kuliner khas Lebaran di Indonesia berikut, mulai dari opor ayam sampai uvempoi dari Palu. Yuk simak ulasannya.

Baca juga : Warga Surabaya Mau Liburan? Pergi ke Kota-Kota ini Selalu Jadi Andalan

1. Opor Ayam

opor ayam
Ilustrasi via instagram IngridSoebagio

Pertama ada opor ayam, makanan yang hampir selalu ada ketika momen lebaran tiba pada setiap rumah di daerah pulau Jawa. Biasanya menu ini dihidangkan bersama sambal goreng dan ketupat. Memiliki cita rasa gurih dari santan, rempah-rempah seperti kunyit, bawang putih, bunga lawang, daun jeruk dan lainnya.

2. Bebek Gulai Kurma

bebek gulai kurma
Ilustrasi via [image source]

Selanjutnya ada makanan khas lebaran di Aceh yaitu Bebek Gulai Kurma, memiliki nama kurma ternyata masakan ini tidak menggunakan kurma dalam bahan dasarnya.

Terbuat dari daging bebek yang dimasak dengan santan, rempah-rempah seperti kapulaga, cengkeh, daun kari, kelopak pekak, dan sebagainya. Rasa pedas, gurih dan empuk daging bebeknya menjadi favorit masyarakat Aceh ketika Hari Raya Idul Fitri.

3. Kella Pate

kella pate
Ilustrasi via [image source]

Berikutnya ada Kella Pate berasal dari Madura, berbeda dengan makanan khas lebaran lainnya yang biasanya menggunakan daging sapi, kambing, ayam atau bebek.

Kella Pate berbahan dasar ikan tenggiri goreng atau bisa juga kepiting, kemudian dimasak dengan kuah santan, rempah-rempah dan belimbing wuluh yang menjadikan masakan ini memiliki cita rasa gurih serta asam. Lalu dimakan bersama ketupat atau lontong.

4. Uvempoi

uvempoi
Ilustrasi via [image source]

Kemudian ada uvempoi yaitu sup daging makanan khas Idul Fitri berasal dari Palu Sulawesi Tengah. Dimasak dengan bumbu khas Palu, berisi jeroan sapi seperti usus, hati, ampela, tulang rusuk, hingga tulang rawan.

Cita rasa kuahnya asam, gurih, dan juga pedas sangat nikmat dimakan bersama keluarga. Uvempoi hampir mirip dengan masakan khas Palu Kaledo yang juga disajikan saat lebaran.

Demikian ulasan kuliner khas lebaran di Indonesia, lalu menu makanan seperti apa di daerah Teman Traveler saat Hari Raya Idul Fitri? Next

ramadan
fi pasir angin

Menikmati Suasana Buka Puasa Akhir Ramadan di Kafe Pasir Angin Bogor

fi wisata alam kebumen

4 Wisata Alam di Kebumen, Menikmati Surga Tersembunyi Saat Libur Lebaran