in , , , ,

Musim Hujan Menghambat Liburanmu? Intip 4 Wisata Jakarta yang Cocok Kamu Kunjungi

Musim Hujan Menghambat Liburanmu? Intip 4 Wisata Jakarta yang Cocok Kamu Kunjungi

Ibu Kota Jakarta memang terkenal menjadi salah satu kota metropolitan Indonesia. Kebanyakan orang berkunjung ke Jakarta untuk urusan bisnis yang menjadikan Jakarta sebagai pusat perekenomian terbesar. Jangan khawatir buat Teman Traveler yang mungkin bosan dengan hiruk pikuk Jakarta, Teman Traveler bisa berkunjung ke beberapa destinasi wisata ini untuk melepaskan sedikit kepenatan. Berikut beberapa destinasi yang bisa menjadi alternatif untuk Teman Traveler datangi walaupun musim hujan melanda!

Baca juga : Modal 20 Ribu Bisa Santai di Jivva Beach Club Punya Ibunya Nagita Slavina

1. Museum Macan

Museum Macan via Instagram @katrinfigge
Museum Macan via Instagram @katrinfigge

Kata macan menjadi salah satu kata yang mungkin tidak asing di telinga Teman Traveler. Bukan berarti museum ini berisi hewan, gambar atau peninggalan mengenai hewan macan, melainkan sebuah singkatan dari Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara. Jadi di museum ini, Teman Traveler dapat menemui banyak koleksi karya seni modern dan kontemporer nasional maupun internasional. Wisata ini menjadi wadah bagi seniman nasional dan internasional untuk mempresentasikan karya seni yang ingin ditampilkan.

Karya seni itu juga tidak hanya sebatas lukisan saja, Teman Traveler dapat menjumpai karya seni berupa seni instalasi dan yang lainnya. Museum ini menjadi salah satu tempat pertama yang mengizinkan akses publik untuk melihat koleksi seni modern dan kotemporer. Selain itu, Teman Traveler juga bisa menikmati secangkir kopi di cafe museum ini dengan melihat pemandangan Kota Jakarta yang memiliki banyak spot foto instagramable lho.

Lokasi Museum Macan ini terletak di AKR. Tower Level MM, Jalan Panjang No. 5 Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Teman Traveler dapat mengunjungi museum ini pada hari Selasa – Jumat mulai dari pukul 10:00 hingga 19:00 WIB. Teman Traveler harus membayar sebesar Rp100.000 untuk dewasa, Rp80.000 untuk anak-anak dengan umur 8-12 tahun, dan Rp90.000 ribu untuk pelajar dan lansia diatas 65 tahun.

2. Museum Nasional atau Museum Gajah

Museum Gajah via Instagram @irma_kibo
Museum Gajah via Instagram @irma_kibo

Terdapat pula Museum Nasional yang terletak di Jalan Medan Merdeka Barat No 12, Gambir, Jakarta Pusat. Museum yang didirikan pada tanggal 24 April 1778 oleh Pemerintah Belanda ini, merupakan museum terbesar di Asia Tenggara. Dinamakan Museum Gajah karena terdapat patung gajah yang terbuat dari perunggu yang berada di halaman depan. Patung tersebut merupakan hadiah dari Raja Chulalongkorn dari Thailand yang pernah berkunjung ke museum ini. Teman Traveler dapat melihat banyak koleksi berupa Sejarah, Etnografi, Geografi, Keramik, Pra sejarah dan lainnya.

Selain itu, Teman Traveler dapat menjumpai patung Bhairawa yang merupakan patung laki-laki berdiri di atas mayat dan deretan tengkorak dengan memegang cangkir di tangan kirinya dan keris pendek di tangan kanannya. Untuk koleksi keramik ini, Teman Traveler dapat menemukan gerabah berukuran besar hingga mangkok dan piring. Terdapat pula koleksi budaya Indonesia mulai dari rumah adat, alat angkut tradisional, alat music dan baju tradisional.

Tiket masuk yang perlu Teman Traveler bayar hanya Rp5.000 untuk dewasa dan Rp2.000 untuk anak-anak. Wisata ini buka mulai dari hari Selasa hingga Jumat, mulai dari pukul 08:00 – 16:00 WIB. Sedangkan untuk Sabtu dan Minggu mulai dari 08:00 – 17:00 WIB. Museum akan tutup pada hari senin dan libur nasional.

3. Jakarta Aquarium

Jakarta Aquarium via Instagram @jakartaaquarium
Jakarta Aquarium via Instagram @jakartaaquarium

Jakarta Aquarium ini berlokasi di Neo Soho Lantai LG 101 – LGM Jalan Letjen S. Parman Kav. 28 RT 3 RW 5, Tj Duren, Grogol, DKI Jakarta. Di sini Teman Traveler dapat melihat berbagai macam ikan dan menikmati beberapa atraksi yang ditawarkan. Pertama, ada Aqua Trekking bagi Teman Traveler yang ingin menyelam bersama berbagai ikan seperti hiu, pari, dan hewan laut lainnya yang berada di aquarium ini. Teman Traveler akan menyelam dengan pemandu selama 15 menit dengan membayar lebih sebesar Rp550.000/orang. Kedua, ada Touch Pool atau kolam yang bisa kamu sentuh hewan-hewan di dalamnya. Hewan itu berupa bintang laut, tiram dan yang lainnya.

Ketiga, Teman Traveler dapat melihat pertunjukan dari putri duyung sembari menari-nari di dalam Aquarium. Keempat, Teman Traveler bisa bermalam di Jakarta Aquarium agar dapat berisitrahat sembari memandangi ikan selama 1 malam. Terdapat persyaratan ketat dan khusus untuk dipatuhi agar Teman Traveler dapat menikmati Aqua Camping. Cukup menarik bukan?

Tiket dewasa regular Rp200.000 (Weekdays) – Rp225.000 (Weekend) untuk dewasa premium. Sedangkan untuk anak-anak regular mulai dari Rp115.000 (Weekdays) hingga Rp150.000 (Weekend) dan premium mulai dari Rp150.000 (Weekdays) – Rp175.000 (Weekend).

Perbedaan tiket antara regular dan premium terdapat pada akses premium untuk menuju theater 5D, welcome drink, bebas keluar masuk Jakarta Aquarium Maksimal 4 jam dimulai sejak jam pertama masuk. Teman Traveler dapat berkunjung sesuai dengan keinginanmu karena Jakarta Aquarium buka dari Senin – Minggu pukul 10:00 hingga 22:00.

4. Artha Gading Bowling Center

Artha Gading Bowling Center via Instagram @jakarta_tourism
Artha Gading Bowling Center via Instagram @jakarta_tourism

Keempat, Teman Traveler dapat melepas penat sambil berolahraga yaitu bermain di Bowling Center yang terletak di Mall Artha Gading atau lebih tepatnya di Mal Artha Gading LT 6, Jalan Artha Gading Selatan, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp55.000/orang untuk hari biasa dan Rp75.000/orang untuk akhir pekan.

Harga tersebut sudah termasuk untuk penyewaan sepatu dan satu permainan bowling. Terdapat dua sesi yang dapat Teman Traveler pilih yaitu pukul 10:00 hingga 13:00 WIB dan 16:00 hingga 23.00 WIB dengan harga yang sedikit berbeda. Pilihan bola bowling juga lengkap mulai dari pemula hingga yang ahli dan terdapat area atau kafe untuk membeli makanan dan minuman.

Nah itulah beberapa tempat yang dapat Teman Traveler kunjungi untuk melepaskan penat ketika berada di Jakarta. Pastikan untuk mampir ya! Next

ramadan

4 Destinasi Wisata Menarik, Mutiara Terpendam Trenggalek yang Menawan

Berburu Spot Perkebunan Terindah di Kota Batu yang Siap Buatmu Terpaku!