in , ,

4 Wisata Mistis di Indonesia yang Terkenal Keangkerannya

fi wisata mistis

Wisata memacu adrenalin ada banyak jenisnya, salah satunya bagaimana jika mengunjungi tempat horor untuk menguji nyali. Berikut 4 wisata mistis di Indonesia yang terkenal keangkerannya, masih lekat dan diselimuti dengan cerita legenda urban. Yuk simak ulasannya.

Baca juga : Enjoying the Authentic Pecel Tumpang in Kediri

1. Tjong A Fie Mansion, Medan

tjong a fie mansion
Ilustrasi via instagram asrialdilaputri

Pertama ada Rumah Tjong A Fie, salah satu lokasi wisata populer yang bisa dikunjungi di Medan. Sebuah kediaman milik Tjong A Fie pengusaha asal Cina, dikenal sebagai sosok dermawan dan orang terkaya di Sumatra. Rumah ini dijadikan cagar budaya memiliki bangunan unik perpaduan antara cina, eropa dan melayu. Selain itu konon banyak cerita yang mengatakan adanya penampakan arwah lelaki berkeliaran di kediaman tersebut. Sehingga menjadi salah satu lokasi wisata mistis dan bersejarah yang menarik dikunjungi. Banyak juga yang menjadikan lokasi ini sebagai spot foto instagramable.

Tiket masuk museum ini Rp 35.000 per orang, harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu. Tjong A Fie Mansion berlokasi di Jalan Jend. Ahmad Yani No.105, Kesawan, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan, Sumatra Utara. Jam operasional wisata pukul 09.00-17.00 WIB.

2. Gua Jepang, Bandung

gua jepang
Ilustrasi via instagram stefanpay_

Selanjutnya ada peninggalan masa penjajahan Jepang yaitu Gua Jepang, dibangun pada tahun 1942 di Bandung. Dahulu gua ini adalah tempat penyimpanan senjata dan keperluan logistik. Lalu pada tahun 1965 gua dengan lorong panjang serta gelap ini dijadikan objek wisata. Selain itu ternyata tempat ini juga menjadi lokasi penyiksaan romusha. Konon legenda urbannya terdengar suara sayup-sayup jeritan-jeritan arwah korban yang meminta tolong. Berani uji nyali di sini Teman Traveler?

Tiket masuk Rp 8.000 per orang, harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu. Gua Jepang berlokasi di Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, Jalan Pakar Kulon, Ciburial, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat. Jam operasional wisata pukul 08.00-17.00 WIB hari Senin-Jumat, dan 05.30-17.00 WIB hari Sabtu-Minggu.

3. Alas Purwo, Banyuwangi

alas purwo
Ilustrasi via instagram krista_vidi

Kemudian ada Taman Nasional Alas Purwo, hutan tertua di Pulau Jawa yang terkenal dengan keangkerannya. Memiliki keindahan alam berupa situs, padang savana, gua, dan pantai. Tentunya banyak cerita mistis yang melekat dari lokasi wisata ini, konon terdapat kerajaan gaib tempat berkumpulnya jin di Pulau Jawa. Selain itu kegiatan mistis seperti pesugihan, semedi, orang mencari wangsit, atau ilmu hitam kerap dilakukan di sini.

Tiket masuk wisata domestik Rp 5.000 per orang dan mancanegara Rp 150.000 per orang, harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu. TN Alas Purwo berlokasi di Kalipait, Tegaldlimo, Banyuwangi, Jawa Timur. 07.30-16.00 WIB, hari Senin-Jumat.

4. Desa Trunyan, Bali

desa trunyan
Ilustrasi via instagram manhatourtravel

Berikutnya lokasi wisata Desa Trunyan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali ini sudah terkenal dengan tradisi uniknya yaitu ketika ada masyarakatnya yang meninggal dunia tidak dimakamkan di dalam tanah atau ngaben. Tetapi hanya diletakkan begitu saja di area pemakaman berjajar rapi dengan kurungan bambu, namun tidak ada aroma bau tak sedap yang tercium.

Sebab terdapat pohon cukup besar disebut Taru Menyan tepat di tengah area tersebut, di mana pohon ini mengeluarkan bau khas menyan yang akan menghilangkan bau tak sedap itu. Bagaimana tertarik melihat tradisi unik sekaligus wisata mistis di sini Teman Traveler?

Demikian ulasan daftar 4 wisata mistis di Indonesia, bisa dijadikan destinasi wisata uji nyali Teman Traveler. Jangan lupa selalu menerapkan protokol kesehatan. Next

ramadan
Air Terjun Sikulikap

Air Terjun Sikulikap Solusi Penyegaran Pikiran

fi wisata keluarga di batu

4 Objek Wisata Keluarga di Batu, Cocok Untuk Berakhir Pekan