in , , ,

5 Destinasi Wisata Hits di Banyuwangi, Habiskan Liburan di Ujung Timur Pulau Jawa

Setelah beberapa tahun, akhirnya libur Lebaran yang cukup panjang akan segera datang. Tidak perlu bingung buat Teman Traveler yang masih bingung mau liburan ke mana. Kalian bisa mengunjungi Banyuwangi, salah satu kota di Jawa Timur yang terkenal akan pariwisatanya hingga mancanegara.

Baca juga : Viral Pendaki Hilang di Gunung Piramid, Yuk Kenali Pegunungan Argopuro Lebih Dalam

Ada beberapa tempat wisata yang saat ini banyak dikunjungi para pelancong lokal hingga maupun mancanegara. Ini nih beberapa wisata yang bisa kalian kunjungi untuk menghabiskan waktu liburan.

1. Kawah Ijen

Liburan ke Kawah Ijen (c) Sofi Alawiyah amini/Travelingyuk

Gunung berapi aktif di Indonesia ini ada di perbatasan antara Banyuwangi dan Bondowoso. Kawah ijen memiliki ketinggian 2.779 mdpl dan terakhir meletus di tahun 1999. Yang membuat traveler penasaran akan Kawah Ijen yaitu fenomena blue fire, yang hanya 2 di dunia yaitu di Islandia dan salah satunya ada di Kawah ijen. Wisata alam satu ini juga memiliki sebuah kawah yang merupakan kawah paling asam terbesar di dunia. Sehingga dapat melarutkan tubuh manusia dengan cepat.

Banyak diburu wisatawan (c) Sofi Alawiyah amini/Travelingyuk

Jika kalian hendak mengunjungi Kawah Ijen, maka kalian harus berangkat pukul 01.00 WIB, karna pendakian dibuka pada jam tersebut. Dan sebaiknya, kalian berangkat sebelum pukul 01.00 WIB, untuk mempersiapkan diri sebelum melakukan pendakian. Untuk harga tiket ke Kawah Ijen pun cukup murah. Untuk wisatawan lokal, cukup membayar Rp5000 per orang di hari biasa dan Rp7.500 per orang saat akhir pekan. Sedangkan untuk wisatawan asing tiket dibanderol sebesar Rp100.000 per orang di hari biasa dan Rp150.000 per orang saat weekend. Adapun biaya parkir roda dua yaitu Rp5000 dan untuk roda empat Rp10.000.

Disarankan datang sebelum matahari terbit (c) Sofi Alawiyah amini/Travelingyuk

Jangan lupa untuk memakai masker saat mengunjungi Kawah Ijen. Jika kalian hendak mendaki ke Kawah Ijen, maka kalian harus siap-siap membeli atau menyewa masker, karena ketika sampai di atas akan tercium bau belerang yang membuat sesak pernapasan. Biasanya, di loket masuk banyak sekali yang menawarkan sewa masker dengan harga yang cukup murah, yaitu Rp20.000.

Belerang di Kawah Ijen (c) Sofi Alawiyah amini/Travelingyuk

Untuk bisa sampai puncak dan bisa melihat fenomena blue fire, kalian bisa menikmatinya sebelum waktu Subuh. Jadi, kalian harus sampai puncak sebelum terbitnya matahari. Uniknya Kawah Ijen, ketika kalian berada di atas kalian akan menemukan banyak penambang belerang yang tiap harinya bisa bolak-balik puncak sampai 3 kali untuk mengambil belerang yang ada di sekitar kawah.

2. Hutan De Djawatan

Hutan De Jawatan (c) Sofi Alawiyah amini/Travelingyuk

De Djawatan adalah hutan yang ada di daerah Benculuk, Kabupaten Banyuwangi yang saat ini lagi ramai banget dikunjungi wisatawan dari
berbagai kota. Bukan hanya sebagai tempat wisata pada umumnya, namun tempat ini juga dibuat syuting beberapa film layar lebar. Untuk menuju ke tempat ini, jika kalian dari kota Banyuwangi maka hanya membutuhkan waktu kira-kira 48 menit.

Spot instagramable (c) Sofi Alawiyah amini/Travelingyuk

Untuk tiket masuknya juga lumayan murah, cukup dengan membayar Rp12.000 untuk 1 motor 2 orang. Untuk fasilitas di sini juga sudah lengkap, ada kamar mandi, musala, lahan parkir yang cukup besar, dan warung-warung. Jadi sangat direkomendasikan buat Teman Traveler yang ingin berlibur dengan budget yang tidak terlalu menguras kantong dan juga tentunya mendapatkan foto yang instagramable.

3. Pulau Merah

Bukit kecil di Pantai Pulau Merah (c) Sofi Alawiyah amini/Travelingyuk

Pantai Pulau Merah juga sangat cocok dikunjungi ketika liburan tiba, apalagi bersama keluarga, sahabat, bahkan pasangan. Wisata Pantai Pulau Merah cukup ramai ketika liburan. Karena jaraknya yang tidak jauh dari kota Banyuwangi. Tiket masuknya juga sangat terjangkau, yaitu cukup membayar Rp8000 per orang. Sedangkan untuk biaya parkir, cukup dengan membayar Rp2000 untuk sepeda motor dan Rp5000 untuk mobil.

Pantai berwarna merah saat sore hari (c) Sofi Alawiyah amini/Travelingyuk

Pantai Pulau Merah memiliki bukit kecil yang selalu menjadi spot andalan ketika berfoto di tempat ini. Namun, kalian juga bakal merasakan pantai ini benar-benar menjadi merah mempesona ketika senja. Jadi disarankan untuk datang ke sini ketika sore hari.

4. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran (c) Sofi Alawiyah amini/Travelingyuk

Taman Nasional Baluran juga termasuk tempat wisata yang banyak sekali dikunjungi wisatawan dari mancanegara maupun wisatawan lokal. Taman
Nasional Baluran terletak di antara wilayah Wongsorejo, Banyuwangi dengan wilayah Banyuputih, Situbondo. Sama seperti De Djawatan, tempat wisata ini sering sekali dipakai untuk syuting film layer lebar.

Pantai Bama (c) Sofi Alawiyah amini/Travelingyuk

Taman Nasional Baluran disebut juga sebagai “Africa in Java”, karena hamparan savana yang luas sehingga membuat tempat ini ampak seperti di Africa. Bukan hanya dijadikan sebagai objek wisata, namun Taman Nasional ini juga dilindungi. Ada beberapa tempat yang tidak boleh diperuntukkan didatangi pengunjung. Tiket masuk Taman Nasional Baluran juga tidak terlalu mahal. Dengan biaya masuk Rp.18.000/orang kita sudah bisa merasakan hamparan savana yang sangat indah seperti di Africa.

Padang savana (c) Sofi Alawiyah amini/Travelingyuk

Di kawasan wisata ini terdapat beberapa spot yang dijadikan tempat berfoto, selain savana yang terhampar luas ada pula pantai di ujung yang disebut dengan Pantai Bama. Begitu pun dengan fasilitas di Taman Wisata Baluran juga sudah sangat memadai.

5. Waduk Bajulmati

Waduk Bajulmati (c) Sofi Alawiyah amini/Travelingyuk

Waduk Bajulmati terletak di antara Kabupaten Banyuwangi dengan
Situbondo. Keindahan tempat wisata ini menarik wisatawan untuk berkumjung. Cukup dengan membayar Rp10.000 untuk satu sepeda motor dan dua orang, kalian bisa menikmati pesona Waduk Bajulmati.

Piknik sambil memandang keindahan waduk (c) Sofi Alawiyah amini/Travelingyuk

Waduk ini juga disebut dengan Raja Ampat Mini, karena pemandangannya yang mirip dengan Raja Ampat. Nah, wisata ini juga sangat direkomendasikan untuk dikunjungi ketika liburan tiba.

Banyak pilihan wisata di Banyuwangi yang bisa Teman Traveler kunjungi saat libur Lebaran nanti. Sudah tahu mau ke mana? Next

ramadan

Intip Beberapa Tradisi Unik Sambut Lebaran di Nusantara

Kemegahan Air Terjun Carat, Tertinggi di Pulau Bali