in ,

5 Makanan Khas Indonesia Yang Tersedia Dalam Bentuk Kaleng, Bisa Dibawa Keluar Negeri

Saat berada di luar negeri, sering kali yang kita rindukan justru makanan khas Indonesia. Sayangnya, belum banyak negara yang memiliki restoran dengan masakan-masakan asli Indonesia. Sehingga para traveler biasanya membawa sendiri makanan favorit dari tanah air.

Baca juga : 4 Museum Mainan di Indonesia, Ada yang Koleksi Happy Meal dari Zaman Baheula

Tapi tentu akan ribet ya jika bawa kotak-kotak makanan di dalam koper. Belum lagi resiko bocor atau pecah dalam perjalanan. Untungnya, sekarang sudah makin banyak makanan khas Indonesia yang tersedia dalam bentuk kaleng. Apa sajakah itu?

Sate Rembige

Foto via Instagram @lesehan.goyanglidah

Kuliner khas Lombok ini akhirnya tersedia dalam bentuk vacuum yang disebut bisa tahan sampai satu tahun. Ini adalah miliki rumah produksi Goyang Lidah yang sudah terkenal di Lombok.

Gudeg

Foto via Instagram @gudegbutjitro1925

Salah satu hal yang bikin kangen dengan Jogja adalah gudeg dengan citarasa manis gurih. Nah sekarang juga ada nih gudeg kaleng yang tinggal dihangatkan saja. Salah satu merk yang terkenal adalah Gudeg Bu Tjitro 1925. Gudeng kalengan ini tersedia dengan banyak varian dari original sampai mercon.

Sambel Goreng Krecek

Foto via Instagram @krecek_kaleng

Untuk yang asli Solo atau Jogja pasti sudah familiar dengan sambel goreng krecek. Makanan ini biasanya menjadi pendamping gudeg juga loh. Nah, kalau kamu sudah beli gudeg kalengan, jangan lupa beli sambel goreng krecek juga ya. Makanan kalengan ini bisa tahan sampai kurang lebih enam bulan.

Rendang

Foto via Instagram @rendang_karissa

Siapa sih yang tidak tahu rendang, makanan khas Indonesia yang dinobatkan sebagai yang terenak di dunia? Makanan ini melewati proses yang lama dalam pembuatannya sehingga cukup jarang orang yang memasak sendiri terlebih di luar negeri. Untungnya sudah ada rendang kalengan yang siap disajikan dengan nasi hangat.

Empal Gentong

Foto via Instagram @empalgentonghajiapud

Makanan khas Cirebon ini punya citarasa gurih dan pedas yang menggoda. Kini kamu tak perlu jauh-jauh ke Cirebon karena sudah ada kemasan kalengnya. Merk Empal Gentong Haji Apud ini salah satu yang paling terkenal. Untuk kemasan kaleng, empal gentong ini awet sampai satu tahun dan tidak mengandung MSG, pengawet dan sudah mengantongi BPOM.

Next

ramadan

Potret Senja Nan Memukau Di Waduk Pusong Lhokseumawe

Dimana Saja Sih Lokasi Syuting ‘Emily in Paris’?