in ,

5 Penyebab Pesawat Batal Terbang, Nomor 5 Mengejutkan!

Menyimak faktor tersembunyi di balik kacaunya jadwal penerbangan

Siapa yang pernah mengalami pesawat delay atau bahkan cancelled? Tentu sangat menjengkelkan, bukan? Ternyata, ada banyak faktor yang menyebabkan pesawat batal terbang. Berikut kita akan bahas 5 di antaranya yang paling sering muncul.

Baca juga : 5 Akomodasi Cozy di Sekitar Bandara Kuala Lumpur, Manfaatkan Transit dengan Rebahan

1. Cuaca Buruk

Ilustrasi pesawat terjebak cuaca buruk via Shutterstock

Faktor cuaca sudah menjadi momok menakutkan bagi penumpang dan selalu mendapat perhatian serius dari para pelaku industri penerbangan. Apabila badai besar disertai petir dan angin kencang datang melanda, tidak ada jalan lain selain menunda atau bahkan membatalkan penerbangan.

2. Permasalahan Teknis

Ilustrasi memperbaiki pesawat via Shutterstock

Salah satu faktor yang memicu pesawat batal terbang lainnya adalah masalah teknis yang muncul sebelum lepas landas. Tidak main-main, apabila kondisinya tidak layak terbang, maka perjalanan Teman Traveler terpaksa harus dibatalkan atau dipindah ke pesawat lain.

Kesalahan teknis menjadi salah satu faktor penyebab kecelakaan pesawat terbanyak saat ini, selain karena human error. Ini yang menyebabkan pihak maskapai sangat concern dengan kondisi transportasi yang dikenal dengan nama ‘burung besi’ ini.

3. Pilot atau Awak Kabin dalam Kondisi Tidak Fit

Ilustrasi pilot kelelahan via Shutterstock

Tidak hanya mesin pesawat, kondisi kesehatan pilot pun juga menjadi faktor penting. Seorang pilot dituntut memiliki stamina dan daya konsentrasi yang prima karena berhadapan dengan kendali pesawat yang rumit serta harus selalu aware dengan kondisi cuaca di luar. Salah keputusan sedikit saja, nyawa ratusan umat yang ia bawa menjadi taruhannya.

4. Ancaman Keamanan

Ilustrasi pengamanan di bandara via Shutterstock

Kondisi keamanan baik di pesawat ataupun bandara juga menjadi salah saty faktor yang tidak boleh disepelekan. Contohnya, ketika terjadi percobaan kudeta di Istanbul, Turki pada tahun 2016, ratusan jadwal penerbangan terpaksa didelay atau bahkan dibatalkan demi keselamatan penumpang.

Pada kasus lain, di tahun 2018, sebuah pesawat di Pontianak terpaksa batal terbang karena salah seorang penumpangnya berkata kalau dirinya membawa bom. Setelah diperiksa, ia mengaku kalau ucapannya hanya iseng belaka.

5. Tidak Ada Penumpang

Ilustrasi pesawat yang sepi via Shutterstock

Dalam kasus yang sangat jarang, sebuah pesawat bisa saja tidak mengangkut seorang penumpang pun. Apabila terjadi peristiwa seperti ini, biasanya pihak maskapai akan memindahkan penumpang dari pesawat lain ke sini, atau kalau tidak ada, mereka secara simpel akan menghapus jadwal keberangkatannya.

Demikian 5 faktor yang menyebabkan pesawat batal terbang. Meskipun menjengkelkan, penundaan atau pembatalan jadwal penerbangan harus dilakukan demi keselamatan Teman Traveler juga. Tetap semangat berlibur dan jangan kapok naik pesawat, ya! Next

ramadan
Barong dalam Tradisi Ngelawang

Tradisi Ngelawang, Uniknya Kebiasaan Usir Roh Jahat oleh Anak-anak Bali

4 Kisah Orang Hilang di Hutan, Ada yang Ditemukan Meninggal Dunia