in

7 Wisata Gratis di Seoul, Dari yang Tradisional hingga K-Pop

Wisata Gratis di Seoul ini cukup bikin kamu puas datang ke Korea. Teman Traveler sudah bisa mengikuti jejak idola K-Pop kamu dan mungkin bisa ketemu langsung.

Traveling ke luar negeri adalah impian banyak orang. Namun, tidak semuanya bisa menikmati traveling dengan gaya yang mewah. Beberapa di antaranya lebih memilih untuk liburan minimalis, tapi tanpa sedikit pun meninggalkan esensi dari traveling itu sendiri yaitu menjelajahi tempat-tempat baru dan menarik di suatu tempat.

Baca juga : Berwisata di Indonesian Railway Museum, Terbesar di Asia Tenggara, Lho

Membuat rencana perjalanan dengan destinasi tempat wisata yang murah dan gratis adalah kuncinya. Teman Traveler bisa menggunakan referensi tempat wisata gratis di Seoul berikut ini yang tidak akan membuat kantong jebol lho.

1. Pertokoan di Myeongdong

Pertokohan Myeongdong (c) Vindri Travelingyuk

Tidak pas rasanya jika sudah berada di Seoul namun tidak mengunjungi Myeongdong. Area ini terkenal sebagai distrik belanja dan pusat fashion dan skin care di Seoul. Mulai dari merek lokal sampai internasional serta mulai dari harga sedang sampai harga paling mahal. Semuanya ada di sini.

Blok-blok pasar (c) Vindri Travelingyuk

Berjalan berkeliling dari satu blok ke blok yang lain sambil melihat-lihat toko-toko yang berjejer rapi dan ramai adalah pilihan yang tepat untuk sekadar cuci mata. Karna selain banyaknya toko, di kawasan ini juga banyak menjual jajanan kaki lima yang murah, unik dan enak. Tidak hanya itu, Teman Traveler juga bisa bebas memasuki toko skin care dan make up walaupun hanya sekadar melihat-lihat. 

Kulineran di Pasar Myeongdong (c) Vindri Travelingyuk

Waktu terbaik untuk mengunjungi Myeongdong dan menikmati suasananya adalah saat malam hari. Karna saat malam hari, pengunjung makin banyak di area ini. Bahkan banyak toko yang baru akan menutup tokonya dini hari.

Untuk menuju Myeongdong sangat mudah. Bisa menggunakan subway atau kereta bawah tahan sebagai cara tercepat.

  • Seoul Subway Line 4 : Myeong-dong Station , Exits 5, 6, 7 & 8

2. Alun-Alun Gwanghwamun.

Patung Raja Sejong Alun-alun Seoul (c) Vindri Travelingyuk

Alun-alun Gwanghwamun adalah sebuah ruang terbuka yang berada di Sejongno, Jongno-gu, Seoul. Tidak hanya sebagai ruang terbuka, di alun-alun ini juga bisa belajar sejarah Korea. Karena terdapat dua patung bersejarah bagi Korea Selatan. 

Patung Laksamana Yi Sun Shin (c) Vindri Travelingyuk

Pertama adalah patung Raja Sejong yang dibuat untuk menghormati salah satu Raja hebat di Dinasti Joseon yang menciptakan huruf hangeul yang menjadi huruf resmi dari negera Korea Selatan. Kedua, adalah patung Laksamana Yi Sun Shin, seorang Laksamana yang mampu mengusir serbuan pasukan Jepang di masa dinasti Joseon dalam pertempuran perang tujuh tahun.

Selain bisa belajar sedikit sejarah di alun-alun ini, pemandangan kota Seoul dengan bangunan tinggi pencakar langit dengan latar belakang gerbang istana Gyeongbokgung menambah pemandangan berbeda ketika menghabiskan waktu dengan duduk-duduk santai di sore hari.

Tidak hanya itu, terdapat air mancur dari lantai alun-alun di waktu-waktu tertentu. Waktu terbaik untuk menikmati air mancur itu adalah saat malam hari, karna tidak hanya air mancur yang akan muncul, lampu-lampu di sekitar air mancur juga akan menyala sehingga menghasilkan perpaduan yang menarik.

Untuk mengunjungi alun-alun Gwanghwamun bisa menggunakan kereta bawah tanah. Subway Line 5 : Gwanghwamun Station, exit 9.

3. Memasang Gembok Cinta di N Seoul Tower

Gembok Cinta Seoul (c) Vindri Travelingyuk

N Seoul Tower atau Namsan Seoul Tower sangat terkenal di kalangan pecinta K-drama. Karna salah satu drama terkenal Korea Selatan menggunakan lokasi ini sebagai salah satu adegan di dalam drama seri tersebut sehingga tempat wisata ini wajib dikunjungi saat jalan-jalan ke Seoul. Biasa N Seoul Tower digunakan sebagai tempat muda-mudi Seoul mengikrarkan nama mereka pada sebuah gembok dan memasangnya di birai-birai sekitaran menara sebagai lambang cinta mereka.

Lalu, bagi yang belum memiliki pasangan apakah tidak bisa memasang gembok cinta? Tentu saja tidak. Tidak ada aturan khusus untuk memasang gembok cinta di N Seoul Tower, jadi jika pengunjung ingin menuliskan namanya dengan nama salah satu anggota idola Korea, juga tidak masalah. Dan bagi yang tidak ingin melakukan hal itu, N Seoul Tower juga menawarkan pemandangan kota Seoul yang indah jika dilihat dari atas.

Gembok Cinta dengan pemandangan luas Seoul (c) VIndri Travelingyuk

N Seoul Tower sendiri adalah sebuah pemancar sinyal tv yang berada di bukit Namsan. Gedung pemancar ini dibangun di tahun 1969 dan dibuka untuk umum pada tahun 1980 dan sejak tahun 2012 menara ini menjadi tempat yang wajib dikunjungi oleh turis ketika berkunjung ke Seoul. Waktu terbaik untuk mengunjunginya adalah ketika malam hari karna saat malam hari, terdapat permainan lampu warna-warni di menara N Seoul. Tidak ada biaya ketika masuk ke area menara, yang dikenakan biaya adalah ketika memasuki gedung menara tersebut.

Untuk menuju ke N Seoul Tower menggunakan cable car yang stasiunnya berada di bawah bukit Namsan.

Subway Line 4 : Myeongdong Station, exit 3.
Jalan sekitar 15 menit dengan mengikuti jalan di sebelah kanan Hotel pasifik. Stasiun Cable Car sudah terlihat di depan.

4. Belajar Sejarah Negeri Gingseng di Museum Nasional Korea.

Pintu masuk Museum Korea Selatan (c) VIndri Travelingyuk

Cinta dengan pria-pria Korea, dramanya, skin care-nya, makanannya, maka harus juga tahu tentang sejarah Korea Selatan dong. Karna kecintaan pada negera Korea Selatan tidak lepas dari sejarah Korea Selatan itu sendiri. Nah, di museum nasional Korea, kita akan diajak untuk belajar sejarah dengan cara yang menyenangkan.

Dalam Museum Nasional Korea Selatan (c) VIndri Travelingyuk

Banyak hal-hal yang tidak kita ketahui tentang Korea. Dan di museum ini pengunjung akan mengetahui sedikit demi sedikit tentang sejarah Korea itu sendiri. Selama berada di dalam museum, barang-barang peninggalan purbakala ditata rapi dan informatif, sehingga tidak membosankan dan tidak membuat pengunjung mengantuk.

Selain tempatnya yang sangat besar, ketika memasuki halaman museum, pengunjung akan disambut oleh danau buatan serta gazebo yang membuat mata termanjakan. Selain itu, titik-titik tempat fotonya juga banyak yang bagus-bagus, jadi mengunjungi museum adalah pilihan yang tepat dan yang pasti gratis kecuali jika ada pameran khusus.

Lingkungan Museum Nasional Korea Selatan (c) VIndri Travelingyuk

Museum ini buka setiap hari mulai dari jam 10 pagi hingga jam 9 malam di hari rabu dan sabtu, sisanya tutup di jam 6 sore dan jam 7 malam di hari Minggu.

Subway Line 4 atau Jungang Line. Ichon Station, exit 2, dan jalan sekitar 150 meter ke arah Taman Yongsan.

5. Lost In Space di Naksan Park

Naksan Park (c) VIndri Travelingyuk

Ada kalanya traveling tidak melulu pindah dari satu tempat wisata ke tempat wisata lain. Tapi, bagaimana caranya bisa menikmat tempat wisata itu dengan maksimal. Seperti menghabiskan waktu dengan berdiam diri di Naksan Park. Mengamati lalu lalang wisatawan lain, duduk di belakang tembok yang di depannya disuguhi pemandangan cantik serta jalan setapak. Sebuah taman yang dikelilingi oleh tembok benteng zaman dinasti Joseon. Pemandangan di sekitar sini sangat bagus bahkan untuk sekedar berdiam diri atau beristirahat sejenaksebelum melanjutkan ke tempat wisata yang lain. Apalagi lokasi ini sering dijadikan tempat syuting drama-drama terkenal Korea.

Seoul Subway Line 4 : Hyehwa Station exit 2.
Jalan lurus sekitar 200 meter dan belok kiri ke Jalan Dongsung-gil , dan jalan terus sekitar 200 meter dan belok kiri lagi di Lock Museum dan jalan terus sekitar 50 meter dan belok kanan ke Jalan Naksan Gongwon-gil dan ikutin jalan ke atas bukit sekitar 300 meter hingga sampai di Taman Naksan.

6. Markas Oppa-oppa Idol K-pop

JYP Entertainment Center (c) VIndri Travelingyuk

Semenjak Korean Wave berhasil membius seluruh Asia bahkan dunia, bisa melihat dekat para anggota idola Korea adalah sebuah keinginan bagi para penggemarnya. Biasanya salah satu tujuan wisata ke Korea Selatan adalah bisa mengunjungi lokasi di mana anggota idola itu berada. Salah satunya adalah ke agensi Kpop bernaung.

Tidak ada yang bisa menjamin memang, jika ke agensi tersebut langsung bisa bertemu anggota idola Kpop. Tapi, bisa mengetahui lokasi kantor agensi mereka sudah merupakan kebahagiaan sendiri bagi penggemarnya. Dan semenjak itu mulai banyak yang mencantumkan agensi Kpop sebagai salah satu tujuan wisata di Seoul.

Kantor SM entertainment (c) VIndri Travelingyuk

Jika Teman Traveler sedang tidak beruntung untuk bertemu dengan para anggota idola, tenang. Di depan kantor agensi banyak terdapat kafe yang bisa digunakan untuk bersantai sambil menikmati kudapan dan kopi. Jika beruntung, mungkin bisa bertemu langsung dengan mereka.

Subway Seoul Line 7 : Cheongdam station exit 9. Jalan lurus sekitar 550 meter, sampai bertemu perempatan besar.

Menyebrang jalan dan belok kanan dan jalan lurus sekitar 250 meter hingga melewati dengan dua gang lalu lalu belok ke kiri pada gang ketiga dan berjalanlah sekitar 100 meter hingga bertemu perempatan, di sebelah kanan gedung kantor agensi JYP sudah terlihat.

7. Berjalan di antara Rumah Tradisional Korea Selatan di Bukchon Hanok Village

rumah tradional Korea Selatan yang masih terawat Bukchon Hanok Village. (c) VIndri Travelingyuk

Korea Selatan adalah salah satu negera yang tetap mempertahankan identitas lokalnya. Terbukti dengan adanya sebuah perkampungan atau lebih tepatnya sebuah komplek di mana banyak sekali rumah tradional Korea Selatan yang masih terawat.

Pengeunjung bebas melihat rumah tradisional Korea Selatan (c) VIndri Travelingyuk

Seperti di Bukchon Hanok Village. Di sini pengunjung bisa bebas mengelilingi komplek rumah tradisional secara gratis. Namun, diharapkan Teman Traveler tidak berisik. Karna bagaimanapun juga ini masih derah pemukiman penduduk. Lokasinya dekat dengan Istana Gyeongbokgung jadi untuk menuju ke Buchon Hanok Village, bisa dengan berjalan kaki.

Sebenarnya, pergi liburan ke negera mana pun, tidak melulu harus berdana besar. Dengan sedikit survei kecil-kecilan, semua informasi tempat gratis bisa didapatkan. Jadi, Teman Traveler, sudah siap bertemu oppa-oppa tampan di Korea Selatan? Next

ramadan
Panorama di Watu Leter

Pantai Watu Leter, Bahagia dengan Asupan ‘Vitamin Sea’

Samsara Coffee

Samsara Coffee Malang, Keren dengan Nuansa Industrial