in , , ,

Agrowisata Sondokoro, Belajar Sejarah di Pabrik Gula Surakarta

Jelajahi Agrowisata Sondokoro Sambil Menikmati Pemandangan Pabrik Gula yang Bisa Jadi Spot Foto Keren

Bagian Depan Sondokoro (c) Teguh Rochmat/Travelingyuk

Jawa Tengah merupakan salah satu lokasi yang biasa dikunjungi wisatawan. Memiliki karakteristik yang unik, membuat banyak wisatawan yang ingin kembali lagi ke sana untuk berlibur. Kota-kota di Jawa Tengah yang sering dikunjungi untuk wisata adalah Semarang dan juga Solo. Jika Teman Traveler tinggal di Jawa Tengah atau berencana mengunjungi Jawa Tengah saat liburan nanti, maka cobalah cari beberapa objek wisata yang cocok untuk keluarga. Salah satunya adalah Agrowisata Sondokoro yang berada di kawasan Karanganyar.

Baca juga : Juara 1, Jawa Tengah Menangkan Dana 7 Miliar

Kereta Api Wisata (c) Teguh Rochmat/Travelingyuk

Agrowisata Sondokoro merupakan sebuah Tempat Wisata di Karanganyar Jawa Tengah. Jika Teman Traveler tinggal di Solo dan sekitarnya, nama dari objek wisata ini pasti sudah tidak asing lagi. Tempat ini cocok untuk wisata bersama keluarga di Solo dan sekitarnya. Hal ini memang sesuai dengan konsep wisata yang ditawarkan dari objek wisata ini.

Papan Keterangan (c) Teguh Rochmat/Travelingyuk

Wisata ini berlokasi di tempat yang sejuk dan memiliki berbagai wahana dan fasilitas wisata yang lengkap. Selain itu, objek wisata ini juga dekat dengan wisata Air Terjun Grojogan Sewu.

Nama Sondokoro itu sendiri diambil dari nama sebuah desa. Legenda masyarakat sekitar menyebutkan bahwa konon ada dua orang yang bernama Kyai Sondo dan Kyai Koro yang bertarung selama 40 hari dan 40 malam. Tujuan pertarungan ini adalah untuk mendapatkan menantu yang sama-sama mereka incar, yaitu Tumenggung Joyo Lelono. Namun kedua orang itu pada akhirnya tidak ada yang menang, alias seri. Dari kisah inilah nama Sondokoro diambil.

Salah Satu Spot Menarik di Sondokoro (c) Teguh Rochmat/Travelingyuk

Dulunya, Tempat wisata di Solo dan sekitarnya ini merupakan bagian dari pabrik gula pada masa kolonial yang kini telah berkembang. Namun masih ada sisa sejarah dari pabrik gula yang dapat diamati. Bahkan pabrik gula terbesar di Karanganyar ini yang masih berfungsi hingga sekarang, terutama ketika masa panen raya tebu tiba. Oleh karena itu, lokasi ini cocok dijadikan sebagai salah satu lokasi wisata sejarah di Jawa Tengah.

Bagian Depan Monumen (c) Teguh Rochmat/Travelingyuk

Objek wisata Sondokoro sendiri dibangun sejak 2005 dan resmi dibuka sebagai objek wisata di tahun 2006. Dulu, kawasan ini memang murni hanya sebuah pabrik gula biasa. Namun sejak dibuka sebagai tempat wisata, pabrik gula ini semakin terkenal dan ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Banyak juga wisatawan yang mempelajari mengenai proses pembuatan gula di pabrik ini.

Kolam Berenang (c) Teguh Rochmat/Travelingyuk

Lokasi Agrowisata Sondokoro berada di Kecamatan Tasikmadu, Karanganyar, Jawa Tengah. Alamat lengkapnya adalah di Jalan Mangkunegara, Bojonegara, Surakarta, Jawa Tengah. Untuk menuju ke sana, wisatawan bisa berangkat dari kota Solo hanya dengan menempuh waktu kurang lebih 45 menit saja. Lokasi ini cocok untuk alternatif objek wisata di Solo jika masih memiliki waktu luang untuk jalan-jalan. Terdapat beberapa Tempat Wisata Tawangmangu Jawa Tengah lainnya yang dekat dengan lokasi ini. Next

ramadan

Pasca Virus Corona, 5 Tempat Wisata di Tiongkok Ini Terpaksa Ditutup

Pesugihan Auto Kaya

4 Legenda Hantu Khas Indonesia yang Bikin Auto Kaya