in ,

Menikmati Keindahan Ai Lemak di Sumbawa, Pesona Indonesia Timur

Ai Lemak cocok untuk yang suka diving dan snorkeling

Ai Lemak Sumbawa (c) Feddry Andriawan/travelingyuk.com

Ada yang bilang semakin ke timur, laut Indonesia semakin indah. Sebut saja beberapa destinasi wisata di bagian timur yang memiliki keindahan laut mengagumkan. Ada Labuan Bajo, Raja Ampat, Pink Beach di Pulau Komodo atau Pulau Bunaken. Tapi jangan kesampingkan Ai Lemak Sumbawa yang terletak di Sumbawa.

Baca juga : Sajian Lezat Poke Bowl dan Matcha Asli Jepang Hanya di Honu Central

Sebagian orang mungkin baru mendengar nama ini, tapi Ai Lemak harus jadi salah satu destinasi wisata yang wajib masuk dalam daftar rencana perjalanan.

Foto milik Feddry Andriawan
Ai Lemak Sumbawa (c) Feddry Andriawan/travelingyuk.com

Memang apa sih kelebihan Ai Lemak? Ai Lemak ini spot yang cocok untuk pecinta diving atau snorkeling karena memilki jenis biota laut yang cantik dan beragam. Dan salah satu kelebihan dari Ai Lemak adalah lautnya yang belum tercemar sehingga jarak pandangnya lebih dari 15 meter.

Pemandangan laut Ai Lemak Sumbawa (c) Feddry Andriawan/travelingyuk.com

Saya yang lahir di Sumbawa sangat senang mengunjungi Ai Lemak karena pemandangannya yang memanjakan mata. Salah satu transportasi yang saya gunakan untuk menuju sana adalah dengan menggunakan boat dengan melewati Labuan Sumbawa. Jarak tempuhnya hanya memakan waktu 20 sampai 30 menit. Selain lewat air, akses menuju Ai Lemak juga bisa ditempuh melalui jalulr darat. Aksesnya bisa melalui Brang Biji dengan durasi 30 menit saja.

Tepi Pantai Ai Lemak Sumbawa (c) Feddry Andriawan/travelingyuk.com

Setibanya di sana saya menunggu datangnya sunset yang menambah kesan cantik Ai Lemak. Sayangnya saya tidak menyelam untuk keindahan bawah laut karena tidak membawa perlengkapan. Ombak di Ai Lemak terlihat tenang karena karena pantainya berada pada posisi tengah dengan lengkungan bibir pantai antara Batu Kuping dan Tanjung Menangis.

Pada musim hujan, Ai Lemak bahkan sering dijadikan tempat berlabuh sementara bagi perahu atau sampan nelayan yang hendak menyeberang ke pulau Moyo dan Pulau Medang. Mereka takut dengan cuaca yang kurang bersahabat saat melewati Selat Pulau Moyo.

Ketika kalian mengunjungi Ai Lemak, diharapkan untuk terus menjaga keindahan alam dan jauhi melakukan tindakan yang dapat merusak pantai dan biota laut. Karena bukan tidak mungkin jika suatu saat nanti Ai Lemak bisa seterkenal Bunaken yang menjadi salah satu destinasi diving dan snorkeling di Indonesia. Next

ramadan

Written by Feddry Andriawan

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Jelajahi Wisata Kuliner Malam Kota Bandung yang Jarang Diketahui

Kelabba Maja, Keindahan Alam ala Grand Canyon