in ,

Kerennya Air Terjun di Bondowoso, Ada yang Mirip Niagara Water Fall

Wisata Air Terjun di Bondowoso

Air Terjun di Bondowoso

Bondowoso merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang sebagian wilayahnya dikelilingi pegunungan. Lokasinya yang berada di antara Gunung Ijen dan Argopuro membuat banyak destinasi wisata alam mengagumkan, termasuk air terjun. Lalu, air terjun apa dan di mana saja yang bakal membuat mata terpesona? Simak daftarnya berikut.

Baca juga : Curious About Army: Ini Pilihan Tempat Asyik untuk Penggemar BTS Garis Keras!

1. Niagara Mini di Tengah Bondowoso

Air Terjun Mini Niagara
Air Terjun Mini Niagara [image source]
Tak perlu jauh-jauh ke Ontario untuk bisa melihat Niagara. Bondowoso punya versi mininya. Datang saja ke Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, maka kamu akan melihatnya. Enam aliran air terjun dalam satu lubang yang sama dan melebar mirip seperti Niagara. Tempat ini juga mudah ditemukan, karena berada di jalur menuju Kawah Ijen. Lebih nikmat lagi jika melihat sejuknya air terjun sambil menyeruput kopi arabika khas Bondowoso.

Air Terjun Little Niagara
Air Terjun Little Niagara [image source]

2. Blawan dan Legenda Damar Wulan

Air Terjun Blawan, Bondowoso
Air Terjun Blawan, Bondowoso [image source]
Air terjun Blawan berada tidak jauh dari Niagara Mini. Kamu bisa menjangkaunya dengan berjalan kaki selama 27 menit dari objek wisata keren tersebut. Tinggi mencapai 30 meter dengan debit airnya yang besar membuat Blawan memiliki suara gemuruh yang merdu. Uniknya, air di sini tidak bening melainkan berwarna kuning karena mengandung unsur belerang. Karena berbentuk jurang, pengunjung tidak bisa nyebur. Namun, kamu bisa mandi di kolam yang konon merupakan tempat semedi Damar Wulan sebelum melawan Minak Jinggo.

Air Terjun Blawan
Air Terjun Blawan [image source]

3. Air Terjun di Tengah Perkebunan Kopi

Air Terjun Pulo Agung Bondowoso
Air Terjun Pulo Agung Bondowoso [image source]
Berada sekitar 40 km dari pusat Kota Bondowoso ada air terjun Polo Agung. Lebih tepatnya di Desa Sukorejo, Kecamatan Sumber Wringin, Bondowoso. Selain bisa melihat derasnya air yang terjun, di sini kamu juga bisa menikmati hamparan kebun kopi. Beruntung sekali, jika kamu datang saat musim panen tiba, kamu dapat mencium aroma kopi yang tengah di petik oleh petani.

Air Terjun Pulo Agung
Air Terjun Pulo Agung [image source]

4. Keindahan ‘Oase’ di Bondowoso

Air Terjun Solor, Bondowoso
Air Terjun Solor, Bondowoso [image source]
Oase ini bernama Air Terjun Solor yang terletak di Kecamatan Cermee. Disebut oase karena kawasan timur Bondowoso ini merupakan daerah berbukit yang kering. Untuk menuju ke sini kamu menempuh dua jalur. Bisa dengan menyusuri Sungai Banjur atau melalui Desa Solor di mana terdapat Wisata Batu Megalitikum yang terkenal dengan Stonehange-nya Bondowoso.

Air Terjun Solor
Air Terjun Solor [image source]

5. Air Terjun Asam yang Memesona

Air Terjun Gentongan
Air Terjun Gentongan [image source]
Selain Niagara Mini dan Blawan, Kecamatan Sempol juga memiliki Gantongan. Destinasi ini memiliki penampang seperti menggantung di tebing, karena itulah dinamakan air terjun Gantongan. Air di sini memiliki warna kekuningan karena memiliki kadar asam belerang yang tinggi dari Kawah Ijen. Karena itulah pengunjung yang datang ke sini dilarang keras mandi atau menyentuh airnya.

Air Terjun Gentongan Bondowoso
Air Terjun Gentongan Bondowoso [image source]
Air terjun di Bondowoso memang punya keunikan tersendiri. Bukan hanya panoramanya, tapi juga beberapa legenda dan kandungan belerang dalam airnya. Untuk menuju deretan air terjun di atas juga butuh perjuangan. Jadi siapkan fisik yang prima serta perbekalan yang lengkap untuk menuju ke sana ya. Next

ramadan

Green House Lezatta, Tempat Liburan Instagenic dengan Beragam Bunga

Es Pak Kutir Pasar Legi

Es Pak Kutir, Kuliner Wajib di Pasar Legi Solo