in ,

Air Terjun di Kabupaten Simalungun Sumatera Utara, Kesegarannya Bikin Keseruan Liburan Bakal Segunung!

Air Terjun di Kabupaten Simalungun Sumatera Utara, Kerennya Nggak Nangung!

Air terjun di Kabupaten Simalungun, kerennya nggak nanggung! Ia bakal menambah keseruan liburan Teman Traveler jadi segunung! Derasnya aliran air serta kriteria bentang alam di sini, akan jadi sesuatu yang susah dilupakan! Nggak perlu lama-lama, berikut ulasannya!

Baca juga : 10 Benda Wajib Punya untuk Traveling yang Anti Ribet

1. Air Terjun Sipitu Tikka

Air Terjun Sipitu Tikka via Instagram/ dika_maulana16

Dalam bahasa setempat, Sipitu Tikka artinya adalah tujuh tingkatan. Penamaan tersebut memang sesuai dengan lanskap di Air Terjun Sipitu Tikka yang menjulang tinggi. Air yang mengalir, melewati tujuh tingkat bebatuan dengan ketinggian sekitar 200 meter. Ia memiliki debit air yang deras. Saking derasnya, dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit tenaga listrik tenaga hidro oleh PT BSE (Bersaudara Simalungun Energi).

Sipitu Tikka berada di Buntu Turunan, Hatonduhan, Kabupaten Simalungun. Jarak Kota Siantar ke Hatonduhan sekitar setengah jam menggunakan kendaraan. Lepas itu, Teman Traveler harus melalui tiga anak sungai. Menantang?

2. Air Terjun Jambuara

Air Terjun Jambuara via Instagram
Air Terjun Jambuara via Instagram/ jonhansenn

Air terjun di Kabupaten Simalungun ini persisnya berada di Desa Buntu Bayu, Nagori Buntu Bayu, Kecamatan Hatonduhan. Ia berada di perbatasan antara Simalungun dan Kabupaten Asahan. Berjarak sekitar 35 Km dari Kota Siantar, Air Terjun Jambuara miliki lanskap dan bentang alam yang indah. Debit airnya deras dan kencang, Teman Traveler yang takjub, mestilah enggan pulang.

3. Air Terjun Tonduhan

Air Terjun Tonduhan via Instagram
Air Terjun Tonduhan via Instagram/ muhamadsitorus

Air terjun Tonduhan lokasinya ada di Desa Buntu Bayu, Kecamatan Hatonduhan, Kabupaten Simalungun. Ia berada di area perkebunan kelapa sawti PTPN IV Hatonduhan. Dari Pematang Siantar jaraknya sekitar 33 Km. Debit air di Air Terjun Tonduhan mengikuti musim. Bisa deras atau sedikit mengecil. Uniknya, di bagian tengah tebing terdapat batuan yang lebih menonjol, sehingga air terlihat tampak terbelah.

4. Air Terjun Katasa

Air Terjun Katasa via Instagram/ rikyrestu

Air terjun di Kabupaten Simalungin satu ini berada di bawah jembatan peninggalan Belanda. Uniknya, terdapat dua air terjun di sini. Jika kolam di bagian bawah air terjun pada umumnya dipenuhi oleh bebatuan, di sini terdapat pasir berwarna putih. Menarik ya?! Lokasi Air Terjun Katasa ini berada di Desa Nagori Bayu Bagasan, Kecamatan Hatonduhan, Kabupaten Simalungun.

5. Air Terjun Tibet

Air Terjun Tibet via Instagram/ sartikaindahfiantisiregar

Ada lagi air terjun yang memiliki pulau pasir di Simalungun. Namanya adalah Air Terjun Tibet atau Titi Beton. Air terjun ini tingginya hanya 5 meter, namun keindahan dan keasrian lingkungan di sekitarnya sangat memuaskan mata. Di bagian kanan air terjun terdapat pulau pasir, sementara di bagian kirinya terdapat dinding batu dengan banyak rongga. Keunikan serta kecantikan Air Terjun Tibet berada di Nagori Buntu Turunan, Kecamatan Hatonduhan; dari Pematang Siantar jaraknya sekitar 90 menit menggunakan kendaraan.

6. Air Terjun Bah Biak

Air Terjun Bah Biak via Instagram/ yennychristine_

Di Kebun Teh Sidamanik terdapat sebuah air terjun dengan pemandangan yang masih asri. Namanya adalah Air Terjun Bah Biak. Kesegaran udara kebun teh dan air terjun, menciptakan suasana yang tenang, sejuk dan masih sangat asri. Untuk merasakan sihir yang dimiliki Bah Biak, Teman Traveler harus menuju Jln. Raya Sidamanik – Simarjarunjung. Dari sana, terdapat petunjuk arah menuju air terjun.

7. Air Terjun Binanga Bolon

Air Terjun Binanga Bolon via Instagram
Air Terjun Binanga Bolon via Instagram/ oppajourney

Berada di tengah pemukiman warga, bukan berarti Air Terjun Binanga Bolon tidak cantik. Ia justru seperti mutiara yang tersembunyi. Debit yang dimiliki salah satu air terjun di Kabupaten Simalungin ini cukup deras. Teman Traveler rasanya pengin langsung basah-basahan saja. Lokasi si cantik ini ada di Kecamatan Haranggaol Nagori Purba Pasir. Dari Siantar, waktu yang dibutuhkan untuk mencapai lokasi sekitar 3 jam.

8. Air Terjun Tarak Ni Onggang

Air Terjun Tarak Ni Onggang via Instagram
Air Terjun Tarak Ni Onggang via Instagram/ jojo_converse

Air Terjun Tarak Ni Onggang miliki ketinggian sekitar 50 meter. Ia semakin megah dengan debit airnya yang deras. Meski berjarak sekitar 50 Km dari Kota Pematang Siantar, air terjun yang berada di Desa Dalig Raya, Kecamatan Raya ini miliki pemandangan yang luar biasa.

Pesona air terjun di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, bikin tertegun. Teman Traveler pecinta air terjun, harus mencobanya! Ajak beberapa teman agar kesegaran dan keindahan di kawasan ini dapat lebih seru terasa! Jangan lupa untuk tetap berhati-hati ya! Next

ramadan
Warung Cere Bu Tini

Kulineran di Warung Cere Bu Tini Tangerang, Sajikan Menu Sederhana yang Gugah Selera

Luna Maya Liburan di Austria

Destinasi Wisata Luna Maya di Austria, Nikmati Musim Dingin di Negeri Penuh Danau