in ,

Segarnya Air Terjun di Karanganyar, Pesonanya Nggak Main-Main

Merasakan sensasi kesegaran air terjun di Karanganyar.

Air Terjun di Karanganyar
Air Terjun di Karanganyar

Jawa Tengah merupakan sebuah provinsi yang pesona alamnya dikenal mampu memanjakan mata. Salah satu kabupaten yang juga menyimpan banyak potensi wisata dan layak untuk dikunjungi adalah Karanganyar. Bagi Teman Traveler yang suka berpertualang dengan basah-basahan, bisa berkunjung ke beberapa air terjun di Karanganyar yang akan Travelingyuk bahas dibawah ini. Sudah penasaran seperti apa? Yuk, simak terus kelanjutannya!

Baca juga : Sate Kambing Pak Manto, Legenda Kuliner Solo Hadir di Jogja

Air Terun Sewawar

Air Terun Sewawar
Air Terun Sewawar via Instagram//suryomulyo6

Air terjun Sewawar ini berada di Dukuh Sekarang, Desa Trengguli, Kecamatan Jenawi. Para pengunjung akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp4.000 per orang dan parkir kendaraan sebesar Rp2.000 untuk roda dua. Teman Traveler bisa berjalan kaki sepanjang 100 meter dari pintu masuk untuk kemudian sampai ke persimpangan. Jika ingin menuju ke air terjun Sewawar, wisatawan bisa mengambil jalur kanan. Memiliki tinggi mencapai 25 meter dengan lebar aliran seluas 15 meter, wisata satu ini menarik banyak pengunjung. Hal tersebut pun berdampak bagi perekonomian sekitar karena terdapat karang taruna yang memiliki peran untuk menjaga serta beberapa warung juga tersedia.

Air Terjun Sedinding

Air Terjun Sedinding
Air Terjun Sedinding via Instagram/suryomulyo6

Berlokasi yang sama dengan air terjun Sewawar, wisata ini juga terletak di Desa Trengguli. Jika dari pintu gerbang Sewawar hanya perlu berjalan kaki sepanjang 100 meter, untuk menuju ke Sedinding wisatawan dapat berjalan kaki sepanjang 700 meter dan mengambil jalur yang lurus. Walaupun rute yang dimiliki cukup curam hal tersebut tidak menjadi masalah karena pengunjung akan disajikan dengan pemandangan alam asri dan air yang segar. Air terjun ini juga memiliki tinggi yang berbeda jauh, yakni 8 meter dan dengan lebar seluas 2 meter.

Jumog Jati

Jumog Jati
Jumog Jati via Instagram/tio_nugrohoo

Air terjun di Karanganyar selanjutnya ada Jumog Jati yang berlokasi di Desa Balong, Kecamatan Jenawi. Jika berangkat dari terminal Balong, Teman Traveler hanya membuthkan waktu selama beberapa menit saja untuk sampai ke lokasi. Wisata air ini menyajikan suasana hutan yang sangat rindang dan sejuk. Tak banyak yang tahu akan keberadannya, maka tak heran hanya tampak sejumlah warga desa yang berlalu-lalang. Wisatawan yang berkunjung tidak akan dikenakan biaya masuk dan parkir. Selain itu, di sini juga belum ditemukan berbagai fasilitas yang memadai seperti toilet dan lain sebagainya.

Dung Aron

Dung Aron
Dung Aron via Instagram/amirul_bds

Keindahan selanjutnya berasal dari Air Terjun Dung Aron atau lebih akrab disapa Kedung Pengaron. Letaknya di Dusun Banaran, Desa Seloromo, Jenawi. Tempat ini merupakan wisata alternatif di lereng Lawu. Hal uniknya, dua cekungan yang berada di hulu sungai tak pernah mengering walaupun saat musim kemarau. Memiliki lokasi yang cukup tersembunyi, Teman Traveler tidak perlu takut tersesat karena warga telah memasang papan petunjuk. Bagi yang membawa kendaraan beroda empat bisa menyewa jasa ojek untuk sampai ke desa karena tidak bisa dilewati mobil. Pengunjung yang datang akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp4.000 per orang.

Wah, itulah kesegaran air terjun di Karanganyar yang bikin pengen cepat-cepat nyebur. Sudah ada yang pernah kesini? Ceritakan pengalamanmu di kolom komentar ya! Next

ramadan
Bukit Kaba

Bukit Kaba, Spot Mendaki di Bengkulu dengan Kawah Biru yang Eksotis

Sungai Landak Bahorok, Satu Kesegaran di Bukit Lawang yang Pas untuk Tenangkan Diri