in ,

8 Air Terjun di Kendal, Salah Satunya Konon Jadi Lokasi Pertapaan Adik Rahwana

Inilah Pilihan Air Terjun di Kendal dengan Keindahan Bikin Ingin Segera Traveling

Deretan Air Terjun di Kendal
Deretan Air Terjun di Kendal

Pernah berkunjung ke Kendal? Kabupaten di Jawa Tengah ini masih menawarkan alam yang sangat asri. Karena hal itulah, banyak destinasi wisata alam seperti air terjun yang tersebar di berbagai tempat. Cocok sekali buat Teman Traveler yang ingin basah-basahan. Yuk intip daftar air terjun di Kendal seperti berikut ini. Supaya kamu memiliki gambaran destinasi mana yang bakal disinggahi. Sudah siap?

Baca juga : Festival of Light Medan, Instagenic Bak Negeri Dongeng

1. Curug Corong

Curug Corong, Via Instagram/musafir.senjaa
Curug Corong, Via Instagram/musafir.senjaa

Curug Corong berada di Desa Beku, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal. Destinasi wisata alam di Kendal satu ini menawarkan panorama yang cantik dan alami. Bentuknya melebar pada dinding tebing tebing batu berwarna hitam, jadi terlihat cantik dan unik. Medan untuk menuju ke curug sudah cukup baik, ada jalur setapak yang telah dicor.

2. Curug Glawe

Curug Glawe, Via Instagram/itsme_donald
Curug Glawe, Via Instagram/itsme_donald

Selanjutnya ada Curug Glawe yang tidak kalah menarik buat dikunjungi. terutama buat kamu yang sedang mencari destinasi wisata yang segar-segar. Curug Glawe ini berada di Cening Kidul, Cening, Singorojo, Kendal. Jalur menuju ke lokasi ini masih sangat memprihatinkan, rusak dan medan cukup berat. Namun kelelahanmu akan terbayar lunas setelah melihat keindahan dari Curug Glawe.

3. Curug Sewu

Curug Sewu, Via Instagram/parlanaditya
Curug Sewu, Via Instagram/parlanaditya

Ini merupakan destinasi wisata alam di Kendal yang sudah lama populer namun sampai sekarang ini masih hits. Bagaimana tidak, panorama dari Curug Sewu ini begitu memikat hati, tidak salah jika banyak orang berkunjung ke lokasi ini saat musim liburan datang. Lokasinya berada di Remboko, Curugseweu, Patean, Kendal. Air terjun di Kendal satu ini memiliki tinggi 80 meter. Jalanannya sudah mudah, jadi tidak perlu kesusahan nantinya.

4. Curug Tundo Tiga

Curug Tundo Tigo, Via Instagram/yumnakbt
Curug Tundo Tigo, Via Instagram/yumnakbt

Air terjun di Kendal selanjutnya ada Curug Tundo Tiga yang berada di Dusun Keponan, Desa Pakis, Limbangan, Kendal. Panorama dari air terjun ini tidak kalah dengan yang lainnya. Aksesnya sudah cukup mudah, bisa ditempuh dengan motor ataupun mobil, namun lebih disarankan kendaraan roda dua. Sampai di parkiran, kamu perlu lagi berjalan kurang lebih 500 meter ke Curug Tundo Tiga.

5. Curug Citro Arum

Curug Citro Arum, Via Instagram/aufa.almaqoshid
Curug Citro Arum, Via Instagram/aufa.almaqoshid

Tidak jauh dari Curug Tundo Tigo ada Curug Citro Arum. Lokasinya masih sama, berada di Desa Pakis, Kecamatan Limbangan, Kendal. Debit airnya di sini lumayan deras, apalagi saat hujan tiba, jadi perlu untuk berhati-hati ya Teman Traveler. Nah, akses menuju ke sini sudah bagus dan para pengunjung perlu berjalan kurang lebih 10 menitan. Hampir sama dengan Curug Tundo Tiga.

6. Curug Kali Kadang

Curug Kali Kadang, Via Instagram/robyarilap
Curug Kali Kadang, Via Instagram/robyarilap

Curug Kali Kadang berlokasi di Desa Delesari, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal.Pada September 2018, Curug Kali Kadang ini masih menjadi salah satu air terjun di Kendal yang tersembunyi. Belum dikelola dengan baik dan aksesnya pun masih sangat sulit. Namun keindahan air terjunnya bisa memuaskanmu, bebatuan di sekitarnya bikin tergoda. Tipsnya, kamu harus rajin-rajin bertanya kepada masyarakat setempat untuk menuju ke sini.

7. Curug Semawur

Curug Semawur, Via Instagram/anang_rudi
Curug Semawur, Via Instagram/anang_rudi

Di Desa Blumah, Kecamatan Plantungan ada Curug Semawur yang bisa dikunjungi. Destinasi wisata ini memiliki tingkatan hingga 8 jumlahnya. Alam di sekitar sini masih sangat asri dan udaranya begitu menyejukkan, berada di ketinggian 1.300 mdpl. Meskipun sudah ada plang penunjuk arah di beberapa titik namun masih saja jarang diketahui. Medannya agak sulit menyusuri kali dan melewati perbukitan, namun keindahan air terjunnya akan membayar kelelahanmu dengan tuntas.

8. Curug Palebur Gongso

Curug Palebur Gongso, Via Instagram/arep_motret
Curug Palebur Gongso, Via Instagram/arep_motret

Selanjutnya ada Curug Palebur Gongso yang ada di Sumowono, Kecamatan Limbangan, Keseseh, Kesenangan, Kabupaten Kendal. Air terjun unu merupakan wisata yang baru dibuka untuk umum pada tahun 2013. Lokasinya berada di kaki Gunung Ungaran dan masih terjaga kealamiannya. Konon, lokasi ini merupakan tempat pertapaan dari Patih Kumbakarno yang berasal dari Kerajaan Alengka, adik dari Rahwana atau Dasamuka.

Itulah rekomendasi air terjun di Kendal yang bisa jadi tempat jujukan jika ingin jalan-jalan dan kembali dekat dengan alam. Alternatif wisata segar-segar saat berada daerah yang terdapat di Jawa Tengah ini. Bagaimana, siap berpetualang? Next

ramadan

Kuliner Legendaris Menteng Jakarta Pusat, Icip Resep Rahasia Sejak Dulu Kala di Salah Satu Kawasan Bersejarah Ibu Kota 

Liburan Gya Sadiqah

Intip Liburan Gya Sadiqah Sebelum Hamil, Hobi Traveling Bareng Suami