in ,

Tidak Jauh dari Jogja, Air Terjun di Gunungkidul Ini Hadiah Terbaik untuk Mata Juga Jiwa

Air Terjun Unik di Gunungkidul yang Menyenangkan untuk Liburan

Gunungkidul terletak tidak terlalu jauh dari Jogjakarta. Menggunakan kendaraan, waktu tempuh yang dibutuhkan sekitar 1 jam beberapa menit saja. Di sini, terdapat beberapa air terjun dengan karakteristik yang unik. Ada yang bertingkat-tingkat, ada yang alirannya langsung menuju laut, hingga aliran yang menyempil di antara batuan eksotis. Penasaran dengan air terjun di Gunungkidul yang unik? Berikut ulasannya!

Baca juga : Menakjubkan, Ini Masjid-masjid Indonesia yang Mirip Taj Mahal di India

1. Air Terjun Gedad, Derasnya Bersumber dari Lima Kawasan Perbukitan

Air Terjun Gedad yang Derasnya dari Beberapa Sumber Air via Instagram/ upiecupi

 

Air Terjun Gedad berada di Dusun Gedad, Banyusoco, Playen, Gunungkidul. Ia tipe air terjun yang tidak terlalu tinggi. Airnya mengalir di antara batuan kapur yang berundak-undak. Istimewanya, air yang ada di sini, derasnya bersumber dari lima mata air. Masing-masing berasal dari kawasan perbukitan di sekitar lokasi. Antara lain Sumber Air Glunggung, Sumber Clenguk dan Sumber Air Karang Kulon. Tidak heran jika debit air di kawasan ini deras, terutama pada musim hujan.

2. Air Terjun Jogan, Alirannya Langsung ke Laut

Uniknya Pantai Jogan yang Langsung Mengalir ke Samudera Hindia via Instagram/ ignoranteye

Air terjun di Gunungkidul yang unik selanjutnya memberikan atraksi menarik sebab aliran air langsung menuju Samudera Hindia. Ketinggiannya hanya sekitar 10 meter. Meski begitu ia sudah cukup membahagiakan sebab keunikan yang jarang dimiliki pantai lain. Jika ingin menyaksikannya dari dekat, Teman Traveler harus datang ke Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Wonosari, Gunungkidul.

3. Bertingkatnya Air Terjun Kedung Kandang yang Memikat

Air Terjun Kedung Kandang yang Bertingkat 6 via Instagram/ theguhwe

Air Terjun Kedung Kandang berada di Dusun Gunungbutak, Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Gunungkidul. Ia termasuk air terjun tipe cascade, yakni air terjun bertingkat. Sebanyak enam tingkatannya memanjang dari atas hingga bawah; membentuk aliran raksasa di tengah hijau tumbuhan yang ada di sekitarnya. Unik dan cantik! Untuk naik dari satu tingkatan ke tingkatannya yang lain, pengelola menyediakan tangga. Namun, harus tetap berhati-hati ya. Khawatir licin lalu terjatuh.

4. Air Terjun Luweng Sampang, Indahnya Tersempil di Tebing Batuan yang Eksotis

Air Terjun Luweng Sampang yang Eksotis di Tengah Tebing Batuan via Instagram/ iqbal_musawa

Air terjun di Gunungkidul yang unik dan cantik lainnya, pasti sudah sangat familiar di antara Teman Traveler pecinta curug. Sebabnya, ia memang berbeda. Airnya mengalir, tersempil di antara batuan membentuk tebing yang eksotis. Di bagian bawah terdapat kolam yang bisa dipakai untuk berenang atau berendam. Luar biasa! Untuk membuktikan kecantikannya, Teman Traveler boleh datang ke Desa Sampang, Kecamatan Gedang Sari, Gunungkidul.

5. Air Terjun Talang Purba, Sumber Air Berasal dari Sekitar Gunung Purba Nglanggeran

Air Terjun Talang Purba bagian dari Gunung Purba via Instagram/ jaluksm

Air Terjun Talang Purba lokasinya tidak berjauhan dengan Air Terjun Kedung Kandang. Karakteristiknya pun hampir sama; bertingkat-tingkat. Selain keunikan karakteristiknya yang bertingkat, keistimewaan lain dari air terjun ini adalah ia berasal dari sumber air yang ada di sekitar kawasan Gunung Purba Nglanggeran.

6. Air Terjun Srigethuk yang Bertingkat dan Eksotis dengan Bebatuannya

Berjalan nikmati Air Terjun Srigethuk
Berjalan nikmati Air Terjun Srigethuk (c) Travelingyuk/Rero Rivaldi

Terakhir, air terjun di Gunungkidul yang unik dan cantik adalah Air Terjun Sri Gethuk. Ia memiliki aliran air yang deras, berikut dengan batuannya yang biasa digunakan para pengunjung untuk lompat tebing. Ya. Banyak pengunjung bermain-main air dengan cara melompat dari atas batuan tebing ke arah kolam yang ada di sekitar air terjun. Menyenangkan! Teman Traveler wajib coba! Jika penasaran, bisa datang ke Dusun Mengoran, Desa Bleberan, Playen, Gunungkidul. Tiketnya mulai dari Rp 15 ribu saja.

Jogjakarta, bersama dengan beberapa daerah di sekitarnya selalu punya cara untuk bikin bahagia. Jadi gimana? Tambah cinta sama Jogja? Yuk agendakan bersama teman-teman! Ditunggu ya! Next

ramadan

Lokasi Diving Terbaik di Kepulauan Banda Maluku, Keindahan Salah Satunya Pernah Ditukar dengan Manhattan!

Berendam Air Hangat di Kawah Rengganis Ciwidey, Sensasinya Takjauh Beda dengan Onsen di Jepang Sana!