in ,

Keindahan Air Tejun di Lombok Utara, Oase Sejuk Untuk Para Pengembara

4 Destinasi Air Terjun Lombok Utara

Pesona wisata Pulau Lombok memang tak perlu dipertanyakan lagi. Keindahan pantai berpasir lembut seperti Pantai Senggigi, Pantai Kuta Mandalika dan juga gili-gili yang masih bersih menjadi daya tarik utama bagi wisatawan. Namun tak hanya gili dan pantai, potensi lain yang tak kalah indah juga menanti untuk dikunjungi. Seperti air terjun eksotis yang terdapat di Kabupaten Lombok Utara.

Baca juga : 5 Destinasi Instagenic Gratis di Medan, Feed Rapi Kantong Happy

1. Tiu Pupus

Air Terjun Tiu Pupus [image source]

Tinggi air terjun ini sekitar 50 meter dan wilayah seluas 100 meter persegi. Kolam di bawah air terjun sangat luas, namun kamu harus tetap berhati-hati karena kedalamannya mencapai 4 meter. Tebing curam serta pohon hijau dan rimbun yang terdapat di sini menjadi daya tarik tersendiri. Menariknya, saat menuju Air terjun Tiu Pupus kamu dapat melihat pepohonan kakao di kanan dan kiri jalan.

Kedalaman kolamnya mencapai 4 meter [image source]

2. Tiu Kelep

Air Terjun Tiu Kelep [image source]

Ketinggian air terjun ini mencapai 42 meter. Lokasinya berdekatan dengan Sendang Gile. Selain keindahannya, daya tarik Tiu Kelep datang dari mitosnya. Jika kamu mandi atau mencuci muka di sini, dipercaya awet muda. Jarak perjalanan yang harus ditempuh dengan berjalan kaki pun tak terlalu jauh, hanya sekitar 15-20 menit dari Sendang Gile.

Ketinggiannya mencapai 42 meter [image source]

3. Air Terjun Sendang Gile

Kolam di bawah Air Terjun Sindang Gila [image source]

Air Terjun Sendang Gile memiliki tinggi sekitar 31 meter dan memiliki 2 tingkatan. Destinasi ini berada di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Tepat di kaki Rinjani, kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani yang merupakan gunung tertinggi ke 2 di Indonesia. Dari Tiu Kelep kamu perlu berjalan kaki sekitar 15 menit saja.

Panorama Air Terjun Sindang Gila [image source]

4. Tiu Teja

Keindahan Air Terjun Tiu Teja [image source]

Dalam bahasa lokal Suku Sasak, Teja memiliki arti Pelangi. Pembiasaan cahaya warna warni yang indah seperti pelangi adalah alasan mengapa masyarakat menyebut air terjun tersebut, Tiu Teja. Ketinggian destinasi ini sekitar 40 meter dan lebarnya 10 meter yang masih di kelilingi oleh tumbuhan asri dan lebat.

Jika beruntung kamu dapat menemukan pelangi [image source]

Walaupun keindahan air terjun selalu menggoda untuk turun dan bermain air, tetap berhati-hati ya jangan terlalu dekat dengan jatuhan airnya. Mencari cara agar liburan menjadi seru adalah hal yang pasti dilakukan, namun tetap nomor satukan keselamatan ya. Next

ramadan
Resort Pinggir Tebing di Bali

Resort Bali di Atas Tebing, Menegangkan Sekaligus Menawan

Pulau Lae-Lae, Wisata di Makasar dengan Pesona Bahari yang Tenar