in ,

Keindahan Air Terjun Memesona yang Tersebar di Maluku Utara

4 Air Terjun Indah di Maluku Utara

Maluku tak hanya memiliki Gunung Gamalama sebagai daya tarik wisatanya. Ada juga air terjun, beberapa diantara memiliki pemandangan yang tak biasa. Tersebar di penjuru pulau Halmahera, Provinsi Maluku Utara, membuat pulau terbesar dalam kepulauan Maluku ini memiliki beragam destinasi wisata. Seperti empat air terjun mengaggumkan di bawah ini.

Baca juga : Waroeng D’Carik Bali, Bukber BBQ All You Can Eat Cuma 75 Ribu-an!

1. Air Terjun Kahatola

Tebing-tebing di dekat air terjun Kahatola
Tebing-tebing di dekat air terjun Kahatola [image source]
Air terjun ini terletak di Pulau Kahatola, Loloda, Halmahera Barat. Air yang berasal dari resapan tanah dan hujan, kemudian jatuh langsung menuju lautan. Letaknya yang jauh membuat tempat indah ini tidak diketahui banyak orang. Satu-satunya akses adalah menggunakan perahu dengan jarak perjalanan sekitar 2 jam dari pelabuhan Jailolo.

Jatuhan air terjun Kahatola
Jatuhan air terjun Kahatola [image source]

2. Air Terjun Sigela

Air terjun Sigela
Air terjun Sigela [image source]
Berada di Kota Tidore Kepulauan, Air Terjun Sigela adalah salah satu daya tarik wisata. Meskipun medan untuk sampai ke tempat ini cukup menantang, tapi semua itu akan terbayar setelah sampai di tempat tujuan. Memiliki ketinggian sekitar 60 meter, daya tarik utama dari air terjun Sigela adalah susunan tebing air terjunnya.

Aliran air dari air terjun Sigela
Aliran air dari air terjun Sigela [image source]

3. Air Terjun Sapoli

Air terjun Sipoli
Air terjun Sipoli [image source]
Air terjun dengan ketinggian 7 meter ini tersembunyi di balik Desa Samuda. Dengan sekitar 2 jam perjalanan berjalan kaki melewati savana dan ladang milik warga, air terjun kembar ini dapat ditemukan. Dua titik pancuran air yang ada di tempat ini membuatnya tampak seperti air terjun kembar. Lelah setelah menempuh perjalanan akan terbayar dengan indahnya air terjun ini.

Tempat jatuhan air juga dapat digunakan untuk berendam
Tempat jatuhan air juga dapat digunakan untuk berendam [image source]

4. Air Terjun Cibi Cebi

Jatuhan air terjun Cibi Cebi
Jatuhan air terjun Cibi Cebi [image source]
Limpahan air terjun yang deras ini langsung mengarah menuju Sungai Waci dan bermuara ke laut. Terletak di Halmahera Timur, air terjun Cibi Cebi memiliki ketinggian 14 meter. Perjalanan dapat dimulai dari desa Waci dan berjalak sekitar 7 kilo. Satu-satunya akses adalah menggunakan speedboat dengan waktu kurang lebih tiga puluh menit.

satu-satunya akses dengan menggunakan kapal
satu-satunya akses dengan menggunakan kapal [image source]
Keindahan air terjun di Maluku Utara tidak perlu dipertanyakan lagi. Tak hanya jatuhan air, namun tebing-tebing indahnya juga mampu menjadi daya tarik tersendiri. Setuju, kan? Next

ramadan

Indah dan Mudah Diakses, Air Terjun Paling Cantik di Negeri Sakura

Wisata Alam Untuk Kabur Dari Panasnya Semarang