in , ,

Air Terjun Nyarai, Ada Grand Canyon di Sumbar!

Mengagumi Pesona Alam Eksotis di Air Terjun Nyarai Sumbar

Aliran air di Air Terjun Nyarai
Aliran air di Air Terjun Nyarai via Instagram.com/rimbasatuawan

Sumatra Barat ternyata punya potensi wisata alam yang luar biasa lho Teman Traveler. Betapa tidak, provinsi satu ini ternyata punya Air Terjun Nyarai, destinasi yang kerap disebut-sebut mirip dengan Grand Canyon di Amerika Serikat. Tak percaya? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Baca juga : Legend Star Jatim Park, Sapa Langsung Para Legenda Dunia

Menantang Adrenalin

air terjun nyarai
Bertualang di Nyarai via Instagram.com/omtom__

Air Terjun Nyarai berada di Hutan Gumaran, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Pariaman. Tempatnya cukup sulit dijangkau, dengan sederet tantangan menanti sepanjang perjalanan. Teman Traveler bakal harus menembus hutan belantara dan mengalami sensasi petualangan yang cukup menguji adrenalin.

Butuh waktu kurang lebih tiga jam sebelum Teman Traveler sampai tujuan, tergantung kondisi di lapangan. Kalian bakal melintasi jarak sejauh kurang lebih tiga setengah kilometer. Jangan lupa siapkan fisik dan stamina agar tidak sampai kelelahan di tengah jalan.

Grand Canyon Ala Sumatra Barat

rimba_mjY.jpg
Pemandangannya disebut mirip Grand Canyon via Instagram.com/rimbasatuawan

Begitu sampai di tujuan, semua lelah yang Teman Traveler rasakan dijamin bakal sirna. Pikiran dan pandangan kalian bakal fokus mengagumi indahnya panorama alam asri, guyuran air jernih, dan deretan bebatuan tinggi nan eksotis di depan mata. Saking indahnya, surga alam tersembunyi ini kerap disebut banyak wisatawan sebagai Grand Canyon-nya Sumatra Barat. Setuju?  

ardi_B1R.jpg
Panorama yang memikat via Instagram.com/ardiesensei

Menjulang setinggi delapan meter air terjun ini, sumber di sini takkan pernah kering meski di musim kemarau. Perairannya bakal nampak bercorak kehijauan. Sebaiknya tidak datang saat musim penghujan, lantaran airnya bisa terlihat keruh dan arus sekitarnya bakal makin deras. Tak hanya itu, perjalanan menuju sini bakal lebih sulit dan tidak aman.

Bebatuan nan Eksotis

ardiii_3FC.jpg
Kolam alami nan menyegarkan via Instagram.com/ardiesensei

Bebatuan besar di depan air terjun ini membentuk sebuah kolam dengan corak hijau di bagian dasarnya. Terlihat sangat indah dan eksotis jika dipandang dari kejauhan. Uniknya lagi, di sini Teman Traveler akan menemukan banyak ikan lho. Jika ingin, kalian juga boleh memancing di sini.  

air terjun nyarai
Melompat dari bebatuan via Instagram.com/rifi.naldi

Tak ada yang lebih menyegarkan selain berenang di kolam hijau nan jernih di bawah Air Terjun Nyarai. Sejumlah wisatawan juga kerap melakukan aksi lompat dari tebing dan meniru gerakan Tarzan, bergelayutan di akar pohon. Terlihat asyik dan menyenangkan ya Teman Traveler?

Jalur Menantang

air terjun nyarai
Santai di sekitar air terjun via Instagram.com/ardiesensei

Untuk menuju air terjun ini, Teman Traveler harus menempuh perjalanan sekitar satu jam dari Padang. Setelah itu kalian akan sampai di posko dan diarahkan ke meja registrasi. Berikutnya siapkan biaya pemandu sebesar Rp20.000 per orang. Setelah semua urusan administrasi beres, barulah kalian bisa mulai trekking.

Jalur yang akan dilewati memang sedikit menantang, namun takkan membuat Teman Traveler bosan. Kalian bakal disuguhi panorama hutan rindang, dengan udara sejuk nan memanjakan.

Itulah ulasan mengenai Air Terjun Nyarai, destinasi yang disebut-sebut sebagai Grand Canyon-nya Sumatra Barat. Bagaimana Teman Traveler, cantik bukan? Jika sedang berencana menjelajah wisata Padang, jangan lupa mampir ke sini ya. Next

ramadan
Pantai Watu Dodol Banyuwangi

Watu Dodol, Pantai Persinggahan nan Cantik Jelita

Sajian ayam geprek di Kedai Ubud

Kedai Ubud, Nikmat Anti Bangkrut di Kawasan Wisata Terkenal