in , ,

Watu Dodol, Pantai Persinggahan nan Cantik Jelita

Menjelajah Indahnya Pantai Watu Dodol Banyuwangi

Pantai Watu Dodol Banyuwangi
Pantai Watu Dodol Banyuwangi (c) Rosita/Travelingyuk

Watu Dodol merupakan sebutan untuk pantai dan sebuah batu raksasa di Kabupaten Banyuwangi. Tak hanya suguhkan keindahan Selat Bali, tempat ini juga memiliki serangkaian hal unik. Apa saja? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Baca juga : Pasih Uug Nusa Penida, Terowongan Laut nan Instagenic

Persinggahan Para Pelancong

watu dodol
Spot favorit pelancong untuk beristirahat (c) Rosita/Travelingyuk

Adakah Teman Traveler yang pernah mampir ke Watu Dodol? Pantai ini kerap disinggahi oleh pelancong yang tengah melintasi jalur pantura Situbondo-Banyuwangi. Tempatnya berada pinggir jalan, membuatnya jadi sangat mudah diakses. Tak sedikit pengguna jalan yang mampir ke sini untuk menikmati keindahan sekitar sekaligus beristirahat.

img_20190727121240_ryu.jpg
Keindahan sekitar pantai (c) Rosita/Travelingyuk

Pantai ini sudah lama jadi spot favorit wisatawan dan warga lokal Banyuwangi. Tak hanya saat musim liburan, namun hampir setiap hari destinasi ini selalu dipadati pengunjung.

Lokasinya sangat mudah ditemukan. Sebagai penanda, Teman Traveler akan temukan batu berukuran raksasa di tengah jalan. Selain itu ada sebuah patung penari gandrung besar yang sekaligus menjadi ikon budaya lokal Banyuwangi.

Asal-usul Nama Watu Dodol

img_20190727110949_N5A.jpg
Pantai dilihat dari jalur pantura (c) Rosita/Travelingyuk

Lantas dari mana asal nama Watu Dodol? Konon sebutan ini terinspirasi dari keberadaan batu raksasa yang berada tepat di tengah jalan. Tingginya mencapai sekitar lima meter. Berbentuk panjang dan menyerupai jajan tradisional dodol.

Konon berbagai cara sudah dilakukan untuk memindahkan batu tersebut ke lokasi lain, namun gagal. Oleh karena itu, keberadaannya kini menjadi sangat unik lantaran benar-benar berada di tengah jalan.

Gerbang Masuk Banyuwangi

img_201907271212154_dno.jpg
Patung penari Gandrung (c) Rosita/Travelingyuk

Jika sedang melintas di jalur pantura Situbondo-Banyuwangi, Teman Traveler jangan lupa mampir sejenak ke sini. Tempat ini sajikan panorama alam yang benar-benar memukau. Tidak sedikit yang menjulukinya sebagai gerbang masuk menuju Kabupaten Banyuwangi. Lokasinya berada tak jauh dari Pelabuhan Ketapang.

watu dodol
Pantai dilihat dari arah pantura (c) Rosita/Travelingyuk

Pantai ini berjarak sekitar lima kilometer dari pelabuhan, tepatnya di
Dusun Bangsring, Kecamatan Wonosorejo, Kabupaten Banyuwangi. Tempat ini juga memiliki patung penari gandrung yang nampak begitu jelas dari kejauhan. Kehadirannya seolah memberikan salam selamat datang pada para wisatawan.

Spot Terbaik Menyaksikan Sunrise

watu dodol
Bali nampak jelas dari pinggir pantai (c) Rosita/Travelingyuk

Tak hanya suguhkan panorama alam indah dan barisan bebatuan unik, Watu Dodol juga merupakan salah satu spot terbaik menyaksikan sunrise di Banyuwangi. Usahakan datang pagi-pagi benar agar tidak ketinggalan menyaksikan fenomena alam tersebut. Dijamin tak bakal rugi deh, bangun sejak pagi dan langsung datang ke sini.

watu dodol
Patung penari gandrung (c) Rosita/Travelingyuk

Itulah sekilas ulasan Watu Dodol, pantai favorit sekaligus tempat singgah para pengguna jalur pantura. Yuk, segera wujudkan rencana menjelajah wisata Banyuwangi dan jangan lupa mampir ke sini. Selamat jalan-jalan! Next

ramadan

5 Wisata Sejarah di Semarang, Terlampaui dengan Walking Tour

Aliran air di Air Terjun Nyarai

Air Terjun Nyarai, Ada Grand Canyon di Sumbar!