in , , , ,

Air Terjun Sipiso-Piso, Mutiara Tersembunyi Sumatera Utara

Pesona Air Terjun Sipiso-piso yang Sangat Sayang untuk Dilewatkan!

Ketika mendengar Sumatera Utara, yang terlintas di benak Teman Traveler adalah Danau Toba. Namun, tak hanya itu, Sumatera Utara juga memiliki berbagai pesona alam yang indahnya tidak kalah dengan wisata di daerah lainnya. Salah satu diantaranya adalah Air Terjun Sipiso-Piso. Ketika berkunjung ke Sumatera Utara, wajib hukumnya untuk berkunjung ke sini. Penasaran? Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Baca juga : Memanjakan Pendaki, Gunung Fuji Siap Dipasangi WiFi

Lokasi dan Akses menuju Air Terjun Sipiso-Piso

Keindahan Pemandangan Air Terjun Sipiso-Piso via Instagram @adventurex.id

Air terjun setinggi 120 meter ini terletak di Desa Tongging, Kabupaten Karo, Sumatera Utara dan merupakan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia. Wisata ini berada di sekitar pemukiman dan dikelilingi hutan pinus. Jika ingin menuju ke sini, Teman Traveler yang menempuh perjalanan dari Medan, harus menuju menuju ke Kabanjahe. Setelah sampai di sana, Teman Traveler melanjutkan perjalanan ke utara sekitar 24 km menuju Desa Tongging.

Setelah sampai di pintu masuk, Teman Traveler harus berjalan kaki dan menuruni ratusan anak tangga. Tapi jangan khawatir, pemandangan yang menakjubkan selama turun akan membuat Teman Traveler puas. Selain itu, bagi yang tidak kuat untuk turun ke bawah, Teman Traveler bisa menikmati pemandangan air terjun ini dari pos pengamatan yang letaknya tidak jauh dari pintu masuk.

Atraksi Wisata yang Ditawarkan Air Terjun Sipiso-Piso

Air Terjun Sipiso-Piso Terletak 800 meter Diatas Permukaan Laut via Instagram @keanogass

Air Terjun Sipiso-Piso ini menjadi favorit banyak wisatawan. Tidak hanya lokal, wisatawan mancanegara juga sering mengunjungi tempat ini. Sehingga, air terjun ini bahkan menjadi salah satu destinasi paling diminati wisata lokal maupun mancanegara. Jika berkunjung kesini, pastikan sebelum turun ke bawah, Teman Traveler wajib mengunjungi gardu pandang yang berada di puncak bukit ya.

Dari gardu pandang ini, Teman Traveler bisa menikmati keindahan hamparan Tanah Karo dan Pulau Samosir. Setelah itu, turun ke bawah membutuh waktu kurang lebih 1 jam. Tapi sesampai dibawah, seluruh perjalanan akan terbayarkan oleh keindahan Air Terjun Sipiso-Piso. Pemandangan air terjun yang menyatu dengan hijaunya pohon pinus akan sangat memanjakan mata.

Fasilitas yang Tersedia di Air Terjun Sipiso-Piso

Salah Satu Air Terjun Tertinggi di Indonesia via Instagram @acouplescalling

Menurut penduduk sekitar, Sipisau-Pisau berarti Piso atau dalam Bahasa Indonesia adalah Pisau. Air terjun ini diberi nama demikian karena memiliki ketinggian serta derasnya air mengalir bagaikan sebilah pisau tajam. Fasilitas yang tersedia di sini sudah termasuk lengkap. Mulai dari tempat parkir, tangga untuk turun ke bawah, warung makan, hingga toko cinderamata. Jika Teman Traveler ingin menginap, disekitar Desa Tongging sudah terdapat losmen, guest house ataupun hotel.

Keindahan alam Indonesia memang tidak ada habisnya. Saat pandemi ini berakhir, jangan lupa untuk berkunjung ke Air Terjun Sipiso-Piso ini ya Teman Traveler. Pemandangan serta kesejukan suasananya akan membuat stres selama #dirumahaja hilang seketika. Stay safe! Next

ramadan

Kembalikan Semangat Setelah Puasa dengan 5 Takjil Praktis Bisa Buat #dirumahaja!

Tips Menyelamatkan Diri dari Kebakaran saat Mendaki Gunung