in , , ,

Air Terjun Suwat di Gianyar, Surga Kecil yang Tersembunyi di Bali

fi air terjun suwat

Pulau Dewata selalu menyimpan keindahan alam yang sayang untuk dilewatkan, seperti air terjun Suwat di Gianyar. Surga kecil tersembunyi di Bali, bisa dijadikan referensi liburan bersama keluarga atau teman-teman ketika berkunjung ke sini. Yuk simak ulasan di bawah ini.

Baca juga : Pecel Sukun Sejak 1980-an, Kuliner Legendaris Malang dengan Lokasi Tak Biasa

Surga Kecil

surga kecil
Ilustrasi via instagram tolebaguswiyata

Air Terjun Suwat di Gianyar Bali memiliki keindahan yang belum banyak diketahui, namun selalu menjadi destinasi wisata favorit masyarakat sekitar untuk berakhir pekan. Air terjun surga kecil ini sepenuhnya dikelola oleh Desa Adat Suwat melalui badan pengelola, objek wisata ini juga baru saja dibuka pada tahun 2019 lalu.

Keindahan Alam yang Alami

keindahan alam yang alami
Ilustrasi via instagram rizalelfachri

Teman Traveler saat menginjakkan kaki di air terjun ini akan melihat betapa keindahan alamnya masih alami. Terdapat batu besar yang diukir berbentuk kura-kura, ikan-ikan kecil berenang di dalam kolamnya, dan pepohonan mengelilingi area curug.

Memiliki ketinggian 15 meter dengan kedalaman sekitar 7 meter, suasananya sangat menenangkan dan sejuk. Akses menuju air terjun tidak sulit sebab sudah baik serta memadai.

Festival Air Suwat

festival suwat
Ilustrasi via instagram aryakrisdyantara

Kemudian di Desa Suwat ini terkenal dengan festival air suwat, rutin diadakan setiap pergantian tahun baru masehi. Tradisi yang disebut Siat Yeh telah turun temurun dilakukan dari para leluhur, dipercaya sebagai bentuk pembersihan diri dari hal-hal negatif yang telah terjadi di tahun sebelumnya. Selain itu Siah Yeh merupakan bentuk penghormatan kepada sumber mata air yang konon berkhasiat sebagai pengobatan segala macam penyakit.

Fasilitas, Tiket Masuk dan Lokasi

fasilitas air terjun suwat
Ilustrasi via instagram arjunstory.id

Selanjutnya fasilitas wisata ada area parkir, toilet, spot foto, sewa perahu rakit; pelampung, camping ground, kolam ikan koi, bale bengong dan sebagainya. Tiket masuk Rp 15.000 per orang, dan anak-anak Rp 10.000. Air Terjun Suwat berlokasi di Jalan Pura Dalem, Desa Suwat, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali. Jam operasional wisata 06.00-18.00 WITA, buka setiap hari.

Demikian ulasan Air Terjun Suwat di Gianyar Bali, bisa dijadikan referensi liburan Teman Traveler berikutnya. Jangan lupa selalu menerapkan protokol kesehatan. Next

ramadan

Sungai Pute Maros Diantara Tebing Karst Terbesar di Indonesia Yang Menakjubkan

Fi lokatara beachfront

Lokatara Beachfront di Jepara, Resort yang Punya Kafe Kece Instagramable