in ,

5 Air Terjun Tertinggi di Indonesia, Ada di Kotamu?

Salah satunya airnya bisa membuat awet muda lo

Indonesia memang dikenal dengan kekayaan alamnya yang begitu beragam. Salah satunya adalah air terjun yang tersebar di seluruh daerah. Nah, beberapa di antaranya ada yang termasuk air terjun tertinggi di Indonesia. Kira-kira di mana saja ya? Yuk simak uraiannya di bawah ini. 

Baca juga : Ayam Goreng Mbah Cemplung, Kuliner ‘Mblusuk’ di Jogja yang Istimewa

Air Terjun Sigura-gura 

air terjun tertinggi
Air Terjun Sigura-gura via instagram/rihata27

Air terjun pertama yang tertinggi di Indonesia adalah Sigura-gura. Berlokasi di  Dusun Sigura-gura, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 250 meter.

Dihiasi tebing-tebing di sekelilingnya serta tumbuhan liar membuat Air Terjun Sigura-gura ini terlihat eksotis meski dari kejauhan. Bahkan suara dentuman air yang mengalir deras turut menyejukkan telinga. Aliran air ini bersumber dari Sungai Asahan.  

Air Terjun Madakaripura 

air terjun tertinggi
Air Terjun Madakaripura via instagram/pangeraann_

Selanjutnya predikat air terjun tertinggi disandang oleh Madakaripura. Dengan tinggi 200 meter, Air Terjun Madakaripura bertempat di Desa Branggah, Desa Negororejo, wilayah Kecamatan Lumbang, yang masuk di area Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Air terjun ini selain memiliki daya tarik dari ketinggiannya, ada beberapa mitos yang beredar di masyarakat. 

Pertama, apabila pengunjung datang lebih dari jam dua siang, maka hujan akan datang tiba-tiba dan menyebabkan debit air terjun naik. Kemudian yang kedua, siapa saja yang mengusap wajah menggunakan air dari air terjun ini bisa awet muda. Lalu yang ketiga, bagi wisatawan yang datang dengan niat buruk, kemungkinan akan datang malapetaka bagi dirinya. 

Air Terjun Nokan Nayan 

Air Terjun Nokan Nayan via instagram/harrypurwanto_

Pulau Borneo juga punya air terjun tertinggi bernama Nokan Nayan. Ketinggiannya yang mencapai 180 meter tersebut membuat siapa saja betah berada di sana. Apalagi air terjun ini dilengkapi dengan hamparan hutan hijau dan aliran sungai yang dipenuhi oleh bebatuan.

Menariknya lagi, apabila kalian beruntung, bisa melihat pelangi cantik di antara aliran air yang jatuh ke lembah. Kalau kalian ingin mengunjunginya, bisa datang ke Desa Deme, Kacamatan Ambalau, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat

Air Terjun Penimbungan 

Air Terjun Penimbungan via instagram/ghaninovianto

Di posisi ke empat, ada Air Terjun Penimbungan yang berada di lereng Gunung Rinjani. Teman Traveler hanya bisa melihat air terjun dengan tinggi 110 meter ini apabila mendaki Gunung Rinjani menggunakan Jalur Torean.

Panorama alam yang terpancar dari air terjun ini tentunya tidak perlu lagi untuk diragukan. Dengan tebingnya yang curam serta pemandangan yang ada di sekitar wilayah air terjun ini. Tapi sayangnya, keindahan ini tak bisa kalian lihat dari dekat, karena jalurnya sangat berbahaya. 

Air Terjun Moramo 

Air Terjun Moramo via instagram/stuartcollin

Terakhir, ada Air Terjun Moramo yang berada di Hutan Suaka Alam Tanjung Peropa, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara. Air Terjun Moramo memiliki ketinggian sekitar 100 meter yang berupa air terjun berundak. Dengan lebih dari 7 buah undakan besar dan 60 undakan kecil dan beberapa kolam yang bisa dijadikan tempat untuk pemandian/berendam. 

Undak-undakan air terjun ini memang bisa dinaiki/dipanjat karena merupakan batuan kapur yang tak ditumbuhi lumut, sehingga tidak licin. Tapi tetap waspada, karena bebatuan di pinggiran air terjun ada juga yang licin dan aliran air terjunnya terkadang deras. 

Itulah jajaran air terjun tertinggi di Indonesia. Semuanya memiliki keunikan tersendiri selain dari ketinggiannya yang amat menjulang. Nah, dari deretan air terjun di atas, apakah Teman Traveler pernah mengunjungi salah satunya?  Next

ramadan
Society Coffee

5 Tempat Ngopi di Purwokerto, Ada yang Jadi Tempat Ngumpulnya Seniman

5 Destinasi Wisata Murah di Purwokerto