in ,

Air Terjun yang Langsung Jatuh ke Laut, Patut Dikunjungi Saat Libur Panjang

4 Air Terjun di Tepi Laut

Sebagai negara maritim, Indonesia tentu saja tak pernah kehabisan destinasi wisata air untuk dikunjungi. Pantai bersih dan air terjun yang fantastis semuanya tersedia. Namun bagaimana jika dua hal tersebut dikombinasikan menjadi satu. Nah pemandangan ini dapat kamu temukan kok di Indonesia, karena di negara tercinta kita terdapat air terjun yang langsung jatuh ke laut. Simak ya!

Baca juga : Gudeg Bromo Bu Tekluk di Jogja, Legenda Kuliner Malam Sejak 1984

1. Air Terjun Kahatola, Halmahera Barat, Maluku Utara

Gambar aerial dari Air Terjun Kahatola [image source]
Kahatola berada di tebing tepi laut, sehingga airnya langsung jatuh ke perairan. Sumbernya berasal dari genangan di sebuah cekungan dan merupakan kumpulan embun juga air tanah dari hutan di sekitarnya. Biasanya tempat ini menjadi destinasi lanjutan setelah menyelam di perairan Pulau Loloda.

Air Terjun Kahatola [image source]

2. Air Terjun Mursala, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara

Air Terjun Mursala [image source]
Air terjun ini terletak di salah satu tebing Pulau Mursala di wilayah Tapanuli Tengah. Keunikannya tercipta karena airnya jatuh dari ketinggian 40 meter menuju ke samudera. Sama halnya dengan Kahatola, tempat ini juga tak memiliki sungai sebagai sumbernya. Namun berasal dari resapan air tanah yang terkumpul pada satu cekungan.

Berada di Pulau Mursala [image source]

3. Air Terjun Pantai Nambung, Lombok Barat, NTB

Air Terjun Pantai Nambung [image source]
Berbeda dengan tempat lain, jeram yang jatuh di sini merupakan air asin. Karena berasal dari buih ombak putih yang menerjang karang dan kemudian membentuk aliran air di antara bebatuan. Dari situlah kemudian terbentuk sebuah air terjun asin. Namun karena mengandalkan ombak yang menabrak karang, kamu harus sabar menunggu ya.

Air terjun yang berasal dari pecahan ombak [image source]

4. Air Terjun Panti Banyutibo, Pacitan

Air terjun di Pantai Banyutibo Pacitan [image source]
Air yang jatuh ini berasal dari air sumber yang berada di sekitar pantai sehingga rasa airnya tawar tidak asin. Selain itu kamu dapat menikmati air terjun kapanpun, karena sumbernya tak akan pernah kering walaupun saat musim. Jatuhan jeramnya jatuh tepat di pasir putih dan hanya berjarak beberapa meter saja dengan air laut.

Masih dapat bermain di pasir pantai dan air terjun [image source]
Tak banyak tempat yang memiliki panorama seperti ini. Jika salah satu dari empat poin di atas berada tak jauh dari lokasimu segera coba ya. Jangan lupa ajak teman-teman ya, biar liburan jadi makin seru. Next

ramadan
Homestay murah di Karimunjawa

Tempat Menginap 200 Ribuan di Karimunjawa, Laut Bisa Dilihat dari Jendela

Sendang Asmoro, Wisata di Tuban yang Indahnya Kebangetan