in , , , ,

Alun-Alun Kota Wisata Batu, Apa yang Menarik Ditelusuri?

Alun-alun Kota Batu, Destinasi Menarik Kota Apel yang Sayang Dilewatkan!

Bagi Teman Traveler yang berasal dari luar Kota Wisata Batu, pasti menjadi suatu kewajiban untuk mampir ke Alun-alun kota, kalau sedang berkunjung ke sini. Alun-alun ini menjadi salah satu ikon wisata di kota Batu. Selain itu, Alun-alun ini menjadi taman kota pertama di Indonesia yang berkonsep sebagai sarana rekreasi umum dengan wahana permainan yang menarik, yaitu berupa bianglala yang sangat megah. Tentunya siapapun tahu dimana lokasi alun-alun ini berada. Apa saja sih yang bisa Teman Traveler lakukan di alun-alun ini? Berikut alasannya.

Baca juga : 5 Cafe Instagenic Terbaik 2019 di Indonesia,Nongkrong Cantik di Lokasi Fantastik

Berfoto di Depan Tulisan Identitas Alun-Alun

lrm_export_20190722_210248_Wv2.jpg
Tulisan Alun-alun (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Hal utama yang harus Teman Traveler lakukan saat berada di Alun-alun Kota Batu adalah berfoto pada tulisan identitas tempat ini. Selain tulisan, di depannya juga ada sebuah kolam air mancur dan tanaman bunga yang akan membuat hasil foto Teman Traveler semakin menarik untuk di pajang pada feed instagram.

Naik Odong-Odong

lrm_export_20190722_210322_mzk.jpg
Wahana di Alun-alun (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Alun-alun Kota Batu sangat cocok untuk Teman Traveler kunjungi bersama keluarga khususnya buah hati. Nah, pada Alun-alun Kota Batu ini, ada sebuah wahana odong-odong yang bisa Teman Traveler naiki untuk berputar-putar di sekitar alun-alun. Selain anak-anak, orang tua bahkan anak muda pun boleh naik. Tidak perlu gengsi yang penting asik dan menyenangkan untuk hiburan.

Air Mancur di Bundaran Patung Apel

lrm_export_20190722_210550_18m.jpg
Patung Apel (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Selain berjalan-jalan, Teman Traveler juga bisa duduk di seputaran patung apel yang berada di tengah alun-alun sembari menikmati alam disekitarnya. Terlebih lagi, pada sekeliling patung apel juga ada air mancur yang semamkin memperindah suasana, sehingga duduk di dekatnya pun semakin santai sembari ngobrol bersama teman atau pasangan.

Naik Bianglala dan Komedi Putar

lrm_export_20190722_210459_XBr.jpg
Bianglala (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Maskot Alun-alun Kota Batu sebenarnya bukan hanya patung apel yang ada di tengah alun-alun saja. Tapi kebanyakan orang justru mengenali alun-alun ini dari bianglala yang menjulang tinggi. Saat berada di Alun-alun Kota Batu, belum lengkap kalau Teman Traveler mencoba menaiki beragam wahana tersebut. Tapi bersiap-siaplah mengantri kalau Teman Traveler datang saat weekend.

lrm_export_20190722_210624_txY.jpg
Tempat Pembelian Tiket (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Kalau Teman Traveler mengajak anak-anak bermain di Alun-Alun Kota Batu dan takut diajak naik bianglala, jangan kuatir, karena pada area wahana permainan ini juga disediakan sebuah komedi putar. Hal tersebut tentu sangat menyenangkan terlebih buat anak-anak. Tapi berbeda dengan bianglala yang bebas dinaiki segala umur, komedi putar ini hanya khusus untuk anak-anak.

Bermain Air

lrm_export_20190722_210403_O9a.jpg
Bermain Air (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Alun-alun Kota Batu ini sejatinya memang dibangun sebagai taman bermain yang menyenangkan. Sehingga, pada sisi utara alun-alun Teman Traveler akan menemukan tempat bermain air. Teman Traveler akan mendapati air yang bisa menyemprot ke atas sewaktu-waktu. Tentu tempat ini cocok sekali buat anak-anak yang suka bermain air. Tapi jangan lupa tetap menjaga mereka, mengingat tempat ini lumayan licin jika dalam keadaan basah.

Area Permainan untuk Anak-anak

lrm_export_20190722_210929_Qek.jpg
Area Permainan Anak (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Anak-anak yang suka bermain prosotan dan juga mini outbond, pada bagian timur dekat dengan tulisan Alun-alun Kota Batu ada sebiah area khusus permainan anak. Kalau Teman Traveler membawa anak kecil, paling aman diajak bermain di lokasi ini karena memang didesain sebagai tempat bermain anak dengan lantai karpet yang lembut, dan juga permainan-permainan yang aman tanpa membuat anak takut.

Berfoto dengan Action Figure

lrm_export_20190722_210654_ljX.jpg
Action Figur di Alun-alun (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Ikut menyemarakkan suasana ceria di Alun-alun Kota Batu, beberapa orang dengan berpakaian seperti action figure juga ada di area ini. Mereka menjadi objek foto pengunjung. Jika ingin berfoto dengan replika action figure ini, Teman Traveler cukup memberikan uang seikhlasnya di tempat yang telah disediakan. Tidak hanya action figure, buat yang suka hal-hal seram, Teman Traveler juga bisa berfoto dengan orang berkostum pocong atau kuntilanak yang bisa Teman Traveler temukan juga di area alun-alun.

Berwisata Kuliner

lrm_export_20190722_210729_I9c.jpg
Area Wisata Kuliner (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Hal terakhir dan menjadi kewajiban saat berkunjung ke Alun-alun Kota Batu tentu adalah berwisata kuliner. Alun-alun ini memang sejak dulu terkenal sebagai pusatnya jajanan. Apa lagi sekarang Teman Traveler bisa dengan mudah memilih jajanan apa yang akan dibeli, karena sekarang mereka semua dikumpulkan pada sebuah tempat yang bernama Pasar Laron. Selain itu, Teman Traveler juga dapat membeli beragam oleh-oleh yang bisa ditemui pada area food court.

lrm_export_20190722_210753_UTv.jpg
Rumah Susu (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Salah satu tujuan wajib saat berwisata kuliner di Alun-Alun Kota Wisata Batu adalah Rumah Susu KUD Ganesha. Kedai ini menjual susu segar dan juga olahan susu yang berasal dari susu perahan sapi peternakan masyarakat Kota Batu. Selain itu, terdapat banyak variasi minuman yogurt dan juga kudapan-kudapan kecil lainnya. Tapi minuman yang menjadi favorit adalah susu segarnya sehingga jangan heran jika Teman Traveler akan menemukan antrian yang panjang.

lrm_export_20190722_210821_UOZ.jpg
Kedai Ketan Melegenda (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Tidak hanya itu, salah satu kuliner yang wajib Teman Traveler coba adalah Pos Ketan Legenda. Sesuai namanya, kedai yang menjual ketan dengan berbagai variasi topping ini cukup melegenda. Bahkan banyak wisatawan yang berasal dari kota lain, sengaja datang ke Alun-alun Kota Batu untuk mencicipi ketan legendarisnya. Harga yang ditawarkan pun cukup murah, tidak heran kalau antriannya panjang. Bahkan kadang untuk makan di tempat pun harus rela menunggu antrian meja dan kursi.

lrm_export_20190722_210857_PUH.jpg
Beragam Tempat Nongkrong (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Sementara buat anak-anak muda yang datang ke Alun-alun Kota Batu dan butuh tempat ngopi sambil nongkrong, ada berbagai pilihan tempat nongkrong yang tersedia dekat dengan alun-alun. Bahkan beberapa diantaranya menyediakan live music hampir setiap hari. Salah satu tempat nongkrong hits ialah sebuah coffee shop di seberang Alun-alun Kota Batu pada bagian timur yakni Kopi Letek. Coffee shop ini menghadap langsung ke alun-alun dan seringkali dijadikan spot foto untuk instagramers. Jadi kapan berkunjung langsung ke sini? Next

ramadan

Lava Tour Merapi, Uji Adrenalin dengan Liburan Penuh Tantangan!

Pantai Grigak, Nikmati Birunya Lautan di Atas Tebing Gunungkidul