in , ,

Wisata Murah dan Lengkap di Alun-alun Kota Batu

Berlibur ke Kota Batu tak lengkap rasanya bila tidak mengunjungi Alun-alun Kota Batu. Taman kota ini menawarkan beberapa fasilitas dan wahana wisata yang cukup lengkap. Selain itu, beragam wisata kuliner juga tersedia di tempat ini. Alun-alun ini bisa dibilang destinasi wisata murah, karena pengunjung tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam saat berkunjung ke tempat ini. 

Baca juga : Waduk Wadaslintang, Wisata Alam Serba Ada di Wonosobo

Alun-alun Kota Batu

Salah satu hal menarik yang ada di tempat ini yakni terdapat bianglala yang bisa dinaiki oleh masyarakat umum. Bianglala ini juga menjadi ikon alun-alun. Dari bianglala ini, pengunjung bisa menikmati pemandangan wilayah Kota Batu dari ketinggian.

Bianglala yang menjadi ikon alun-alun Kota Batu. foto Fisca

Salah satu daya tarik alun-alun Batu yakni bianglala yang memiliki nama Ferris Wheel. Menariknya, alun-alun ini juga menjadi satu-satunya alun-alun di Indonesia yang memiliki Bianglala permanen. Bianglala ini memiliki 17 kabin dengan berbagai macam warna, seperti merah, kuning, dan hijau.  Ferris Wheel juga menjadi salah satu spot menarik untuk berfoto. Terutama saat pagi atau sore hari.

Loket pembelian tiket bianglala. foto Fisca

Pengunjung yang ingin menaiki bianglala cukup membayar tiket dengan harga Rp 5 ribu. Satu kabinnya bisa diisi oleh dua hingga tiga orang. Dengan kecepatan cukup lambat, wisatawan bisa puas menikmati suasana Kota Batu dari ketinggian.

Bagi pengunjung yang ingin naik bianglala ini tak perlu khawatir, karena sudah dilengkapi dengan pengaman. Wahana ini juga ramah untuk anak-anak. Tak heran, wisatawan harus mengantre untuk bisa menaiki wahana ini.

Taman bermain di alun-alun Batu. foto Fisca

Di taman kota ini juga dilengkapi dengan play ground yang aman bagi anak-anak. Areanya pun cukup luas, sehingga membuat anak merasa nyaman saat bermain. Tak hanya anak-anak, orang tua juga bisa masuk ke dalam area ini untuk mengawasi langsung aktivitas anaknya. 

Air mancur di alun-alun Kota Batu. foto Fisca

Di salah satu sudut taman kota terdapat spot beberapa air mancur kecil. Wisatawan, khususnya anak-anak bisa bermain air dengan seru disini. Air dengan tekanan rendah akan muncul tiba-tiba. Anak-anak pun akan senang ketika bermain.

Pusat informasi dan toilet umum di alun-alun. foto Fisca

Fasilitas lain yang ada di alun-alun ini yakni adanya pusat informasi dan toilet umum. Menariknya, bangunan kedua tempat ini sengaja dibentuk menyerupai buah-buahan raksasa. Seperti strawberry dan apel. Kedua buah tersebut juga merupakan buah yang kerap dijumpai di kota dingin ini. 

Kawasan bebas asap rokok. foto Fisca

Di alun-alun ini juga terdapat kawasan bebas asap rokok. Hal itu untuk membuat nyaman pengunjung yang merupakan perokok pasif. Terutama menjauhkan dari anak-anak dan ibu hamil. Namun, bagi pengunjung yang merokok, jangan khawatir, karena telah disediakan tempat tersendiri untuk bebas merokok.

Alun-alun Kota Wisata Batu. foto Fisca 

Seperti tempat wisata lainnya, alun-alun Kota Batu juga dilengkapi dengan fasilitas penunjang. Salah satunya ketersediaan lahan parkir. Lahan parkir untuk kendaraan roda dua lebih mudah didapat ketimbang kendaraan roda empat. 

Taman kota ini bisa dikunjungi kapan saja, karena buka selama 24 jam. Bahkan, semakin malam akan semakin ramai pengunjung. Kalau kamu berkesempatan ke Kota Batu, jangan lupa untuk mampir di alun-alun ini.  Next

ramadan
Taman Flora

Taman Flora, Solusi Adem Di Tengah Panasnya Surabaya

Kuliner Khas Klaten

Sate Kambing Tali Roso Pak Tri, Viral Super Panjang!