in

Taman Flora, Solusi Adem Di Tengah Panasnya Surabaya

Taman Flora
Taman Flora

Menjadi kota terbesar ke-2 di Indonesia ditambah cuaca yang sangat panas di Kota Surabaya menjadikan keberadaan taman sangat diperlukan di Kota ini. Untungnya kota yang rutin menyabet adipura dari pemerintah pusat ini mempunyai banyak ruang terbuka hijau dan juga taman-taman yang sangat representatif dan menjadi pusat berkumpul warganya.

Baca juga : Bakso Urat Arema, Penghangat di Tengah Dinginnya Kota Batu

Taman Flora

Salah satu taman yang bisa kita kunjungi saat berada di Kota Surabaya adalah Taman Flora, taman ini berlokasi di Jl. Raya Manyar No. 80A Baratajaya Kecamatan Gubeng. Untuk menuju ke area Taman Flora ini sangat mudah sekali karena berada tepat disamping Terminal Bus dan Angkutan Kota Bratang. Tinggal jalan kaki sebentar dan kita akan menemukan sebuah area yang rimbun menyerupai hutan kota. Kemudian ada apa saja di dalamnya?, ini dia diantaranya.

1. Memiliki Berbagai Jenis Koleksi Tanaman Obat

Taman Flora

Seperti namanya yaitu Taman Flora, taman ini memang lebih dikhususkan untuk pembudidayaan tanaman. Tentu bukan tanaman sembarangan yang ditanam di sini, kita bisa menemukan tanaman toga atau tanaman obat di bagian depan area taman. Kita diperbolehkan melihat-lihat tanaman ini, tapi jangan sampai memetiknya karena akan merusak tanaman dan juga keindahan taman.

Taman Flora

Tanaman Toga yang ditanam di area taman ini jumlahnya lumayan banyak. Setiap tanaman yang ditanam dilengkapi dengan sebuah kertas informasi yang tertulis tentang tanaman apa dan manfaat yang bisa diambil dari tanaman tersebut. Hal ini tentu sangat membantu kita untuk lebih tau tentang manfaat sebuah tanaman untuk pengobatan. Selain itu di Taman Flora ini bisa juga dijadikan tempat belajar siswa-siswi mengenai tanaman obat.

2. Memiliki Beberapa Koleksi Hewan

Taman Flora

Walaupun namanya Taman Flora, tapi kita juga bisa menemukan beberapa jenis koleksi hewan di tempat ini. Jika kita ke arah sisi kiri Taman Flora, tepat di ujung kita akan menemukan sebuah kandang Rusa Tutul yang jumlahnya lumayan banyak. Rusa tutul ini adalah hewan dilindungi yang berasal dari India. Di Taman Flora ini rusa-rusa tersebut hidup sangat layak, karena pengelola rutin membersihkan kandang dan juga diberi makan setiap pagi, siang, dan sore. Kita juga bisa memberi makan rusa-rusa ini dengan rumput yang disediakan di pinggir pagar kandang.

Taman Flora

Bergeser sedikit dari area kandang rusa tutul, tepat di sebelahnya ada sebuah kandang rusa jawa. Rusa dengan warna coklat polos ini juga ada banyak ekor yang hidup di kandang lokasi taman ini. Tentunya mereka juga hidup sangat layak karena pengelola sangat memerhatikan kebersihan kandang, makanan, dan juga kesehatan hewan-hewan ini.

Taman Flora

Bergeser ke depan jajaran kandang rusa dan masih di lokasi yang berdekatan, kita bisa menemukan sebuah sangkar burung besar yang di dalamnya ada beberapa burung yang menghuninya. Salah satu yang terlihat adalah burung elang jawa. Walaupun dipelihara di dalam sangkar, tapi sangkar yang ada sangat besar dan juga terdapat pepohonan di dalamnya sehingga burung-burung itu merasa hidup di habitat aslinya, yaitu hutan yang luas. Sama halnya dengan rusa-rusa tadi, pengelola juga rutin memberikan makanan untuk burung-burung ini.

3. Menjadi Taman Bermain Yang Mengasikkan

Taman Flora

Taman Flora yang luas, rindang, dan sangat terjaga kebersihannya ini juga menyediakan beberapa titik tempat bermain untuk anak-anak menikmati waktunya berekreasi di taman ini. Di sisi kanan pintu masuk depan kita akan menemukan sebuah tempat bermain outbond untuk anak-anak. Bermain di tempat ini tidak akan membuat anak-anak cepat lelah, karena lokasinya tepat di bawah pepohonan besar yang sangat rindang.

Taman Flora

Selain itu jika kita berjalan memutar ke belakang menuju arah pintu belakang dan juga parkir kendaraan, kita juga bisa menemukan area bermain anak yang lainnya berupa ayunan. Sama halnya dengan spot tempat main anak yang lainnya di taman ini, tempat ayunan ini juga sangat rindang yang membuat anak-anak nyaman bermain, kita pun dengan santai bisa menunggu mereka.

4. Tempat Bersantai Melepas Lelah

Taman Flora

Walaupun sudah dilengkapi banyak tanaman yang bermanfaat tumbuh di Taman Flora ini, tentu bukan sebuah taman namanya kalau tidak ada tanaman indah dan juga tatanan yang menarik di dalamnya. Di tengah Taman Flora ini terdapat bangunan air mancur yang selalu mengalirkan airnya sepanjang hari, sehingga suasana semakin sejuk berpadu dengan pepohonan rindang di sekelilingnya.

Taman Flora

Untuk bersantai menikmati suasana di Taman Flora, kita disediakan beberapa titik tempat duduk. Salah satu yang menjadi pilihan tepat adalah duduk di area dekat dengan air mancur sambil mengobrol menikmati suara gemricik air mancur. Tempat duduk di area ini dilengkapi dengan atap dari jerami yang membuat kita tetap adem saat duduk bersama teman-teman.

5. Banyak Tanaman Dan Pepohonan Jenis Lain

Taman Flora

Tanaman obat yang ada di Taman Flora ini memang hanya ada di bagian depan taman saja, tetapi kita masih bisa menikmati jenis-jenis tanaman indah lainnya di seluruh bagian taman ini. Ada bunga bugenvil, palem, mawar, dan masih banyak lagi. Yang tidak ketinggalan adalah hamparan rumput yang menghijau di seluruh bagian taman.

6. Bisa Jogging Di Area Taman

Taman Flora

Karena luas area Taman Flora yang mencapai 33.810 meter persegi membuat taman ini juga bisa menjadi pilihan kita untuk melakukan olahraga jogging di pagi atau sore hari. Ditambah adanya track berjalan yang lumayan luas dan mengitari area taman bisa kita manfaatkan untuk jogging. Selain itu pepohonan yang rimbun akan membuat udara yang kita hirup menjadi sangat bersih.

Untuk datang ke Taman Flora ini kita tidak dipungut biaya masuk atau karcis. Tapi kita hanya akan diminta membayar parkir, dan area parkirnya tepat di bagian belakang Taman Flora menyatu dengan lokasi food court yang sangat lengkap. Selamat menikmati rimbunnya Taman Flora, dan jangan lupa selalu menjaga kebersihan. Next

ramadan
fi tumpeng menoreh

Tumpeng Menoreh di Kulon Progo, Wisata Baru Dengan View Indah

Wisata Murah dan Lengkap di Alun-alun Kota Batu