in ,

Marak Gelombang Tinggi, Apakah Ancol Bebas Tsunami?

Kawasan Ancol Dikhawatirkan Terdampak Tsunami Selat Sunda

Kawasan Pantai Ancol
Kawasan Pantai Ancol via Instagram.com/bersapedahan

Bencana diakibatkan gelombang tinggi belakangan menerpa daerah sekitar Banten dan Lampung. Masyarakat pun dibuat risau, apalagi mereka yang berencana menghabiskan akhir tahun dekat pantai. Khusus bagi warga sekitar Jakarta pertanyaannya adalah, apakah Ancol bebas Tsunami?

Baca juga : Sumber Jenon, Keindahan Telaga Bertuah

Kerisauan tersebut memang bukan tanpa alasan. Menjelang akhir tahun, cuaca di Indonesia cenderung mendung disusul hujan deras dan angin besar. Lantas apakah benar Ancol bebas Tsunami? Berikut penjelasannya.

Tsunami Selat Sunda Tak Sampai ke Ancol

Kawasan Pantai Ancol
Kawasan Pantai Ancol via Instagram.com/gadingdronepilots

Kegelisahan masyarakat soal bencana tsunami di sekitar Banten dan Lampung ternyata sudah ditangkap oleh manajemen Ancol. Pengelola salah satu kawasan wisata populer ibu kota tersebut lantas mengadakan komunikasi dengan Sutopo Purwo Nugroho. Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB tersebut kemudian memberi pernyataan melegakan.

Sutopo dengan tegas menyatakan bahwa Tsunami Selat Sunda takkan merangsek hingga ke kawasan Ancol, sebagaimana dilansir Kompas Travel. Ia menjelaskan bahwa informasi soal ancaman gelombang tinggi bisa diakses masyarakat di laman resmi BMKG.

Pengamanan Ekstra

Ilustrasi menara lifeguard
Ilustrasi menara lifeguard via Instagram.com/globaltrippin

Terlepas dari pernyataan Sutopo, manajemen Ancol juga sudah menyiapkan prosedur khusus andai terjadi hal-hal tak diinginkan. Sederet lifeguard alias petugas penjaga pantai ditempatkan di beberapa titik. Mereka bakal terus mengawasi kondisi sekitar pantai dan memberi pertolongan segera jika terjadi kecelakaan.

Para lifeguard juga akan dipersenjatai sistem pengeras suara. Mereka bisa memanfaatkan fasilitas ini untuk membuat pengumuman di lokasi, andai ada pengunjung yang butuh pertolongan atau terlihat berenang melewati batas yang sudah ditentukan.

Jalur Evakuasi

Kawasan wisata Ancol
Kawasan wisata Ancol via Instagram.com/bersapedahan

Tak hanya sampai di situ, pengelola Ancol juga sudah menyiapkan beberapa jalur evakuasi jika sewaktu-waktu terjadi keadaan darurat. Titik yang dimaksud antara lain lahan parkir Carnaval, parkir tengah, parkir Dufan, dan parkir Allianz Ecopark.

Pengunjung tak perlu khawatir apalagi panik. Jika memang terjadi kondisi darurat, para petugas atau lifeguard akan memandu semua orang untuk perlahan meninggalkan lokasi lewat jalur-jalur yang sudah ditentukan.

Peringatan Gelombang Tinggi

Daerah Ancol di malam hari
Daerah Ancol di malam hari via Instagram.com/dedy_s29

Sesuai pernyataan Sutopo, informasi peringatan wilayah yang terancam gelombang tinggi bisa diakses di laman resmi BMKG. Semua keterangan dan citra pantauan satelit jelas nampak di sana.

Hingga berita ini diturunkan, beberapa kawasan yang diprediksi rawan terkena gelombang tinggi antara lain Sumatera bagian selatan, Kalimantan sebelah utara, Sulawesi bagian utara, Jawa bagian selatan, dan sebelah utara Papua.

Demikian sedikit penjelasan mengenai apakah Ancol bebas tsunami atau tidak. Semoga hal ini bisa menepis kerisauan Teman Traveler yang hendak berlibur ke sana. Namun ingat, tetap waspada dan jaga keselamatan selama jalan-jalan. Next

ramadan
ia Instagram/laparlagimakanlagi

Agung Bakso Reog di Surabaya yang Megelenda, Ludes Kurang dari 4 Jam!

Wisata di Lombok Pilihan Beby Tsabina

Wisata di Lombok Pilihan Beby Tsabina, Jalan-jalan Seru Bareng Keluarga