in ,

Kontruksi Tak Layak, Atap SD Gentong Pasuruan Ambruk

Peristiwa ambruknya atap SD di Pasuruan karena kuntruksi bangunan yang tidak sesuai

Atap SD Gentong Pasuruan ambruk, peristiwa ini terjadi pada Hari Selasa sekitar pukul 08.30 WIB. Tragedi yang menewaskan 2 orang guru dan siswa, serta korban siswa 11 luka-luka. Diduga kontruksi bangunan yang tak layak menjadi penyebab. Bagaimana peristiwa ini terjadi? Mari kita simak berita di bawah ini.

Baca juga : Castle Black Bandung: Unik ala Game of Thrones, Bisa Cicipi Jon Snow!

Merobohkan 4 Ruang Kelas

Atap ambruk [image source]

Kronologi peristiwa atap ambruk SD Gentong Pasuruan ini terjadi secara tiba-tiba, saat sedang dilakukannya kegiatan belajar mengajar. Bangunan ambruk ini menimpa empat ruang kelas yaitu kelas II A, II B, V A dan VB.

Dan menewaskan 1 orang guru pengganti di kelas V A dan 1 siswi di kelas II B, sedangkan korban luka-luka ada 11 dan sudah dievakuasi ke RSUD dr R Soedarsono. 

Digital Forensik Dikirim Untuk Menyelidiki Bangunan

Mengidentifikasi atap ambruk [image source]

Pihak digital forensik akan mengidentifikasi pondasi bangunan SD yang berada di Jl. Kyai Sepuh 49, Kelurahan Gentong, Kecamatan Gadingrejo Kota Pasuruan ini. Tim akan mencari apa sebab ambruknya atap sekolah, juga dari titik mana saja penyebabnya.

Pihak digital forensik selain itu akan meminta keterangan pihak-pihak yang dinilai bertanggungjawab atas insiden ini.

Kerangka Bangunan Tidak Sesuai Spesifikasi

Ilustrasi ruang kelas via Shutterstock

Dugaan sementara penyebab ambruknya atap adalah akibat rangka dari galvalum penahan genteng tidak kuat menahan beban dan tidak sesuai dengan spesifikasi teknis kerangka bangunan. Dalam tragedi ini tidak adanya hujan dan angin sebagai pemicu lain.

Bangunan Telah Lama Direnovasi

Garis polisi di SD Gentong Pasuruan [image source]

Menurut Kasi pendidikan Dasar Diknas Kota Pasuruan, Atap galvalum tersebut telah lama direnovasi pada tahun 2013. Sedangkan bangunan utama sekolah sudah sangat lama dilakukan renovasi. Di lokasi kejadian saat ini telah dipasang garis polisi agar tidak ada warga sekitar yang masuk ingin melihat.

Untuk saat ini kegiatan belajar mengajar sementara di liburkan sampai waktu yang belum ditentukan.

Demikian peristiwa atap ambruk SD Gentong Pasuruan. Mari kita doakan semoga keluarga korban tewas diberi ketabahan dan korban luka-luka diberi kepulihan. Tetap hati-hati ya Teman Traveler saat berada di dalam ruangan.
Next

ramadan
FI Sikerei Mentawai instagram @erisonjkambari

Kekuatan Magis Sikerei, Tabib Penyembuh Suku Mentawai

Kedai Menoreh Pak Rohmat, Kopi yang Dirawat dengan Cinta