in ,

Situs Warungboto, Bekas Rumah Peristirahatan Keluarga Kerajaan Jogja yang Dikunjungi Audi Marissa

Audi Marissa Singgah di Situs Warungboto, Pesanggrahan yang Mirip Taman Sari

Situs Warungboto Dikunjungi Audi Marissa
Situs Warungboto Dikunjungi Audi Marissa

Memanfaatkan waktu di tengah kesibukannya sebagai seleb, Audi Marissa belum lama ini terlihat tengah liburan di Jogjakarta. Pesinetron cantik tersebut menyempatkan diri mengunjungi Warungbroto, situs bersejarah yang kini jadi cagar budaya di Kota Gudeg.

Baca juga : Oleh-oleh Khas Rembang, Buah Tangan untuk Keluarga Tersayang

Audi Marissa lantas memanfaatkan kesempatan yang ada untuk menjelajahi kawasan Warungbroto secara maksimal. Yuk, kita simak galeri foto Sang Seleb sembari menelusuri lebih dalam sejarah situs bersejarah tersebut. Siapa tahu bisa jadi inspirasi liburan Teman Traveler.

Bekas Rumah Peristirahatan Keluarga Kerajaan

Bekas Tempat Peristirahatan Keluarga Kerajaan via Instagram @cherrydreamy
Bekas Tempat Peristirahatan Keluarga Kerajaan via Instagram @cherrydreamy

Warungboto aslinya bernama Pesanggrahan Rejowinangun. Dulunya difungsikan sebagai tempat peristirahatan keluarga kerajaan. Di dalamnya terdapat kolam pemandian, taman, kebun, dan mushola.

Menurut catatan sejarah, situs ini dibangun pada era kekuasaan Sri Sultan Hamengku Buwono I dan Sri Sultan Hamengku Buwono II, sekitar tahun 1785. Beberapa sumber menyebutkan Sri Sultan Hamengku Buwono II beberapa kali sempat beristirahat di Warungboto.

Mirip Taman Sari

Mirip Taman Sari via Instagram @audimarissa
Mirip Taman Sari via Instagram @audimarissa

Dilihat sekilas, bangunan Warungboto hampir mirip dengan Taman Sari. Mulai dari lorong, bentuk ruang, dinding, tangga, maupun posisi kolamnya. Keduanya juga punya fungsi sama, sebagai tempat pemandian sekaligus peristirahatan keluarga kerajaan.

Meski demikian, kompleks Warungboto tidak seluas Taman Sari. Selain itu, kolamnya berbentuk bulat dan kotak di dalamnya tidak terisi air.

Bangunan Cagar Budaya Jogja

Bangunan Cagar Budaya Jogja via Instagram @chan_ikhsan93
Bangunan Cagar Budaya Jogja via Instagram @chan_ikhsan93

Pesanggrahan Rejowinangun telah masuk dalam Daftar Bangunan Cagar Budaya Jogjakarta sejak tahun 2010. Sempat terbengkali, hingga akhirnya muncul inisiatif untuk melakukan perombakan di beberapa bagian. Warungboto juga sempat rusak parah ketika Kota Pelajar diguncang gempa tektonik 2006 silam. Hingga kini renovasi masih terus berjalan demi mempertahankan nilai-nilai historisnya.

Menuju Situs Warungboto

Situs Warungboto Terletak di Tengah Kota Jogja via Instagram @audimarissa
Situs Warungboto Terletak di Tengah Kota Jogja via Instagram @audimarissa

Cukup banyak pelancong yang puaskan diri berfoto-foto di Warungboto yang memang instagenic. Bahkan ada yang menjadikannya sebagai lokasi foto pre-wedding. Jika tertarik berkunjung ke Pesanggrahan Rejowinangun, Teman Traveler bisa meluncur ke Kelurahan Warungboto, Kecamatan Umbulharjo, Jogja.

Tidak akan sulit menemukan lokasi bangunan bersejarah ini. Teman Traveler bahkan bisa mencapainya dengan berjalan kaki sekitar 15 menit dari Balai Kota Jogja. Tapi sebaiknya datang pagi atau sore hari, agar tidak terkena terik matahari.

Itulah sedikit ulasan mengenai sejarah dan daya tarik situs Warungbroto, tempat yang jadi destinasi liburan pilihan Audi Marissa di Jogjakarta. Tertarik mengikuti jejang Sang Seleb? Tunggu apa lagi, segera rencanakan jalan-jalan ke Kota Gudeg. Next

ramadan

Destinasi Asia Terpopuler 2019 di Mata Milenial, Indonesia Kalahkan Jepang!

Soto legendaris di Malang

6 Soto Legendaris di Malang, Amunisi Jalan-jalan Agar Tetap Kenyang