in , ,

Ayam Bali Tulen, Sajian Bakaran Bercita Rasa Pulau Dewata yang Kental

Ayam Bali Tulen Berpadu Mantap dengan Sambal Matah

Sajian nikmat ala Ayam Bali Tulen
Sajian nikmat ala Ayam Bali Tulen (c) Helga Christina/Travelingyuk

Ayam bakar termasuk salah satu kuliner paling diminati di Indonesia. Namun tentunya ada racikan khusus yang membuat rasa ayam bakar di masing-masing warung atau restoran berbeda. Nah, jika Teman Traveler sedang berada di Bali, jangan sampai melewatkan kesempatan mampir ke kedai Ayam Bali Tulen.

Baca juga : Daftar Spot Snorkeling di Banten, Lokasi Seru untuk Sapa Penghuni Laut

Bagian depan kedai (c) Helga Christina/Travelingyuk

Warung sederhana ini menawarkan ayam bakar khas Bali dengan rasa istimewa. Saking terkenal lezat, sudah memiliki beberapa cabang di seantero Pulau Dewata. Seperti apa? Yuk, simak penjelasan selengkapnya.

Lokasi Ayam Bali Tulen

Seporsi ayam bakar yang menggoda selera (c) Helga Christina/Travelingyuk

Kelezatan ayam bakar ala Ayam Bali Tulen sudah cukup dikenal oleh lidah masyarakat Bali. Total mereka sudah punya tiga cabang di kawasan Kuta Selatan. Selain di Jalan Dharmawangsa no 195, Teman Traveler juga bisa menemukannya di Taman Giri no 39 dan Bali Cliff, Ungasan.

Suasana di dalam warung (c) Helga Christina/Travelingyuk

Saya sendiri sempat mampir ke cabang di Dharmawangsa. Tapi jika Teman Traveler beniat untuk jalan-jalan usai makan, bisa mampir ke cabang di Bali Cliff. Jaraknya hanya sekitar 10 menit dari komplek Garuda Wisnu Kencana.

Menu Andalan

Seporsi sajian ayam bakar lezat (c) Helga Christina/Travelingyuk

Ayam Bali Tulen cabang Dharmawangsa buka dari Senin sampai Jumat, pukul 11.00 hingga 00.00. Jika Teman Traveler kelaparan di malam hari, pas sekali untuk mampir ke sini. Tempatnya memang tidak terlalu besar, cukup minimalis. Namun bukan berarti tidak nyaman.

Begitu masuk, Teman Traveler bisa langsung menuju kasir untuk membuat pesanan dan melakukan pembayaran. Tak sampai lima menit, makanan akan diantar ke meja kalian. Sesuai tren, menu-menu di sini cukup bervariasi. Kalian bisa memilih ayam bakar, ayam bakar madu, lele bakar, lele goreng, serta tempe tahu goreng, bakar, atau crispy. Oh ya, mereka juga menyediakan sajian ayam geprek lho.

Nikmatnya Ayam Bakar Madu

Ayam Bakar Madu (c) Helga Christina/Travelingyuk

Menu yang wajib dipesan di Ayam Bali Tulen adalah Ayam Bakar Madu. Paket hemat lalapan ini terdiri dari ayam bakar madu, nasi, lalapan, dan segelas es teh. Untuk mendapatkannya, Teman Traveler cukup merogoh kocek Rp25.000 saja.

Sambal merah dan sambal matah (c) Helga Christina/Travelingyuk

Soal rasa jangan ditanya, terasa manis dan enak. Menurut saya, yang membuatnya terasa spesial adalah sambalnya. Masing-masing porsi lalapan diberi dua pilihan sambal sekaligus, merah atau matah. Sambal Matah sendiri merupakan sambal khas Bali, berisi bawang merah, serai, cabai, dan bahan lain yang sudah dicincang.

Rasnanya sangat enak ketika dipadukan dengan ayam bakar lho. Bikin ketagihan dan ingin nambah terus. Sesuai namanya, kedai ini benar-benar menyajikan olahan ayam nikmat dengan rasa yang Bali banget.

Itulah sekilas ulasan mengenai Ayam Bali Tulen. Bagi Teman Traveler yang mendambakan cita rasa khas Pulau Dewata, dengan harga tak menguras kantong, tempat ini bisa dijadikan pilihan. Next

ramadan

Written by Helga Christina

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Ekowisata Mangrove Bira

Jelajah Jembatan Pelangi dan Indahnya Mentari di Ekowisata Mangrove Bira

Menginap di The Dome Lombok, Rasakan Sensasi Bermalam di Dalam “Tempurung”