in ,

Berencana Mudik Pakai Kereta? Berikut Ketentuan Bagasi Berbayar dari PT KAI

Sebelum pulang kampung, wajib perhatikan lebih dulu tentang ketentuan bagasi kereta mudik ini!

Bagasi mudik lebaran 2019

Lebaran sudah semakin dekat. Nggak heran beberapa dari Teman Traveler sudah ada yang memesan tiket untuk mudik nanti. Jika kalian memilih menggunakan kereta untuk pulang ke kampung halaman, ada berita penting nih. Sebelum bepergian, ada baiknya untuk menyimak informasi seputar ketentuan bagasi kereta mudik dari PT KAI yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Baca juga : Sumringahnya Cita Citata Traveling ke Amerika, Bikin Pengin Liburan Juga

Batas Maksimal Bagasi

Ilustrasi Mudik, via Instagram/pratama_mayang

Kalau pulang kampung baik menggunakan bus, pesawat, kapal, atau kereta pastilah membawa barang bawaan, baik oleh-oleh untuk sanak keluarga atau keperluan lainnya. PT KAI menghimbau kepada para pemudik untuk memperhatikan barang bawaan secukupnya saat lebaran mendatang. Pemudik akan dikenakan batas bagasi gratis seberat 20 kilogram.

Adanya Biaya Tambahan Untuk Muatan Berlebih

Mudik menggunakan kereta, via Instagram/setyobagus46

Seperti yang diberitakan oleh Tribunnews, Agus Komarudin selaku Vice President Corporate Communication PT KAI menyampaikan barang bawaan 20 kg tersebut memiliki volume maksimum 100 dm3, dengan dimensi maksimal 70x48x30 cm. Jika lebih besar dari ukuran tersebut, bagasi tidak diperbolehkan untuk dibawa. Namun jika muatan berlebih, akan dikenakan tarif tambahan.

Peraturan Telah Ada Sejak Lama

Mudik menggunakan kereta, via Instagram/tentangjawabarat

“Jika melebihi batas barang bawaan yang telah ditentukan tersebut, akan kami kenakan biaya tambahan, sebesar Rp10000 per kg untuk kelas eksekutif. Lalu, Rp6000 untuk kelas bisnis, dan Rp2000 untuk kelas ekonomi” ujar Agus.

Dikutip dari Wartakota, ketentuan bagasi kereta mudik sebenarnya telah berlaku sejak tahun 2016 lalu. Namun bagi Teman Taveler yang baru pertama kali mudik dengan kereta, patut menyimak informasi mengenai peraturan barang bawaan yang telah diterapkan. Selain melayani tiket secara offline, PT KAI juga memberlakukan tiket mudik lebaran 2019 secara online melalui laman resmi dan aplikasi e-commerce lainnya.

Sudah Ada Tiket yang Hampir Habis

Pembelian tiket, via Instagram/koranjakarta.id

Setelah membuka penjualan tiket sejak tanggal 25 Februari lalu, Agus menyebutkan penjualan tiket masih belum siginifikan. Untuk hari kedua, baru mencapai 6 persen pada H-9 atau keberangkatan 27 Mei. Namun, beberapa KA Ekonomi ada yang telah mencapai angka penjualan sebanyak 60 persen. Kereta tersebut ialah KA Bengawan (Pasar Senen-Purwosari), KA Brantas (Pasar Senen-Blitar), KA Matarmaja (Pasar Senen-Malang) dan KA Gayabaru Malam (Pasar Senen-Surabaya Gubeng).

Itulah informasi singkat seputar ketentuan bagasi kereta mudik 2019. Jangan lupa untuk membawa barang secukupnya dan hati-hati selama diperjalanan. Segera pesan tiket agar tak kehabisan ya! Next

ramadan

Berkunjung ke Kuil Gantung di China Berusia 1500 Tahunan Ini, Berani?

Es Durian Pak Kasdi

Es Durian Pak Kasdi yang Legendaris, Segarkan Wisatawan Purbalingga Sejak 1969