in , ,

Viral Pegawai Starbucks, Waspadai Sekian Bahaya Ini Saat Nongkrong di Tempat Ngopi

Bahaya ini bisa saja terjadi kepada siapa saja, kapan saja dan dimana saja. Terasuk kedai kopi!

Baru-baru ini beredar video pagawai salah satu kedai kopi populer menyalahgunakan CCTV untuk berbuat tindakan tidak senonoh kepada pelanggan mereka. Tidak hanya itu, terdapat juga berbagai kejadian berbahaya yang mungkin saja terjadi saat Teman Traveler nongkrong di kedai kopi. Beberapa hal berikut yang kerap terjadi di kedai kopi membuat Teman Traveler harus lebih waspada saat nongkrong dengan teman maupun mengerjakan tugas di kedai kopi!

Baca juga : Tips Mudik via Tol, Pulang Kampung Nyaman Tanpa Kendala

Pencurian Tas

Nongkrong dengan Teman di Kafe via Instagram @yogi_irfandi

Kasus pertama yang kerap mengintai dan terjadi di kedai kopi ialah pencurian tas. Kejadian ini juga sempat menjadi perhatian pihak kepolisian. Tidak hanya di Indonesia, kejadian ini juga menyerang negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Modus dari pelaku adalah menggeser tas korban yang ditaruh dibawah kemudian dibawa lari. Jika nongkrong di kedai kopi, Teman Traveler disarankan untuk menaruh tas dan barang bawaan di tempat yang bisa dipantau seperti pangkuan.

Pencurian Handphone

Ilustrasi Barista via Instagram @ninetyscoffee

Tidak hanya pelanggan, barista yang menyiapkan kopi pesanan juga mengalami kejahan ini di kedai kopi miliknya. Walaupun kedai dilengkapi dengan cctv namun penjahat berkedok pembeli ini mengambil telepon genggam milik barista yang ditaruhnya pada meja kasir. Kejadian ini berlangsung yakni sekitar bulan Januari 2020 lalu di Bintaro sektor 5. Pelajaran penting bagi barista di kedai kopi yang lain untuk tidak menaruh barang berharga di tempat yang kerap dilihat pelanggan seperti kasir.

Pencurian Data Pribadi

Ilustrasi Kafe via Instagram @kesifmekan

Kedai kopi biasanya kerap menyediakan layanan internet gratis kepada pelanggan. Tidak hanya kopinya yang lezat, fasilitas ini juga menjadi salah satu daya tarik pembeli untuk mengerjakan tugas maupun nongkrong bersama teman-teman di kedai mereka. Salah satu kedai kopi yang menyediakan fasilitas ini melakukan uji coba kepada pelanggan.

Baiknya sang barista yang melakukan aksi ini memberitahu hasil uji coba kepada pelanggan yang diincarnya. Barista yang melakukan hal tersebut kemudian memberitahukan kepada pelanggannya untuk selalu berhati-hati jika menggunakan fasilitas wifi umum. Bayangkan kalau data di handphone dan laptop Teman Traveler disalahgunakan. Tetaplah berhati-hati ya.

Pengintaian CCTV

Starbucks Coffee via Instagram @kzodiack

CCTV biasanya menjadi hal yang akan sangat membantu jika terjadi pencurian sehingga dapat membantu pihak berwajib untuk mengidentifikasi dan memenjarakan pelaku. Namun pada 2 Juli 2020, salah seorang petugas kedai kopi yang sangat populer di kalangan pecinta kopi melakukan tindakan tidak senonoh bahkan termasuk dalam tindakan pelecehan seksual kepada pelanggan wanita dengan mengintip payudara pelanggan menggunakan CCTV, direkam menggunakan handphone dan upload di media sosial. Manajemen Starbucks pun langsung menindak tegas pelaku.

Beragam kejadian tersebut dapat terjadi dimana saja, kapan saja dan kepada siapa saja. Teman Traveler harus tetap waspada dan berhati-hati jika tengah nongkrong atau mengerjakan tugas di kedai kopi dan bahkan di tempat umum. Perhatikan barang bawaan hingga perangkat yang akan Teman Traveler gunakan untuk menggunakan fasilitas wifi di area tersebut. Next

ramadan

Deretan Maskapai Ini Siapkan Layanan Rapid Test, Ini Harganya!

Rokettobus, Keliling Kota Malang Pakai Kafe Berjalan!