in ,

Bakmi Kadin di Jogja, Kuliner Sesepuh Kota Gudeg dengan Usia Hampir Sama dengan Indonesia

Sesepuh Kuliner di Jogja, Bakmi Kadin yang Tak Buka Cabang di Mana pun

ia Instagram/lensaaki
ia Instagram/lensaaki

Bakmi jawa merupakan salah satu kuliner lain yang bisa banget kamu cicipi saat sedang traveling ke Jogja, selain gudeg. Merupakan sajian asli Jawa Tengah dan juga Jogja. Karena itulah, keberadaanya sangat mudah untuk ditemukan. Bakmi Kadin merupakan salah satu tempat yang banyak direkomendasikan jika ingin mencicipi bakmi Jawa dengan cita rasa melegenda. Penasaran seenak apa? Baca terus, ya.

Baca juga : Kafe Outdoor di Semarang dengan Pemandangan Keren Siang Malam

Bakmi Kadin Sudah Ada Sejak Tahun 1947

Pemasakan tradisional, via Instagram/sylviatamsir
Pemasakan tradisional, via Instagram/sylviatamsir

Bakmi Kadin sudah melayani para penggemarnya sejak tahun 1947. Dengan demikian telah ada kurang lebih 71 tahun lalu. Kuliner Jogja ini dirintis oleh Karto Kasidin. Maka dari itulah namanya adalah Kadin yang merupakan singkatan dari Karto Kasidin. Selain itu, entah sengaja ataupun kebetulan, lokasinya berada di seberang kantor Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Daerah Istimewa Yogyakarta. Dengan pengalamannya yang tak bisa diremehkan, bakmi racikan di tempat ini masuk sesepuh makanan enak di Jogja.

Favorit Presiden Soeharto Semasa Hidup

Bakmi Kadin yang jadi buruan banyak traveler, via Instagram/diarysivika
Bakmi Kadin yang jadi buruan banyak traveler, via Instagram/diarysivika

Tidak hanya kalangan biasa saja yang menggemari bakmi racikan Kadin, para petinggi juga. Salah satunya adalah Presiden Soeharto yang semasa hidupnya gemar singgah saat sedang kunjungan ke Jogja. Karena penikmatnya sampai kalangan penguasa, tidak heran jika hingga kini ini masih memiliki banyak pelanggan.

Menu-menu yang Ditawarkan Bakmi Kadin

Porsi yang melimpah, via Instagram/kyirfano
Porsi yang melimpah, via Instagram/kyirfano

Sajian ini menawarkan bakmi godok (rebus) dan bakmi goreng. Jenisnya bermacam-macam, ada Bakmi Kadin Spesial yang ditambah dengan lauk seperti hati/sayap/kepala/ampela. Ditambah dengan bahan-bahan seperti halnya mie, kol, telur, tomat, daun bawang, bawang goreng, dan kekian.

Bisa dicoba saat ke Jogja, via Instagram/lensaaki
Bisa dicoba saat ke Jogja, via Instagram/lensaaki

Salah satu hal yang membuat cita rasanya masih sangat melekat lantaran pemasakannya menggunakan cara tradisional, yaitu dengan arang. Karena arang sangat panas, matangnya bisa merata. Tak hanya bakmi saja yang populer di sini, ada bajigur yang tak kalah terkenalnya. Yaitu minuman yang terbuat dari kopi, santan, dan gula aren. Rasanya mantap!

Lokasi Bakmi Kadin yang Mudah Ditemukan

Bakmi Kadin yang melegenda, via Instagram/hendrasudjianto
Bakmi Kadin yang melegenda, via Instagram/hendrasudjianto

Kuliner wajib coba ini berada di Jl. Bintaran Kulon No. 3 dan 6 Jogja. Teman Traveler tidak akan susah menemukannya karena ada baliho yang cukup besar di depannya. Ditambah lagi dengan lahan parkir yang penuh sesak oleh kendaraan para pengunjung yang berdatangan. Tempat makan ini buka dari jam 17:00 sampai dengan 23:00 WIB. Sementara itu untuk harganya, seporsi bakmi nyemen dibandrol Rp21.000.

Jika kamu sedang mencari bakmi enak dengan cita rasa yang tidak perlu dipertanyakan lagi, Bakmi Kadin adalah jujukan yang tepat. Jangan lewatkan kesempatan mencicipinya ya Teman Traveler. Next

ramadan
via Instagram/erieskaa_

Warung Es Sido Semi di Kotagede, Pelepas Dahaga Legendaris Saat Berburu Kerajinan Perak

Menghabiskan Akhir Tahun di Bali? Ini Dia Hotel Sekitar Kuta yang Punya Acara Keren