in ,

Bakso Balungan di Solo, Ada yang Lebih dari Setengah Abad Lamanya!

Inilah List Bakso Balungan di Solo yang Kenikmatannya Bikin Melongo

via Instagram/solo.ngangeni
via Instagram/solo.ngangeni

Bakso balungan merupakan salah satu jenis kuliner nikmat yang banyak ditemukan di Jawa Tengah. Merupakan perpaduan antara bakso dan balungan atau yang dalam bahasa Indonesianya adalah tulang. Awalnya, bakso balungan ini muncul lantaran bisnis soto kerbau di Demak, Kudus, Pati, dan sekitarnya. Karena tulang banyak yang terbuang, maka dimanfaatkan untuk bakso balungan. Untuk mencobanya, mampir saja ke deretanĀ bakso balungan di Solo di bawah ini.

Baca juga : Surga-Surga di Indonesia yang Bikin Kamu Males ke Luar Negeri

Kedai Pak Rukmanto

Bakso dan Balungan Pak Ruk, via Instagram/praditadiahp1
Bakso dan Balungan Pak Ruk, via Instagram/praditadiahp1

Bakso balungan di solo pertama yang bisa dicoba adalah Kedai Pak Rukmanto yang biasa dipanggil dengan Bakso Pak Ruk. Salah satu bakso yang legendaris di Solo karena sudah ada sejak 1952. Menu andalannya di sini adalah bakso balungan. Lokasinya berada di Jl. Jamsaren No. 20, Serengan, Suarakarta. Jika kamu kebingungan, tempatnya ada di bagian selatan Bundaran Tipes.

Jam buka tempat makan Solo ini mulai dari jam 09:30 hingga pukul 21:00. Satu porsi bakso biasa di sini dibandrol Rp15.000 saja, pun dengan bakso balungan Rp15.000. Cocok sekali dicicipi buat kamu yang jalan-jalan ke Solo.

Bakso Kadipolo

Bakso Kadipolo, via Instagram/solo.ngangeni
Bakso Kadipolo, via Instagram/solo.ngangeni

Bakso Kadipolo termasuk salah satu bakso balungan di Solo yang cukup populer. Selain bakso, tempat ini juga menyuguhkan beragam masakan khas Jawa lainnya. Bakso di sini terkenal memiliki tekstur yang sangat gurih. Bahkan saking gurihnya membuat kita menyeruput kuahnya sampai tetes terakhir.

Bakso Kadipolo ini berlokasi di Jl. Ronggowarsito No. 163, Timuran, Banjarsari Solo. Berada di seberang Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Solo. Jam bukanya mulai dari jam 06:30 sampai dengan pukul 21:00 WIB. Harga satu porsi bakso balungan di sini adalah Rp26.000 saja. Hangat dan nikmat saat udara sedang dingin-dinginnya.

Bakso Balungan Alex

Bakso Alex, via Instagram/muna_sungkar
Bakso Alex, via Instagram/muna_sungkar

Kemudian ada Bakso Alex yang sederhana tapi hampir selalu ramai pengunjung yang datang. Di sini menyuguhkan beragam bakso yang nikmat, ada bakso halus, bakso urat, pangsit goreng, bahkan ditambah dengan balungan yang dipisah di mangkok sendiri.

Bakso Alex ini berada di Jl. Gajah Mada No. 62 dan juga di Jl. Yosodipuro No. 12 B Solo yang bisa dikunjungi mulai dari jam 09:00 sampai dengan 20:00 WIB. Seporsi bakso di sini dipatok Rp15.000. Selain di Solo, Bakso Alex juga bisa ditemui di daerah lainnya, seperti Karanganyar, Boyolali, Sragen, Jogja, juga Klaten.

Bakso Rusuk Palur

Bakso Rusuk Palur, via Instagram/henjiwong
Bakso Rusuk Palur, via Instagram/henjiwong

Kemudian ada Bakso Rusuk Palur yang juga legendaris. Dalam satu mangkuk, biasanya ada pentol bakso, rusuk, dan tetelan sapi. Cita rasa bakso balungan di Solo satu ini gurih, bisa banget untuk untuk dicicipi. Satu porsi tidak sampai Rp20.000, lho.

Tempat kuliner Solo satu ini hampir tidak pernah sepi dari pengunjung yang datang. Lokasinya berada di Jl. Raya Solo-Tawangmangu 74/Jl. Palur-Karang Anyar KM.7, Solo Timur. Jam bukanya dari 09:30 sampai dengan 19:00 WIB.

Jangan lupa memasukkan bakso balungan di Solo ini ke dalam itinenarimu, ya. Menu tepat saat musim hujan, bukan. Bagaimana, sudah ngiler? Next

ramadan

Padang Bunga Kasna di Karangasem, Liburan Natal dan Akhir Tahun dengan Cantiknya Edelweis Bali yang Mirip Salju

Villa Phinisi di Bali

Bermalam di Villa Phinisi Bali, Punya Kolam Renang dengan Sensasi Bak Putri Duyung