in , ,

Bandung Planning Gallery, Kota Bandung di Masa Depan dalam Sebuah Galeri

Sajikan pemandangan Bandung dalam dimensi gambar

Ada yang menarik ketika saya mengunjungi Taman Sejarah di kawasan Taman Balai Kota Bandung. Tepat di sebelahnya berdiri Badan Perencanan, Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan di Jalan Aceh No. 36. Di dalamnya terdapat galeri yang berisi informasi seputar kebijakan publik Pemerintah daerah. Seperti apa ya serunya Bandung Planning Gallery?

Baca juga : Waroeng Tanjoeng Dhahar, Sajikan Nasi Kikil Enak Khas Jombang

Sajikan Bandung dalam Maket

img_0016_t3o.JPG
Bandung Planning Gallery (c) Lina Auliani/Travelingyuk

Ketika masuk saya disambut oleh frontliner yang sangat ramah. Kemudian di mejanya saya mengisi data diri berupa nama dan alamat email. Setelah selesai, pertama saya tertarik untuk melihat maket yan berada di tengah – tengah ruang galeri ini.

img_0014_Gj1.JPG
Area Tengah dan Maket Kota Bandung (c) Lina Auliani/Travelingyuk

Saya melihat maket yang mendeskripsikan seluruh kota Bandung dalam skala 1 berbanding 4000 dan skala bangunan 1 berbanding 500 dan 1 berbanding 1000. Maket ini menarik untuk kamu pelajari.

img_9990_ktu.JPG
Maket Kota Bandung dari Jarak Dekat (c) Lina Auliani/Travelingyuk

Saya memulai perjalan ke bagian kiri sesuai intruksi dari frontliner yang menyapa saya. Di sini kamu akan merasa seperti masuk ke masa depan dimana semua informasi yang disuguhkan akan tertera pada LCD yang besar. Di sini ada empat area yang bisa kamu temukan yaitu Area Bandung Masa Lalu, Area Bandung Masa Kini, Area Bandung Kota Pintar, Mobilitas Urban dan Area Solusi Kota Pintar.

Pergunakan Teknologi Tercanggih untuk Beritakan Informasi

img_9967_AuG.JPG
Jalan di Area Kiri yang Futuristik (c) Lina Auliani/Travelingyuk

Di area ini kamu bisa melihat Bandung dari masa lalu, masa kini dan masa depan dengan cara yang interaktif. Pengunjung bisa secara langsung menggunakan fasilitas yang ada di sini untuk membaca informasi yang
disuguhkan. Baik dalam bentuk maket atau wallpaper pada dinding. 

img_9962_AgU.JPG
Cable Car di Bandung Planning Gallery (c) Lina Auliani/Travelingyuk

Tidak tanggung – tanggung di sini juga kamu akan melihat program pembangunan kota Bandung dalam 30 tahun ke depan. Contohnya kamu akan menemukan Cable Car yang berada tepat seletah pintu masuk.

Tawarkan Visi Bandung dalam Virtual Reality Show

img_9985_jHj.JPG
Maket Rencana Bandung Smart City (c) Lina Auliani/Travelingyuk

Lalu pada masa kini, kamu bisa melihat kondisi sebenarnya Kota Bandung sekarang, mulai dari melihat fasilitas umum hingga visualisasi jaringan transportasi yang ada. Dan pada masa depan, kamu bisa melihat rencana pengembangan kota pintar dan transportasi kota Bandung. Salah satunya dengan rencana pembangunan Rusunawa Rancalili Bandung yang bisa kamu lihat dalam maket ini.

img_9978_GR2.JPG
Pengunjung yang Sedang Mencoba Virtual Reality di Bandung Planning Gallery (c) Lina Auliani/Travelingyuk

Ada yang tidak kalah menarik juga di ruangan ini yaitu virtual reality untuk merasakan visi Bandung lancar 2031 dengan menaiki LRT sebagai solusi transportasi masa depan kota Bandung. Kamu harus coba fasilitas yang satu ini.

Ribuan Stickynotes Instagenik

img_0012_r2P.JPG
Kubah Aspirasi di Bandung Planning Gallery (c) Lina Auliani/Travelingyuk

Selanjutnya, spot favorit yang digunakan oleh pengunjung merupakan kubah aspirasi yang berisi saran untuk kemajuan Kota Bandung. Di sini kamu akan melihat banyak sticky notes yang ditempel di dalam kubah berwarna putih ini.

Karena keunikannya, pengunjung banyak yang menggunakannya sebagai latar untuk berfoto. Kamu juga bisa menambahkan aspirasi di layar yang ada di dekat kubah ini, karena untuk kubah yang berisi stickynotes ini nampaknya sudah sangat penuh.

img_0004_g4R.JPG
Kumpulan Sticky Notes di Kubah Aspirasi (c) Lina Auliani/Travelingyuk

Bandung Planning Gallery ini merupakan galeri perencanaan yang terbesar dan tercanggih se- Indonesia, lho. Kamu bisa mengunjungi galeri ini dari pukul 09.00 sampai pukul 16.00 di hari Senin sampai hari Sabtu. Jaraknya hanya 2,8 kilometer dari Stasiun Bandung Pintu Utara.

Kamu bisa menggunakan kendaraan seperti angkutan umum atau ojek online untuk menuju galeri ini. Bagaimana tertarik untuk mencoba wisata edukasi ini? Ajak semua saudaramu yang masih sekolah juga ya! Next

ramadan

Cobain Japanese Food Anti Mainstream di Tom Sushi Palembang, Salah Satunya Sushi Boba

Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan, Fungsi Ganda Hutan yang Bermanfaat