in ,

Tips Menata Barang Bawaan dalam Koper, Kalau Rapi Rasanya Liburan juga Hepi

Demi Barang Bawaan dalam Koper Tetap Rapi, Yuk Ikuti Tips Berikut

Tips Menata Barang Bawaan dalam Koper

Saat traveling, barang-barang utama seperti baju dan kebutuhan lainnya pasti mendapat perhatian khusus. Namun, packing menjadi permasalahan bagi beberapa traveler. Sudah ditata rapi,  tapi saat dibuka berantakan, kesusahan menemukan barang yang dicari dalam tas. Tenang saja, di bawah ini ada beberapa tips agar barang bawaan dalam koper tetap rapi dan mudah menemukan yang dibutuhkan. Yuk disimak agar liburan tetap happy.

Baca juga : Deretan Restoran Rooftop Jogja, Santap Lezat di Beranda Angkasa

Bikin List Barang Bawaan

Bikin Daftar Barang Bawaan via Shutterstock
Bikin Daftar Barang Bawaan via Shutterstock

Tips satu ini tidak hanya berlaku bagi yang menggunakan koper, tapi dengan media tas apapun. Membuat daftar barang bawaan cukup diperlukan. Selain agar tidak ada yang ketinggalan, nantinya saat mengepak ulang barang bawaan dalam koper ketika mau pulang liburan pun tidak perlu bingung. Kalau terbersit pertanyaan, “aku kemarin bawa ini nggak ya ke sini”. Tinggal cek list barang bawaan deh.

Menghindari Baju Kusut

Pakai Vacuum Pack via Shutterstock
Pakai Vacuum Pack via Shutterstock

Sudah disetrika sebelum berangkat liburan, eh ketika sampai tempat tujuan baju jadi kusut. Nah ada beberapa cara nih agar barang bawaan dalam koper berupa baju tidak kusut. Untuk kaos, Teman Traveler bisa lipat rapi seperti biasa, lalu digulung dari bawah ke atas. Kalau model baju yang mudah kusut seperti kemeja atau blus, saat dilipat letakkan koran di antara lipatan tersebut. Cara paling ampuh memang pakai vacuum pack. Praktis dan anti kusut. Selain mengurangi kusut, menggunakan vacuum pack juga dapat menghemat tempat dalam koper.

Pisahkan Sesuai Jenisnya

Pisahkan Sesuai Jenis Barang Bawaan via Shutterstock
Pisahkan Sesuai Jenis Barang Bawaan via Shutterstock

Barang bawaan dalam koper sebaiknya dipisah berdasarkan jenisnya, agar mudah ketika hendak mencari di kemudian waktu. Misalnya saja, tumpuk kaos dengan kaos, kumpulkan aksesori dalam satu pouch, satukan underwear dalam tas kecil agar tidak berserakan, dan satukan jenis lainnya ya. Selain rapi, enak juga dilihat loh.

Pakai Ziplock Buat Barang Elektronik

Kumpulkan Barang Elektronik Menjadi Satu via Shutterstock
Kumpulkan Barang Elektronik Menjadi Satu via Shutterstock

Barang-barang elektronik sebaiknya dimasukkan ke dalam ziplock, seperti charger handphone, charger laptop, charger portable, dan lainnya. Tujuannya agar perlengkapan tersebut mudah ditemukan saat mencari, serta jaga-jaga agar tidak terkena basah.

Make-up Dibuntel Kaos

Peralatan Make-up Dimasukkan dalam Pouch plus Buntel Kaos via Shutterstock
Peralatan Make-up Dimasukkan dalam Pouch plus Buntel Kaos via Shutterstock

Peralatan make-up selain diletakkan di dalam tas tertentu. Peralatan seperti eyeshadow atau bedak padat yang rawan pecah bisa dibungkus dengan kain terlebih dahulu agar tahan goncangan. Pastikan membawa sampo dan sabun dalam botol-botol kecil. Perhatikan barang-barang yang tidak boleh dibawa dalam pesawat, ya.

Diberi Pengharum

Beri Pengharum yang Tidak Menyengat via Shutterstock
Beri Pengharum yang Tidak Menyengat via Shutterstock

Menempuh perjalanan berjam-jam, bisa membuat barang bawaan dalam koper menjadi lembab dan berbau. Jangan sampai itu terjadi ya. Nah cara yang cukup ampuh dengan memberi pengharum namun yang tidak terlalu menyengat. Sekedar agar bau tidak sedap menghilang.

Sekian tips dalam menata barang bawaan dalam koper, terutama ketika bepergian cukup jauh dan membawa barang seabrek. Siap praktekkan untuk liburan akhir tahun? Ataukah Teman Traveler punya trik jitu lainnya? Next

ramadan
Gaya Liburan Aurora Ribero

Intip Gaya Liburan Aurora Ribero, Si Cantik Lawan Main Aliando di Film Asal Kau Bahagia

Icip-icip Kuliner di Pandeglang, Sedapnya Bikin Terngiang