in ,

Icip-icip Kuliner di Pandeglang, Sedapnya Bikin Terngiang

Yuk Cobain Kuliner di Pandeglang Ini, Mulai dari Pedas sampai Gurih

Deretan Kuliner di Pandeglang

Pandeglang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Banten yang memiliki bervariasi destinasi wisata. Puas berwisata, Teman Traveler bisa mengisi perut dengan berbagai kuliner di Pandeglang. Berbatasan langsung dengan Samudra Indonesia di bagian barat dan selatan, daerah ini menawarkan beragam kuliner berbahan dasar seafood, juga lainnya. Penasaran kuliner apa saja? Yuk simak ulasan berikut!

Baca juga : 5 Manfaat Naik Transportasi Umum saat Traveling, Liburan Hemat Bebas Polusi

Angeun Lada

Angeun Lada via Instagram @emma_sudrajat
Angeun Lada via Instagram @emma_sudrajat

Kuliner di Pandeglang yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke kota satu ini adalah angeun lada. Dari penampilannya saja sudah sangat menggugah selera, membuat ingin segera dicicip. Angeun Lada merupakan makanan kaya rempah seperti kemiri, kencur, jahe, jadi bukan hanya penampilan saja yang menggugah selera, tapi rasanya juga nikmat di lidah. Angeun lada adalah makanan khas kabupaten Pandeglang yang secara turun menurun menjadi makanan wajib setiap Idul Fitri.

Sop Ikan

Sop Ikan via Instagram @oktavianieovie
Sop Ikan via Instagram @oktavianieovie

Berbeda dengan Angeun Lada yang memiliki kuah berwarna merah, makanan khas Banten ini berkuah bening dengan rempah lada dan pala. Berbahan ikan kakap atau ikan gindara, di sup ikan juga terdapat campuran sayur, seperti wortel, buncis, kentang dan kol. Tak hanya itu, dalam sup ikan biasanya juga terdapat taburan irisan daun bawang, kemangi, potongan tomat hijau dan cabai rawit hijau. Sup ikan hangat sangat cocok dipadukan dengan nasi putih bersama emping melinjo goreng dan sambal kecap.

Otak-otak Pandeglang

Ilustrasi Otak-otak
Ilustrasi Otak-otak via Instagram/@gadis785

Kuliner di Pandeglang yang wajib dicicip saat Teman Traveler berkunjung ke Banteng dengan bahan dasar olahan ikan bukan hanya sup ikan, tapi juga otak-otak Labuan. Otak-otak Labuan berbahan dasar ikan tengiri dan tepung tapioka dicampur dengan santang dan rempah-rempah. Layaknya pepes, otak-otak Labuan disajikan dalam bungkusan daun pisang yang membuat rasa dan aroma menjadi lebih nikmat dan khas. Tidak dikukus, setelah dibungkus daun pisang, otak-otak Labuan dibakar kemudian disajikan biasanya tanpa nasi tetapi dengan sambal kacang.

Pais Solempat

Pais Solempat via Instagram @yeni_asiah
Pais Solempat via Instagram @yeni_asiah

Sama-sama dibungkus dengan daun pisang seperti otak-otak Labuan, kuliner di Pandeglang satu ini bernama pais solempat. Bedanya, pais solempat berbahan dasar nasi yang berisi daun solempat, rempah-rempah dan jeroan sapi atau kerbau. Salah satu bahan dari pais solempat yaitu daun solempat sudah semakin jarang ditemukan, tetapi daun ini banyak ditemukan di daerah Pandeglang. Penikmat makanan ini tak sedikit, banyak masyarakat Pandeglang yang suka dengan pais solempat karena rasa yang lezat dan menggugah selera.

Bubur Sop

Bubur Sop via Instagram @yivaii
Bubur Sop via Instagram @yivaii

Jika biasanya sop dihidangkan dengan nasi, tapi salah satu kuliner di Pandeglang ini menyediakan perpaduan sop dan bubur. Selain bubur, di dalam bubur sop terdapat wortel, kacang panjang, kol, tauge, seperti bahan-bahan dalam kebanyakan sop. Kelezatan dari bubur sop ini berasal dari kaldu ikan yang dicampur dengan bawang putih, bawang merah, merica dan terasi. Makanan ini cocok disantap sebagai pengganjal perut sebelum menikmati makan siang Teman Traveler.

Ketika Teman Traveler ada di area ini, jangan sampai melewatkan lima kuliner di Pandeglang yang sudah diulas atas ya. Kuliner-kuliner tersebut bisa ditemukan di Warung Cep Udin di dekat Lapangan Sukarela Pandeglang atau Rumah Makan Mr. Black di Jalan Raya AMD Lintas Timur. Bagaimana, tertarik untuk mencoba kan? Next

ramadan

Tips Menata Barang Bawaan dalam Koper, Kalau Rapi Rasanya Liburan juga Hepi

Pemandangan Situ Gede

Gemar Jelajah Alam? Simak Deretan Wisata Bogor dan Sekitarnya Berikut Ini