in ,

Megah dan Mengagumkan, Barisan Patung Tertinggi di Indonesia

Daftar Patung-patung Tertinggi di Indonesia

Garuda Wisnu Kencana
Garuda Wisnu Kencana via Instagram fauziahismail

Dari Sabang sampai Merauke terdapat banyak patung atau monumen penting. Ada yang tampak lebih menonjol dibanding lainnya, baik dari segi desain maupun tinggi. Barisan patung tertinggi di Indonesia tersebut lantas dijadikan sebagai landmark atau penanda kawasan.

Baca juga : Kembalinya Pulau Boracay Setelah Sempat Dipenuhi Sampah, Wisatawan Mulai Bebas Bereksplorasi

Kehadiran deretan patung tertinggi di Indonesia itu tak hanya menambah keindahan kawasan di sekitarnya, namun juga menjadi destinasi wisata menarik untuk dikunjungi. Hebatnya lagi, ada satu patung yang dalam waktu dekat bakal menjadi patung tertinggi kedua sedunia. Penasaran? Berikut Travelingyuk berikan daftar lengkapnya.

1. Monumen Jalesveva Jayamahe

Monumen Jalesveva Jayamahe
Monumen Jalesveva Jayamahe via Instagram dimasantn

Monumen yang berada di Surabaya, tepatya di kawasan Ujung, Semampir, ini juga sering disebut dengan istilah Monjaya. Desainnya berupa seorang prajurit Angkatan Laut yang menghadap lautan dan mengenakan seragam dinas lengkap.

Selain menjadi monumen, Monjaya juga berfungsi sebagai mercusuar. Desainernya adalah seorang pematung Bali, Nyoman Nuarta. Jika diukur dari bangunan di bawahnya, patung Monjaya memiliki ketinggian tak kurang dari 60,6 meter.

2. Patung Bunda Maria

Patung Bunda Maria di Semarang
Patung Bunda Maria di Semarang via Instagram angeliasiahaan

Jika sobat traveler berkesempatan datang ke Semarang, jangan lupa berkunjung ke lokasi wisata religi Gua Maria Kerep. Situs yang terletak di Ambarawa tersebut merupakan rumah dari sebuah patung Bunda Maria berukuran raksasa menghadap ke arah timur. Monumen megah ini memiliki ketinggian sekitar 42 meter.

Kompleks wisata Gua Maria Kerep sering digunakan sebagai lokasi peribadatan umat Kristen. Menjelang Natal atau Paskah, tempat ini selalu ramai pengunjung.

3. Patung Yesus Memberkati

Patung Yesus di Manado
Patung Yesus di Manado via Instagram Patung Yesus di Manado

Pernah melihat foto patung Yesus raksasa di Brasil? Well, sobat traveler tak perlu jauh-jauh terbang ke Amerika Selatan untuk mendapatkan pemandangan serupa. Di Manado, ada patung dengan bentuk mirip dan tak kalah megah.

Patung Yesus Memberkati di Sulawesi Utara memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Kemiringannya mencapai 20 derajat dan untuk bisa menggapai dasarnya, wisatawan harus berjalan melalui 200 anak tangga.

4. Patung Yesus Burake

Patung Yesus di Toraja
Patung Yesus di Toraja via Instagram loredoverdika

Selain di Manado, Patung Yesus berukuran raksasa juga terdapat di Sulawesi Selatan. Sobat traveler bisa menemukannya di daerah Tana Toraja. Tidak kalah megah dengan yang ada di Brasil, Patung Yesus di sini memiliki ketinggian tak kurang dari 50 meter.

Desainernya adalah seorang pematung bernama Niel El Fuadi. Hasil karya seniman asal Padang tersebut sering disebut dengan istilah Patung Yesus Burake dan diresmikan pada 2015 silam.

5. Garuda Wisnu Kencana

Garuda Wisnu Kencana
Garuda Wisnu Kencana via Instagram jung.krisna

Garuda Wisnu Kencana merupakan monumen kebanggaan masyarakat Bali. Proses pembangunannya sudah dimulai sejak 28 tahun silam. Patung rencananya akan selesai Agustus mendatang dan beberapa bulan belakangan proses penyatuan kepala dan badan sudah dimulai.

Begitu rampung nanti Garuda Wisnu Kencana akan memiliki tinggi 121 meter. Dengan kata lain monumen kreasi Nyoman Nuarta ini akan menjadi patung tertinggi ke-2 di dunia, hanya kalah dari patung buddha yang ada di Tiongkok.

Itulah tadi rangkuman barisan patung tertinggi di Indonesia. Jika sobat traveler kebetulan berkunjung ke salah satu daerah di atas, tak ada salahnya untuk menyempatkan berkunjung dan membuktikan sendiri kemegahan monumen-monumen indah tersebut. Next

ramadan

Inilah 5 Destinasi Wisata Masa Depan Sulsel Yang Wajib Kamu Jelajahi

Bertemu Badut-Badut Cantik di Pulau Hantu