in ,

Mau Bawa Kucing Buat Pergi Traveling? Perhatikan 5 Hal Berikut Ini

Kalian senang, kucingpun ikut bahagia

Siapa sih yang gak suka kucing? Pasti banyak Teman Traveler yang memelihara binatang menggemaskan ini. Tak jarang, banyak yang membawanya berlibur, loh! Nah buat kalian yang ingin bawa kucing buat pergi traveling, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Baca juga : Wisata Malam di Bandung, Lampu-lampu Cantik Bikin Malam Tahun Baru Bisa Tambah Romantis!

1. Cari Hotel yang Ramah Binatang

Ilustrasi hotel yang ramah dengan hewan peliharaan via Shutterstock

Penting bagi Teman Traveler untuk mencari akomodasi yang mengizinkan penghuninya membawa binatang peliharaan. Selain itu, pastikan bahwa penginapan yang kalian singgahi betul-betul memenuhi persyaratan dan fasilitas untuk diinapi kucing kesayangan.

Mulai dari ketersediaan litter box, makanan yang disajikan, hingga tempat untuk tidur. Di Seminyak Bali sendiri sudah cukup banyak akomodasi yang menyajikan fasilitas yang nyaman untuk binatang peliharaan.

2. Konsultasikan dengan Dokter Hewan Apa yang Boleh dan Tidak

Ilustrasi konsultasi ke dokter hewan via Shutterstock

Beberapa binatang peliharaan akan cemas selama dalam perjalanan ataupun berada di lingkungan yang baru. Selain itu, cuaca dan kualitas udara yang berbeda akan sangat mempengaruhi metabolisme si kucing, apalagi binatang ini terkenal cukup sensitif bila berada di tempat baru.

Maka dari itu, berkonsultasi dengan dokter hewan langganan akan sangat membantu. Kalian bisa berdiskusi berbagai macam hal, termasuk seputar perlunya membawa barang-barang kesayangan kucing atau memberikan treatment khusus selama di tempat liburan.

3. Sediakan Kotak dan Litter Box yang Nyaman buat Kucing

No photo description available.
Litter box via Instagram/maple.cat

Tak jarang, kucing akan merasa lebih nyaman jika membuang kotoran di tempat yang sudah ia kuasai. Maka dari itu untuk berjaga-jaga, bawalah litter box kalian sendiri. Selain itu, bawalah semacam wadah atau kotak nyaman yang pas buat si kucing bisa rebahan manja di dalamnya. Hal ini akan mencegah ia panik atau cemas selama perjalanan.

4. Jangan Lupa Bawa Mainan Favoritnya

No photo description available, bawa kucing buat pergi traveling
Aneka mainan favorit kucing via Instagram/matsukatzy

Nah, ini yang tak kalah penting ketika bawa kucing buat pergi traveling. Jangan lupa membawa aneka barang-barang kesukaannya, termasuk mainan kegemaran si kucing. Selain mengurangi kecemasan, benda-benda tersebut mampu membuat ia aktif tanpa perlu terlalu mengganggu Teman Traveler sendiri.

5. Perhatikan Aturan Imigrasi Jika Ingin Membawa Kucing ke Luar Pulau atau Luar Negeri

Image may contain: one or more people, sky and outdoor, bawa kucing buat pergi traveling
Membawa kucing di jalanan via Instagram/thegaytripper

Tak jarang hal ini luput dari perhatian Teman Traveler. Perhatikan betul aturan yang dikeluarkan pemerintah terkait tentang membawa binatang peliharaan. Di Korea Selatan misal, setiap binatang peliharaan yang masuk ke wilayah Negeri Gingseng ini harus ditanam microchip dan dites antibodi vaksin rabies.

Sedangkan di wilayah Indonesia, selain didata dalam catatan terkait, binatang juga harus mendapat Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) yang didapat dari Dinas Pertanian setempat. Ini penting guna melacak kesehatan kucing kalian tercinta dan terhindar dari segala macam penyakit yang berbahaya.

Itulah tadi deretan hal penting yang harus kalian perhatikan saat bawa kucing buat pergi traveling. Nah, bagaimana? Sudah siap berlibur bersama sobat kesayangan? Next

ramadan

Omah Munir, Tapaki Jejak Kehidupan Tokoh Pejuang HAM Indonesia

Kampung Indian Kediri, Serasa Berjalan di Pemukiman Suku Amerika Sebenarnya