in ,

Bendung Karet Tirtonadi Solo, Si Penahan Banjir yang Ditata Cantik

Bendung Karet Tirtonadi Solo menjadi ikon baru di Kota Batik. Bukan sekadar berfungsi sebagai bendungan biasa, melainkan sekaligus tempat wisata baru bagi masyarakatnya. Penataan dilakukan dengan sangat cantik. Bendungan ini juga dilengkapi dengan fasilitas umum yang bisa dipakai siapa saja. Penasaran? Berikut ulasannya!

Baca juga : Sekala The Common Place: Ketika Musik, Kuliner, dan Arsitektur Bersatu di Bandung

1. Ikon Baru Kota Solo Diresmikan Februari Mendatang

Gambaran Bendung Karet Tirtonadi via Instagram/humaspemkotsurakarta

Fungsi Bendung Karet Tirtonadi Solo sebagai wisata air baru, menurut rencana mulai dibuka untuk masyarakat umum pada Februari ini. Meski begitu, sudah banyak masyarakat Solo yang datang melihat-lihat dan sekadar jalan-jalan di kawasan bendungan. Pasalnya, penataan bendungan ini memang cantik!

2. Bendungan Air yang Sekaligus Tempat Wisata

Sudah Banyak Dikunjungi Warga via Instagram/renarenitaa

Terdapat beberapa bendungan atau waduk yang sekaligus memiliki fungsi sebagai tempat wisata di Indonesia. Sebut saja Waduk Jatiluhur dan beberapa lainnya. Bendungan ini memiliki fungsi utama sebagai penampungan dan pengolahan air Kali Pepe.

Lingkungan Bendung Tirtanadi via Instagram/mlampahsolo

Ia didesain agar dapat menampung air sebanyak 1.000 meter kubik per detik. Kapasitas ini lebih besar tiga kali lipat dari daya tampung sebelumnya.

3. Dilengkapi dengan Fasilitas Wisata

Menjadi Tempat Wisata Baru untuk Warga via Instagram/notobudiyanto

Dituturkan Basuki Hadimuljono, Menteri Pekerjaan dan Perumahan Rakyat, Bendung Karet Tirtonadi akan ditata sedemikian rupa hingga sekaligus bisa menjadi destinasi wisata bagi warga untuk melepas penat. Nantinya, kawasan ini akan dilengkapi dengan dermaga untuk wisata air, seperti perahu motor.

Suasana Bendung Karet Saat Malam via Instagram/setyobudisan

Selain fasilitas-fasilitas tersebut, kawasan ini sudah dilengkapi dengan bangku-bangku di pinggir bendungan, lampu taman serta jembatan kaca dan jembatan tugu keris. Meski belum terhitung lengkap, banyak warga sudah berdatangan ke area bendungan.

4. Ruang Terbuka Baru

Menjadi Ruang Terbuka Baru untuk Warga via Instagram/joeluluk

Bendung Karet Tirtonadi Solo terlihat disambut baik oleh warganya. Ia menjadi ruang terbuka baru yang banyak dimanfaatkan untuk beraktivitas. Entah sekadar duduk-duduk di sore hari, atau berolahraga.

Penahan banjir dari Kota Solo yang satu ini, menjadi kebangaan baru. Penataannya yang cantik dan instagenic menjadi daya tarik lain. Saat liburan ke Solo nanti, selain jalan-jalan ke Keraton Solo dan belanja di Pasar Klewer, sempatkan untuk mampir ke sini ya?! Next

ramadan

Hotel dengan Paket Valentine di Surabaya, Pas Dirayain Bareng Pasangan

Gili Air, West Nusa Tenggara, Indonesia by from 500 meters up. (c) Shutterstock

Best Budget Homestays under IDR150K in Gili Trawangan