in , ,

Bendungan Serut, Tempat pas Habiskan Hari di Blitar

Setelah ke Makam Bung Karno, Wajib nih Mampir ke Sini

Bendungan Serut
Bendungan Serut (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Blitar bukan cuma sekedar Komplek Makam Bung Karno lho Teman Traveler. Kota Koi masih punya sederet destinasi lain yang tak kalah seru untuk disambangi. Buat kalian yang ingin menjelajah tempat bernuansa bahari, bisa coba mampir ke Bendungan Serut. Seperti apa asyiknya jalan-jalan di sana? Yuk, simak ulasannya.

Baca juga : Dari Waterpark Hingga Museum, Ini 4 Wisata Buatan di Pekanbaru

Keindahan Menawan

dsc09616_01_40Y.jpeg
Suasana di Bendungan Serut (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Bendungan yang juga berfungsi sebagai Pembangkit Listrik Tenaga
Air (PLTA) ini belakangan memang tengah dikembangkan sebagai tempat wisata. Para pengunjung kerap berdatangan di akhir pekan. Suasana bakal makin ramai jika memasuki masa-masa liburan.

dsc09621_01_1uJ.jpeg
Jembatan Bendungan Serut (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Tempatnya sendiri memang sangat indah, sanggup hadirkan atmosfer berbeda. Sangat pas untuk menyegarkan pikiran yang telah penat dengan rutinitas sehari-hari. Tak hanya itu, tempatnya juga sangat mudah dijangkau dan ramah anak. Dengan kata lain, sangat pas jadi pilihan tempat liburan keluarga.

Berada di sekitar sini Teman Traveler akan dimanja lingkungan indah, asri, nan rindang. Deretan pepohonan membuat suasana begitu tenang. Tak diragukan lagi, Bendungan Serut benar-benar pantang dilewatkan jika kalian sedang jalan-jalan di Blitar.

Lokasi dan Tiket Masuk

dsc09631_01_n2P.jpeg
Suasana senja di bendungan (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Sesuai namanya, bendungan ini terletak di Dusun Serut, Desa Gogodeso, Kec. Kanigoro, Kab. Blitar. Jika bingung dan perlu bertanya arah pada warga sekitar, Teman Traveler perlu tahu bahwa tempat ini juga dikenal dengan nama PLTA Lodoyo.

Pengunjung diperbolehkan mampir setiap hari, mulai pukul 07.00 hingga 16.00. Tiket masuk dibanderol Rp3.000 per orang, sementara untuk anak-anak cukup membayar Rp1.000. Jangan lupa siapkan ongkos parkir kendaraan sebesar Rp3.000 (roda empat) atau Rp2.000 (roda dua). Bagaimana, tidak perlu keluar biaya mahal untuk berkunjung ke sini bukan?

Beragam Keseruan

dsc09613_01_ecO.jpeg
Berfungsi pula sebagai PLTA (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Bendungan Serut memiliki jembatan sepanjang 30 meter yang menghubungkan Desa Gogodesa dengan Desa Kuningan. Tempat ini kerap jadi salah satu spot favorit pengunjung untuk berfoto. Teman Traveler jangan sampai ketinggalan juga ya.

Berjalan sedikit ke arah utara, Teman Traveler akan menemukan taman dan pemandian. Disediakan pula beberapa permainan anak seperti perosotan serta ayunan di sekitar sini.

Selain berfungsi sebagai PLTA, air di bendungan ini juga dimanfaatkan untuk mengairi persawahan di sekitarnya. Para petani biasanya memanfaatkan selang besar untuk kebutuhan ini.

Teman Traveler juga bisa berkeliling dan menikmati pemandangan di sekitar bendungan lho. Kalian tinggal manfaatkan jasa sewa perahu milik warga lokal. Tarifnya menyesuaikan, tergantung kesepakatan dan kemampuan tawar-menawar.

Fasilitasnya Cukup Oke

dsc09636_01_o5C.jpeg
Tempat duduk sederhana di dekat bendungan (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Meski bukan sebuah tempat wisata dengan puluhan wahana permainan, Bendungan Serut terbilang lengkap dari segi fasilitas. Teman Traveler bakal temukan lahan parkir cukup luas dan memadai. Pengelola juga sediakan banyak kursi dan taman di sekitar bendungan. Selain itu masih ada sejumlah wahana permainan anak, musholla, toilet, dan WC umum.

Perut sudah mulai keroncongan? Jangan khawatir. Di sepanjang Bendungan Serut terdapat banyak warung makanan kok. Mulai dari aneka snack, es dawet, bakso, cilok, siomay, hingga mie ayam bisa kalian coba di sini.

Bagi para penggemar olahraga memancing, Bendungan Serut juga bakal jadi wisata seru. Terdapat banyak spot yang bisa kalian manfaatkan untuk menebar kail. Dijamin tak bakal kecewa deh.

Itulah sedikit ulasan mengenai Bendungan Serut, sebuah destinasi seru untuk melepas penat yang bisa Teman Traveler sambangi saat tengah liburan di Blitar. Bagaimana, adakah di antara kalian yang tertarik mampir ke sini? Next

ramadan

Wisata Belanja di Jogja, Shopping Tanpa Takut Kantong Kering

Ilustrasi membawa sleeping bag

4 Tips Saat Beli Sleeping Bag Agar Tidak ‘Gigit Jari’