in ,

Pilihan Bestik di Solo, Steak dengan Kearifan Lokal Khas Kota Budaya

Inilah Jajaran Bestik di Solo, Bisa Dicoba Saat Jelajah Ya

Bestik di Solo
Bestik di Solo

Bestik di Solo adalah makanan khas setempat yang diadopsi dari kuliner Eropa. Konon, mulanya kuliner ini berasal dari kata biefstuk bahasa Belanda ataupun juga beefsteak dari bahasa Inggris. Ini merupakan kuliner peninggalan zaman kolonial Belanda yang juga identik dengan masakan keraton Solo.

Baca juga : Kedai Ayam Ngekozz Jogja, Penggemar Pedas Wajib Mampir

Sekilas, bestik ini mirip dengan selat Solo. Bedanya, kuah bestik ini encer, sementara selat Solo agak kental. Di Solo ada beberapa lokasi yang menawarkan bestik sebagai menu unggulannya. Dimana saja lokasinya? Yuk kita ulas sebagaimana berikut ini.

Harjo Bestik

Harjo Bestik, via Instagram/solofoodgram
Harjo Bestik, via Instagram/solofoodgram

Harjo Bestik merupakan salah satu dari sekian tempat yang cukup populer menjajakan bestik di Solo. Untuk varian bestiknya, ada telur, ayam, jeroan, uritan, daging, dan lain-lain. Untuk menu yang paling difavoritkan banyak orang adalah bestik daging. Untuk citarasa khas bestik di sini adalah gurih, manis, asin, dan sedikit asam yang khas.

Harjo Bestik ini ada beberapa cabang di Solo. Lokasi pusatnya berada di Jl. Radjiman, Serengan, Solo. Sementara itu untuk cabangnya ada beberapa tempat. Sebut saja berada di Pasar Gading, Pasar Kembang Solo, dan lain sebagainya. Untuk harganya, satu porsi bestik di sini dipatok Rp25.000.

Dapoer Bistik Solo

Dapoer Bistik Solo, via Instagram/rndm_collabs
Dapoer Bistik Solo, via Instagram/rndm_collabs

Ada juga Dapoer Bistik Solo yang juga memadukan konsep tradisional dengan modern. Namanya adalah Dapoer Bistik Solo. Di sini bistiknya dikemas atau disajikan dengan cara yang unik. Platingnya memanfaatkan peralatan dari gerabah. Jadi cita rasanya cukup berbeda. Bisa banget dipilih saat jelajah Solo.

Selain bistik, di tempat ini juga menyuguhkan menu selera anak muda. Misalnya saja milkshake, french fries dan lain sebagainya. Jam buka tempat ini adalah mulai pukul 10:30 hingga 22:00 WIB. Harganya juga tidak terlalu mahal. Kamu bisa mampir ke tempat ini ya.

Sumber Bestik Pak Darmo

Sumber Bestik Pak Darmo, via Instagram/kyirfano
Sumber Bestik Pak Darmo, via Instagram/kyirfano

Kemudian ada Sumber Bestik Pak Darmo yang juga populer di Solo. Alamatnya berada di Jl. Rajiman yang lokasinya tak jauh dari Mall Matahari Singosaren, Solo. Awal berjualan, dahulunya hanya tenda semi permanen saja dengan duduk lesehan. Sekarang sudah memiliki tempat permanen yang lebih nyaman dari yang sebelumnya, ada bangku panjang.

Menu bestik yang ditawarkan ada beragam bahan. Mulai dari daging sapi, lidah, ayam, dan jeroan ayam. Harganya, satu porsi Rp35.000. Lokasinya memang sederhana, namun seringkali para pengunjung di sini akan dihibur dengan musik keroncong khas Solo.

Warung Bestik Pak Pur

Bestik Pak Pur, via Instagram/bemp777
Bestik Pak Pur, via Instagram/bemp777

Warung Bestik Pak Pur ini lokasinya cukup nyaman. Alamatnya berada di Jl. Yos Sudarso, Solo. Jika dari arah Selatan, warungnya berada di sebelum belokan dari Serabi Notosuman. Jam bukanya mulai pukul 17:00 sampai habis.

Di sini juga seringkali ada hiburan musik keroncong. Makan layaknya raja di Keraton. Menarik bukan? Harganya juga sangat terjangkau, kamu bisa mampir kapan saja.

Jika penasaran dengan bestik Solo ini, jangan lupa untuk mencicipinya jika berkunjung ya Teman Traveler. Rasanya enak, terutama buat kamu yang nggak suka pedas. Bagaimana, mau mencoba? Next

ramadan
Serabi Notosuman

Serabi Notosuman dengan Cabang yang Menggurita, Tetap Beda Jika Makan di Kota Asalnya

Sensasi Menginap di Myko Hotel Makassar, Berasa Jadi Raja dan Ratu dalam Sehari!