in , ,

5 Biaya Persiapan Liburan, Alokasikan Jauh-jauh Hari

Pengin Liburan? Siapkan Dulu Biaya 5 Hal Ini

FI Biaya Perjalanan

Dalam hal apapun, mengalokasikan biaya merupakan hal penting tak terkecuali saat memiliki rencana liburan. Teman Traveler harus mengalokasikan biaya dalam beberapa pos, yang akan digunakan selama liburan. Apa saja alokasi biaya yang perlu disiapkan sebelum liburan? Yuk simak ini.

Baca juga : Pohon Inn, Hotel Pohon Raksasa Bernuansa Hutan

Biaya Liburan
Ilustrasi uang via Unsplash

Transportasi

Biaya Liburan
Ilustrasi pesawat via Unspash

Alokasi biaya untuk transportasi merupakan hal utama yang perlu Teman Traveler persiapkan saat akan berencana liburan. Tanpa transportasi, tentu Teman Traveler tidak akan bisa tiba di destinasi yang dituju. Alokasi biaya tranportasi itu sendiri terbagi menjadi dua. Yang pertama yakni biaya transportasi dari kota asal menuju destinasi dan juga sebaliknya. Dan yang kedua adalah biaya untuk transportasi yang akan digunakan selama berada di destinasi.

Bujet yang dialokasikan untuk transportasi dari kota asal, tentu disesuaikan juga dengan waktu dan kondisi destinasi yang akan dituju. Sedangkan alokasi bujet transportasi selama berada di destinasi, Teman Traveler bisa menggunakan jasa tour & travel maupun menyewa motor dan mobil sendiri. Jangan sungkan bertanya pada beberapa penyedia sarana transportasi di destinasi yang akan dituju, demi alokasi biaya yang tepat.

Akomodasi

melissa_walker_horn_jseftnpvh1u_unsplash_m6S.jpg
Ilustrasi Hotel via Unsplash

Setelah urusan transportasi selesai, alokasi biaya yang kedua yakni akomodasi. Sesingkat apapun durasi liburan, teman Traveler tetap akan membutuhkan tempat tinggal sementara di destinasi yang akan dituju. Teman Traveler harus menentukan alokasi biaya untuk akomodasi yang akan digunakan selama berlibur. Hotel, Hostel, Villa, Homestay atau apapun itu jenis akomodasinya, tentu disesuaikan dengan kebutuhan selama berlibur. Alokasikan biaya sesuai dengan jenis akomodasi yang akan digunakan dan jumlah orang.

Objek Wisata

Biaya Liburan
Ilsutasi Pantai via Unsplash

Liburan telah direncanakan, pasti Teman Traveler memiliki beberapa list objek wisata yang akan dituju. Siapkan juga alokasi biaya untuk hal tersebut.Ada baiknya, Teman Traveler melakukan riset melalui internet terkait harga tiket objek wisata yang akan dituju. Hal tersebut akan lebih memudahkan Teman Traveler dalam mengalokasikan biaya untuk objek wisata.

Jika ingin menekan alokasi biaya pada bagian ini, ada juga caranya. Teman Traveler bisa mengunjungi Museum-museum yang terletak di destinasi tersebut. Bukan hanya akan mendapatkan ilmu, kebanyakan Museum akan mempersilahkan wisatawan masuk dengan cuma-cuma alias gratis.

Berburu Kuliner

Urusan perut, memang tidak bisa dinomor duakan. Alokasikan biaya khusus untuk Teman Traveler berburu kuliner selama liburan. Sebelum keberangkatan, ada baiknya Teman Traveler membuat list kuliner yang akan dicicipi. Bisa juga melakukan riset melalui internet, berapa biaya yang akan dikeluarkan ketika menyantap hidangan disana. Jangan lupa selalu cicipi kuliner khas destinasi yang akan dituju.

Oleh-oleh

jezael_melgoza_zfhna1tkmks_unsplash_fWA.jpg
Ilustrasi pusat oleh-oleh via Unsplash

Alokasi biaya untuk oleh-oleh memang bukanlah hal wajib. Tapi tak ada salahnya memberikan oleh-oleh kepada teman dan kerabat saat Teman Traveler berlibur. Alokasikan terlebih dahulu berapa biaya yang Teman Traveler gunakan untuk membeli oleh-oleh. Untuk menghindari biaya yang membengkak, ada baiknya Teman Traveler membuat list barang yang akan dibeli.

yogas_design_j6qn9se4akm_unsplash_Xtc.jpg
Ilustrasi handphone Rosita/Travelingyuk

Biaya Lain-lain

Meski tidak terlalu penting, bukan berarti alokasi biaya untuk pos ini dilupakan. Alokasi untuk biaya lain-lain bisa digunakan saat terjadi hal-hal tidak terduga. Misalnya saja paket data yang habis selama liburan. Atau mungkin untuk memberikan tip para pelayan restaurant maupun objek wisata.

Itulah sekilas ulasan mengenai beberapa alokasi biaya yang perlu Teman Traveler persiapkan saat berencana akan liburan. Yuk segera realisasikan rencana liburan kalian. Selamat berlibur Teman Traveler.  Next

ramadan

Keramaian Manusia di Festival Labuh Laut Pantai Popoh Tulungagung

Liburan Seru Berdasarkan Calendar of Events 2020, Siap-siap dari Sekarang!