in , ,

8 Tips Bikin Vlog Traveling Pakai Smartphone

Kamu bisa bikin video travelingmu sendiri loh!

Untuk para vlogger pemula, kamera sangat dibutuhkan untuk merekam setiap momen, termasuk berlibur. Tapi tidak perlu khawatir! Teman Traveler bisa bikin vlog traveling menggunakan smartphone milik sendiri, loh! Berikut tips-tipsnya.

Baca juga : Hostel di Canggu Mulai 50 Ribuan, Sudah Dapat Kolam Renang

1. Percaya Diri

daylight_facial_expression_fine_looking_2078265_Js2.jpg
Ilustrasi selfie di depan kamera via Pexels

Sebelum membuat video, Teman Traveler perlu menyiapkan hati plus mental berani dan percaya diri bicara di depan kamera. Kalau masih belum, silakan meluangkan waktu di depan kaca dan berlatih sebaik-baiknya.

2. Persiapkan Konten

adult_blur_class_239548_JBn.jpg
Ilustrasi persiapkan konten via Pexels

Sebelum mulai merekam video, Teman Traveler perlu memikirkan konten atau cerita apa yang akan dibahas di vlog tersebut. Misalnya video Traveling memerlukan berpergian keluar rumah. Maka kalian harus sudah siap. Jika sudah jelas maka tinggal merekam. 

3. Tentukan lokasi video/tempat

bikin vlog traveling
Ilustrasi lokasi via Pexels

Setelah menentukan konten apa yang akan dibahas, Teman Traveler bisa merencakan tempat yang akan kalian pakai untuk bikin video traveling. Usahakan tempatnya nyambung dengan konten yang kalian bahas, ya!

Misalnya kalian membahas topik tentang Raja Ampat, maka silakan cari lokasi pengambilan video di kawasan tersebut.

4. Smartphone

bikin vlog traveling
Ilustrasi smartphone via Pexels

Teman Traveler sudah bisa memulai bikin video traveling dengan smartphone yang sudah memiliki spesifikasi mumpuni. Resolusi minimalnya sekitar 12-16 MP. Smartphone semacam itu sudah banyak dan murah di pasaran, kok!

Oh ya, kalian juga butuh mic eksternal apabila dirasa tidak cukup. Teman Traveler bisa mencari mic yang dijepitkan di baju agar tidak kerepotan membawanya, atau bisa dicolokkan melalui headphone jack , USB-C, atau lighting connector.

6. Gunakan Tripod/Tongsis

bikin vlog traveling
Ilustrasi Tripod via Pexels

Mau itu tripod biasa, mini, maupun gorillapod sudah cukup menghasilkan rekaman yang stabil, kok! Namun tetap saja, apabila smartphone yang kalian punya tidak memiliki Optical Image Stabilizer (OIS), rekaman akan mengalami banyak shaking.

7. Siapkan Memory minimal 32 GB!

Tentu saja memory external menjadi bahan wajib pada saat akan bikin vlog traveling. Saya rekomendasikan kalian menggunakan merk SanDisk Class10 minimal kapasitas 32 GB, ya!

8. Unduh aplikasi untuk mengedit video

Kalian bisa mengunduh aplikasi untuk mengedit video, mulai dari InShot, KineMaster, VivaVideo, hingga GoShow. Silakan memilih salah satu sesuai dengan kemampuan dan keniatan kalian dalam bikin video traveling.

Kesuksesan menjadi vlogger tidak semata-semata soal estetika dengan efek video yang keren. Kalian juga harus bisa membuat konten yang menarik. Menarik tidak berarti harus selalu mahal/big budget. Banyak-banyaklah menonton vlog yang populer untuk mendapatkan inspirasi. Jangan lupa banyak-banyak berlatih juga! Next

ramadan

Heboh Richeese Dark Mode, 6 Makanan Serba Hitam Ini Juga Bikin Penasaran

Le Petit Chef Grand Hyatt Jakarta, Jelajahi Dunia Lewat Kuliner