in ,

Binte Biluhuta, Kuliner Pemersatu Khas Gorontalo dengan Segudang Manfaat

Inilah Binte Biluhuta yang Merupakan Kuliner Khas Gorontalo

Binte Biluhuta, Kuliner Pemersatu Khas Gorontalo
Binte Biluhuta, Kuliner Pemersatu Khas Gorontalo

Gorontalo menawarkan banyak destinasi wisata yang bisa banget jadi destinasi menghabiskan hari libur. Ada Taman Laut Olele, Pulau Dinomulyo, Taman Lahiote dan masih banyak lagi yang lainnya. Traveling ke Gorontalo akan kurang sempurna tanpa menikmati sajikan kuliner khasnya. Dari sekian banyak sajian tradisional, ada Binte Biluhuta yang merupakan warisan nenek moyang masyarakat Gorontalo. Yuk ulas lebih lanjut mengenai Binte Biluhuta ini.

Baca juga : Tak Hanya Gudeg, Jogja Juga Tawarkan Empat Soto Enak dengan Nama Tak Biasa

Kuliner Legendaris Warisan Masyarakat Gorontalo

Binte biluhuta, Via Instagram/jasa_fotogtlo
Binte biluhuta, Via Instagram/jasa_fotogtlo

Binte Biluhuta atau yang disebut juga dengan Milu Sirah ini merupakan kuliner yang amat digemari masyarakat Gorontalo. kuliner ini sudah ada sejak zaman nenek moyang. Konon, pembuatannya dimaksudkan untuk menyatukan dua kerajaan.

Alkisah dahulu kala ada Raja Kerajaan Gorontalo dan Limboto yang seringkali berperang. Mereka tidak pernah akur dan lewat binte biluhuta ini persatuan pun bisa dicapai. Kuliner ini dibuat dari jagung yang dipipil. Makna filosofis di baliknya adalah jagung pipil yang tercerai berai dipersatukan dalam olahan binte biluhuta. Dari sanalah simbol filosofis persatuan dimaknai.

Sajian dengan 3 Citarasa yang Berbeda

Kuliner penuh filosofi dibaliknya, Via Instagram/vy_viya
Kuliner penuh filosofi dibaliknya, Via Instagram/vy_viya

Dalam bahasa Gorontalo, binte bilutuha ini adalah jagung yang disiram. Memang sajian ini berasal dari jagung yang dipipil kemudian dimasak dengan udang, ikan cakalang, parutan kelapa dan rempah-rempah khas Gorontalo. Kuliner ini diracik sedemikian rupa sehingga akan menghasilkan tiga cita rasa yang berbeda, ada manis, asin, dan pedas.

Binte Biluhuta dengan Segudang Manfaat

Kuliner yang perlu dicoba, Via Instagram/kennychristina12
Kuliner yang perlu dicoba, Via Instagram/kennychristina12

Tidak hanya enak, kuliner khas Gorontalo satu ini juga memiliki segudang manfaat yang sangat penting untuk tubuh. Jagung merupakan makanan pokok yang bisa dijadikan sebagai pengganti nasi. Selain mengandung karbohidrat, kandungan serat di dalamnya juga cukup banyak. Bisa banget untuk memperlancar pencernaan. Berdasarkan penelitian, satu porsi jagung sudah memenuhi kebutuhan 10 persen serat setiap harinya.

Kuliner khas Gorontalo, Via Instagram/binte_olamita
Kuliner khas Gorontalo, Via Instagram/binte_olamita

Selain itu, binte biluhuta ini cocok dikonsumsi untuk ibu yang sedang hamil. Pasalnya, kandungan di dalamnya terdapat ikan dan udang yang kaya akan asam folat, yakni nutrisi yang diperlukan tubuh untuk menurunkan risiko bayi lahir dalam kondisi cacat.

Buat Teman Traveler yang ingin mencicipi kuliner istimewa ini, bisa dicoba saat sedang berjalajah Gorontalo. Harganya sangat murah, satu porsinya sekitar Rp3.000-5.000 saja. Pastikan tidak lupa mencicipi kuliner si pemersatu yang memiliki rasa nikmat dengan segudang khasiat. Bagaimana, Teman Traveler ada yang sudah pernah mencobanya? Next

ramadan
Mirota Bakery

Mirota Bakery, Roti Legendaris Jogja dengan Resep Turun Temurun

Bandara APT Pranoto dan Maratua

Baru Diresmikan, Bandara Samarinda dan Maratua Dorong Pariwisata Kalimantan