in , ,

Mirota Bakery, Roti Legendaris Jogja dengan Resep Turun Temurun

Legenda Roti di Jogja dengan Resep Turun Temurun

Mirota Bakery
Mirota Bakery (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Jogja dikenal memiliki paket lengkap yang diinginkan oleh wisatawan. Alasan inilah yang membuat kunjungan ke kota ini dari hari ke hari tetap stabil. Tak hanya wisatawan lokal, turis asing juga melirik Kota Gudeg sebagai tujuan wisata. Salah satu pesona yang ditawarkan adalah jajanan tradisional. Selain pasar tradisional, kue ini dapat ditemukan di Mirota Bakery. Penasaran apa istimewanya? Berikut penuturan dari Kontributor Travelingyuk, Rizky Nusantara.

Baca juga : Tempat Berburu Minuman Legendaris di Jogja, Pelepas Dahaga Saat Jalan-jalan

Sejarah Mirota Bakery

Mirota Bakery
Mirota Bakery (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Mirota Bakery adalah sebuah toko yang didirikan pada tahun 1949. Di mana, nama Mirota sendiri mempunyai kepanjangan dari kata Minuman, Roti, dan Tart, sesuai dengan apa yang mereka jual. Awalnya, toko yang didirikan oleh Ibu Bapak Hendro Sutikno ini terletak di Jalan FM Noto 7, lalu berpindah di Jl. Menur, Sambilegi, Baru, Maguwoharjo. Perpindahan tersebut lantaran toko lama kurang memadai dalam proses produksi roti. Hal tersebut juga menjadi alasan setelah mendapatkan pengakuan dari pemerintah dan menjadi perusahaan PMDN pada tanggal 12 Juli 1975.

Kue-Kue Pilihan Mirota

Donut
Donut (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Sejak zaman dahulu, Mirota Bakery selalu membuat kue yang memiliki cita rasa tinggi. Kue-Kue tersebut memiliki resep tradisional yang selalu dijaga turun-temurun. Bahkan, hingga saat ini pun resepnya tidak pernah dihilangkan dan diwariskan ke anak cucu Hendro Sutikno.

Sebut saja nagasari, lumpia, wajik, gethuk, thiwul tersaji di sini. Dahulu, makanan ini selalu menjadi primadona, bagi para bangsawan yang datang untuk menikmati sajian jajanan Mirota Bakery. Teman Traveler masih bisa kok mencicipi jajanan di atas, karena masih tetap dipertahankan. Terlebih, kinin juga ada kue-kue kekinian seperti donut, burger mini, lapis legit yang dikemas dengan berbeda.

Suasana Mirota Bakery

Lapis legit
Lapis legit (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Mirota Bakery terlihat sangat mencolok dibandingkan dengan bangunan lain. Stuktur toko ini cukup megah dengan gaya klasik yang masih dipertahankan. Teman Traveler bisa menikmati kue-kue di sini sambil bercengkrama bersama dengan keluarga atau sahabat. Konsep ini pun cukup unik memadukan antara bakery dan restoran.

Tak hanya itu, pelayannya ramah saat melayani pembeli. Menu Mirota Bakery yang ditawarkan juga enak dan higienis. Soal harga, rata-rata kue di sini dibanderol dengan harga mulai Rp4.000. Disesuaikan dengan rasa, isi dan bentuk yang disajikan. Harga yang cukup murah untuk cita rasa yang ditawarkan.

Cara Menuju Ke Mirota Bakery

Roti kekinia
Roti kekinian (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Alamat toko roti ini berada di Jl. FM Noto 7, Kota Baru, Jogja. Letaknya cukup strategis dan mudah ditemukan. Jika dari Stasiun Tugu, arahkan kendaraan lurus menuju ke arah Kota Baru. Setelah melewati jembatan, Teman Traveler akan melewati dua belokan ke kiri. Arahkan kendaraan untuk belok ke kiri di belokan kedua. Ikuti saja jalan, hingga sampai di toko ini. Posisinya di kiri jalan, lebih tepatnya berada di samping House of Raminten Jogja.

Itulah ulasan tentang Mirota Bakery, toko dengan aneka jajanan enak yang nendang di Jogja. Teman Traveler berencana liburan ke Kota Gudeg dalam waktu dekat? Jangan sampai lewatkan untuk mampir ke sini ya. Next

ramadan

Written by Rizky Nusantara

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Pulau Boracay dibuka kembali.

Kembalinya Pulau Boracay Setelah Sempat Dipenuhi Sampah, Wisatawan Mulai Bebas Bereksplorasi

Binte Biluhuta, Kuliner Pemersatu Khas Gorontalo

Binte Biluhuta, Kuliner Pemersatu Khas Gorontalo dengan Segudang Manfaat