in , ,

Bioskop Sonobudoyo, Nonton Film Gratis di Jogja

Menonton film gratis di Bioskop Sonobudoyo

Mencari alternatif lokasi pelesir saat liburan di Kota Gudeg? Bioskop Sonobudoyo yang dibuka sejak Juli 2019 ini, bisa menjadi pilihan mengisi kegiatan Teman Traveler. Kamu bisa nonton film gratis di Jogja. Penasaran seperti apa tempatnya, yuk simak ulasan berikut!

Baca juga : Bulak Widoro Jogja, Yuk Rasain Liburan di Tengah Sawah yang Sejuknya Bikin Adem Hati

Film Khas Jogja

Bagian Depan Bioskop via Instagram

Bioskop yang diresmikan di Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) 2019 ini merupakan bagian dari Museum Sonobudoyo. Pada awal mula terbentuknya, museum ini memiliki koleksi 50 hingga 70 film dokumenter tentang Kota Jogja.

Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta mendanai produksi empat sampai lima film setiap tahun sejak 2013. Nah, film-film inilah yang akan diputar setiap harinya di bioskop.

Genre Film Lebih Dari Satu

Suasana Studio Bioskop via Instagram

Menurut petugas bioskop film yang diputar tidak hanya terpaku pada satu genre dan tahun rilisnya saja tetapi selalu dibagi menjadi dua film, satu dokumenter dan satu film fiksi. Dengan 4 jam tayang per harinya yaitu pukul 16.00, 17.00, 19.00, dan 20.00 WIB.

Salah satu koleksi film berjudul Incang-Inceng, menceritakan jenakanya sepak bola anak. Kemudian ada juga Sosrokusuman yang bercerita peliknya kehidupan salah satu kampung di Jogja.

Seorang pengunjung yang pernah merasakan menonton, membagikan pengalamannya pada media sosial. Menurutnya, keseluruhan film memiliki pesan kuat dan kualitas yang bagus.

Punya Aturan Khusus

Alas Khusus di Bioskop via Twitter

Bioskop Sonobudoyo ini memiliki aturan khusus. Pertama saat memasuki studio tidak diperbolehkan memakai alas kaki pribadi dan harus ganti menggunakan alas yang sudah disediakan. Pengunjung juga disarankan datang 10 menit sebelum film diputar sesuai jam tayang dan mengisi formulir registrasi.

Pengunjung pun dilarang membawa makanan dan minuman ke dalam. Sama seperti peraturan bioskop pada umumnya, dilarang mengambil foto atau video selama film diputar dan mengkondisikan handphone dalam mode diam.

Lokasi Bioskop Sonobudoyo

Lokasi Bioskop via Instagram

Bioskop ini berada sisi timur Museum Sonobudoyo, selatan nol kilometer dekat dengan alun-alun. Beralamat di Jalan Pangurakan No.6, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Jogja. Buka setiap hari mulai pukul 16.00 sampai 20.00 WIB.

Demikian penjelasan tentang Bioskop Sonobudoyo, semoga bisa menjadi alternatif liburanmu. Jangan lupa mampir saat ke Jogja ya, Teman Traveler! Next

ramadan

5 Tempat Staycation di Jogja, Murah Mulai 100 Ribu

4 Tantangan Perjalanan Ekstrim Menuju Negeri di Atas Awan