in ,

Brongkos Handayani, Kuliner Legendaris Alun-alun Kidul Jogjakarta Sejak 1975

Brongkos Handayani, Kuliner Legendaris Alun-alun Kidul Jogjakarta Sejak 1975

Brongkos Handayani, kuliner legendaris Alun-alun Kidul Jogjakarta harus Teman Traveler cicipi saat sowan ke Kota Gudeg ini. Berjualan di sekitar tempat yang ramai dikunjungi, Brongkos Handayani bertahan sampai kini. Alun-alun Kidul Jogjakarta memang tidak pernah sepi. Nah! Jika perut lapar saat sedang nongkrong bersama teman di Alkid, Brongkos Handayani bisa dicicipi. Bagaimana rasa dari resep legendarisnya? Simak uraian berikut ini sebelum benar-benar datang untuk mencobanya.

Baca juga : Potret Keeksotisan Festival Lembah Baliem 2018, Ramahnya Bumi Cendrawasih

1. Bermula dari Jualan Es Sejak 1960-an

Seporsi Brongkos yang Menggiurkan via Instagram/ kyirfano

Siapa sangka bahwa pemilik Brongkos Handayani, memulai usahanya dengan berjualan es pada sekitar tahun 1960-an? Ketika itu, es masih dijajakan dengan cara berkeliling. Baru pada 1975, Pak Adijo, sang pemilik memiliki kedai tetap. Sejak saat itu, usaha pun diperbesar; bukan hanya menjual es, melainkan juga menjual brongkos.

2. Menggunakan 16 Jenis Bumbu

Nikmati Brongkos Bersama Teman dan Keluarga via Instagram/ bellattamimi

Usaha yang sudah berjalan sekitar 43 tahun ini, sekarang dilanjutkan oleh anak-anak dari Pak Adijo dan Bu Saridjem. Meski begitu, tidak ada yang berubah dari resepnya. Salah satu rahasia yang dimiliki kedai brongkos ini adalah menggunakan 16 bumbu. Seperti bawang merah dan putih, kemiri, merica, kemiri, cabai, lengkuas, kencur cunthi dan lain-lain. Bumbu-bumbu tersebut kemudian dicampur dengan rebusan kaldu sapi yang gurih. Perpaduan antara keduanya menghasilkan sajian yang lezatnya nggak kira-kira.

3. Menu dan Harga Brongkos Handayani

Kenyangnya Seporsi Brongkos Handayani via Instagram/ janganlupamakan

Brongkos merupakan sajian dengan bahan dasar tahu, telur, tetelan, kacang tolo dan santan yang telah dibumbui aneka rempah. Salah satunya adalah kluwek. Menu yang disediakan beraneka macamnya. Teman Traveler bisa memilih Nasi Brongkos Koyor, Nasi Brongkos Telur, Nasi Rames Telur, Nasi Pecel Tempe atau Nasi Soto Ayam. Harga per menunya, mulai dari Rp 4 ribu. Untuk Nasi Brongkos Koyor, mulai Rp 20 ribu.

4. Alamat Brongkos Handayani

Menyantap Seporsi Brongkosi dengan Es Campur Sirup via Instagram/ gembulfoodie

Lalu, di mana bisa mencicipi Brongkos Handayani? Teman Traveler hanya perlu datang ke Alun-alun Kidul Jogjakarta, tepatnya di sekitar ruas jalan menuju Plengkung Gading atau Jln. Gading No. 2, Patehan, Kraton, Kota Jogjakarta.

Legendarisnya Brongkos Handayani, sudah terkenal di kalangan banyak orang. Kedainya tidak pernah sepi dengan pembeli. Gimana? Penasaran dengan rasanya, mengapa kedai ini berumur lama? Yuk! Cicipi! Selamat kulineran! Jangan lupa pulangnya beli oleh-oleh batik di Malioboro! Bagikan kebahagiaan pada keluarga dan teman! Next

ramadan

Tempat Wisata Burung di Jawa Barat, Tenangkan Diri dengan Kicauannya Bisa Jadi Obat Penat

Seblak Jeletet Murni

Seblak Jeletet Murni di Jakarta, Rasa Pedasnya Menggelegar di Lidah