in ,

Tempat Wisata Burung di Jawa Barat, Tenangkan Diri dengan Kicauannya Bisa Jadi Obat Penat

Liburan ke Wisata Burung di Jawa Barat, Lebih Dekat dengan Burung-burung Cantik Pengusir Penat

Wisata burung di Jawa Barat berikut ini menawarkan suasana liburan yang berbeda. Kicauan bisa  dapat jadi obat penat. Teman Traveler yang suka sekali dengan burung, merasa tenang dengan mendengar suaranya, tidak perlu pergi jauh-jauh ke gunung atau hutan, sebab beberapa tempat berikut ini bisa memuaskan. Mulai dari Bandung, Bogor hingga Subang. Ini dia ulasannya!

Baca juga : Spot Menyelam di Lombok, Dari Hiu Hingga Pari Semua Bisa Ditemui

1. Grafika Bird Park, Bandung

Senang-senang dengan Burung Cantik di Grafika Bird Lembang via Instagram/ explorebandungbarat

Suasana Bandung yang sejuk, rasanya akan semakin sempurna dengan suara-suara burung yang ramai berkicauan. Yap! Jika Teman Traveler ingin merasakan perpaduan menenangkan seperti itu, bisa datang ke Grafika Bird Park yang masih ada di kawasan Taman Wisata Grafika Cikole, Lembang.

Bisa Memberi Makan Burung Juga di Grafika Bird Lembang via Instagranm/ tokoparrot_

Di sini terdapat sekitar 23 jenis burung paruh bengkok seperti Love Bird, Afrika Grey, Sun Konur, Macaw, Mong Parkit, Kakak Tua, Red Rumped, Galah dan Barbian. Burung-burung tersebut sebagian besar didatangkan dari luar negeri dan sudah mengantongi izin resmi. Untuk masuk kawasan ini Teman Traveler harus membayar tiket sebesar Rp 20 ribu/orang. Hanya karena Taman Burungnya tidak terlalu besar, pengunjung yang masuk bergantian setiap 10 – 15 orang.

2. Pramestha Bird & Bromelia Pavilion, Bandung

Pramestha Bird & Bromelia Pavilion, Bandung via Instagram/ valentnip

Pramestha Bird & Bromelia Pavilion, jadi tempat jujugan selanjutnya para pecinta burung. Tidak main-main, di sini terdapat sekitar 600 ekor burung. Masing-masing dibagi menjadi 5 zona: zona unggas air, zona burung kicau, zona burung parkit, zona burung darat dan zona Burung Nuri.

Berfoto Bersama Burung Pramestha Bird & Bromelia Pavilion via Instagram/ andri_wz

Teman Traveler dapat berinteraksi dengan burung-burung tersebut secara dekat. Tempat penuh burung ini merupakan bagian dari Pramestha Resort Town yang ada di kawasan Lembang. Untuk dapat masuk ke kawasan, Teman Traveler harus membayar tiket masuk sekitar Rp 35 ribu untuk weekday dan Rp 50 ribu untuk weekend.

3. Dewi Kinnaris Bird Aviary di Royal Safari Garden, Bogor

Dewi Kinnaris Bird Aviary di Royal Safari Garden via Instagram/ jessica.effendy

Penat dengan suasana ibu kota yang bising, Teman Traveler bisa melipir sejenak ke salah satu tempat wisata Puncak Bogor yaitu Royal Safari Garden. Di sini terdapat satu kawasan yang penuh dengan banyak burung. Namanya adalah Dewi Kinnaris Bird Aviary. Di sini, pengunjung bisa berinteraksi dengan burung-burung cantik sekaligus mendengar kicauannya. Bukan hanya itu, pihak pengelola juga akan memberikan suguhan menarik berupa Animal Show dari burung-burung di sini yang sudah dilatih.

4. Taman Burung Sukamandi, Subang

Burung Putih di Kejauhan Sekaligus Danau di Sukamandi Subang via Instagram/ ekaseptia_s97

Sesampainya di sini, jangan kaget jika Teman Traveler tidak mendapati sangkar-sangkar burung ya. Karena memang, burung yang ada di Taman Burung Sukamandi, Subang dibiarkan bebas. Kawasan ini sebenarnya diperuntukkan sebagai Balai Penelitian Tanaman Padi (BPTP). Hanya, di lokasi yang sama banyak terdapat sekawanan burung berwarna putih yang beranakpinak hingga banyak.

Melihat Burung Terbang Bebas di Sukamandi via Instagram/ ririzeiin

Burung-burung tersebut bersarang di taman ini; jumlahnya mencapai ratusan. Meski bukan diperuntukkan sebagai tempat wisata, kawasan BPTP banyak dikunjungi warga. Karena suasananya sejuk dan menenangkan. Di sini terdapat pula danau dan hutan kota yang meneduhkan. Tidak ada tiket masuk ya, Teman Traveler. Pengunjung hanya diminta untuk menjaga kebersihan.

5. Penangkaran Elang Loji, Bogor

Elang yang Ada di Penangkaran Elang Loji Bogor via Instagram/ pssej.tnghs

Penangkaran Elang Loji yang berlokasi di Bogor, bukan hanya akrab di telinga pecinta burung, melainkan juga para pecinta alam dan siapa pun yang gemar melakukan kemping. Karena, selain diperuntukkan sebagai kawasan penangkaran Elang, kawasan ini juga ramai dipilih sebagai lokasi berkemah. Hutan Pinus yang sejuk dan segar, bentang alam yang masih sangat rimbun dan air terjun jadi pertimbangan utama. Suara Elang dari kejauhan juga bisa Teman Traveler dengar. Seru!

6. Taman Burung di Wisata Taman Matahari Bogor

Berinteraksi dengan Burung di Taman Burung Taman Wisata Matahari Bogor via Instagram/ ryandad_23

Satu lagi tempat wisata burung di Jawa Barat yang letaknya tidak jauh dari ibu kota. Yaitu Taman Burung di Wisata Taman Matahari, Bogor. Kawasan ini berada di Puncak, Bogor. Jadi terbayang kan sejuknya seperti apa? Di sini Teman Traveler dapat foto-foto bersama burung, memegang hingga memberi makan. Suara-suara kicauannya yang nyaring, bisa bantu mengurai penat yang terlalu sering.

Memilih tempat untuk berlibur harus tepat, terutama untuk mengobati penat. Nah! Nggak salah lagi, salah satu piihan tempat wisata burung di Jawa Barat di atas, bisa menjadi jawaban. Mengapa tidak, kan? Selamat berlibur, Teman Traveler! Next

ramadan
Pasar Digital di Indonesia

Mulai dari Spot Instagenic Hingga Menyantap Kuliner, Ini Lokasi Pasar Digital di Indonesia

Brongkos Handayani, Kuliner Legendaris Alun-alun Kidul Jogjakarta Sejak 1975